8+ Makanan Khas Simalungun (Sumut) Yang Lezat Untuk Dicoba!!

Makanan khas Simalungun yang direkomendasikan oleh blog pikniktoday.com berikut ini sangat dikenal enak dan lezat. Sehingga, para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Simalungun wajib mencicipinya.

Seperti diketahui, Kabupaten Simalungun di Provinsi Sumatera Utara itu banyak sekali mempunyai makanan khas. Sebab, setiap acara di Kabupaten Simalungun selalu dibarengi dengan acara makan-makan.

Bahkan, ada beberapa jenis kuliner khas Kabupaten Simalungun yang sudah masuk sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. Lantas, apa saja makanan khas Simalungun (Sumut) yang lezat untuk dicoba tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Simalungun (Sumut) Yang Lezat Untuk Dicoba


#1. Dayok Nabinatur

Makanan Khas Simalungun
Dayok Nabinatur
Makanan khas Simalungun (Sumut) yang lezat untuk dicoba pertama yaitu Dayok Nabinatur. Dayok Nabinatur adalah salah satu makanan spesial masyarakat Kabupaten Simalungun yang berbahan dasar daing ayam.

Hal ini sangat sesuai dengan namanya, yaitu " Dayok Nabinatur " yang berasal dari kata " Dayok " berarti " Ayam " dan kata " Nabinatur " berarti " disusun secara teratur ". Jadi, Dayok Nabinatur adalah ayam yang disusun secara teratur.

Daging ayam yang menjadi bahan baku utama untuk pembuatan makanan khas inipun tidak boleh sembarangan seperti daging ayam kampung asli, atau lebih bagus lagi daging ayam rimba atau ayam hutan.

BACA JUGA: 11+ Tempat Wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Hinasumba

Makanan Khas Simalungun
Hinasumba
Makanan khas Simalungun (Sumut) yang lezat untuk dicoba berikutnya yaitu Hinasumba. Hinasumba adalah makanan yang diolah dari daging ayam yang dicincang, dan diramu dengan rempah-rempah khas Simalungun.

Hanya saja, ada beberapa jenis rempah-rempah khas Simalungun untuk pembuatan makanan khas ini yang sulit sekali untuk didapatkan, salah satunya adalah Sikam (sejenis pohon yang sulit sekali ditemukan).

Disamping itu, tidak semua orang bisa memasak makanan ini dengan lezat. Diperlukan keahlian dan praktek khusus untuk mengolahnya sampai menjadi sebuah Hinasumba yang enak dan lezat untuk disantap.

#3. Labar

Labar adalah salah satu kuliner khas Kabupaten Simalungun yang mudah dibuat, dimana makanan ini dibuat dari singkong (ketela pohon), daging ayam, dan beberapa bumbu khas dari Kabupaten Simalungun.

Biasanya, Labar disajikan dan disantap bersama nasi. Hanya saja, makanan khas yang satu ini sering juga dijadikan sebagai makanan pendamping untuk minum tuak oleh masyarakat Kabupaten Simalungun.

#4. Nitak

Makanan Khas Simalungun
Nitak
Nitak atau lebih sering disebut juga dengan nama " Itak " oleh masyarakat Batak Toba merupakan salah satu makanan berbahan dasar beras, yang hanya bisa ditemukan pada acara tertentu saja di Kabupaten Simalungun.

Citarasanya sendiri perpaduan antara rasa manis dan rasa lada. Biasanya, makanan khas ini dipadukan dengan Dayok Nabinatur untuk di hidangkan dalam sebuah acara seperti acara adat, acara pernikahan, dan acara lainnya.

#5. Randu

Makanan Khas Simalungun
Randu
Randu adalah salah satu makanan khas yang sangat menyehatkan di Kabupaten Simalungun, karena dibuat dari berbagai jenis sayuran-sayuran seperti buah labu, pucuk labu, bayam, dan beberapa bumbu lainnya.

Hanya saja dalam perkembangannya, makanan khas yang satu ini mengalami penurunan popularitas dikalangan masyarakat di Kabupaten Simalungun. Padahal, makanan khas ini " sangat " enak, dan lezat.

#6. Tinuktuk

Tinuktuk merupakan salah satu sambal khas Kabupaten Simalungun, dimana bahan utama pembuatannya adalah Jahe Merah, dan Kencur. Dan katanya, citarasa pedas sambal ini bisa menambah nafsu makan.

Sayangnya, rumah makan-rumah makan yang ada di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya sangat jarang sekali menyajikan sambal ini. Sehingga, untuk mencicipi sambal ini, kalian harus membuatnya sendiri.

#7. Lapet

Makanan Khas Simalungun
Lapet
Lapet adalah salah satu makanan ringan khas Kabupaten Simalungun yang dibuat dari bahan dasar tepung beras, yang dicampur dengan parutan kelapa yang tidak terlalu tua, dan parutan gula aren (gula merah).

Kombinasi antara rasa manis dari gula aren (gula merah) dan gurihnya parutan kelapa inilah yang membuat makanan ringan yang satu ini banyak digemari orang-orang di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya.

Dalam proses pembuatannya, makanan ringan ini dibungkus dengan daun pisang, dan dibentuk limas, kemudian dikukus hingga matang.

#8. Arsik

Makanan Khas Simalungun
Arsik
Makanan khas Simalungun (Sumut) yang lezat untuk dicoba terakhir yaitu Arsik. Arsik adalah salah satu makanan khas yang mudah ditemukan di sejumlah rumah makan khas Batak di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Biasanya, bahan baku utama dalam pembuatan makanan ini adalah ikan. Namun dalam perkembangannya, daging pun bisa dijadikan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan makanan khas yang satu ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa makanan khas Simalungun (Sumut) yang lezat untuk dicoba dan dicicipi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Sidikalang (Sumatera Utara).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel