20+ Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!!

Beberapa tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi oleh wisatawan berikut ini harus dibaca sampai tuntas, khususnya bagi para wisatawan yang sedang kebingungan memilih tujuan wisata yang bagus di Jepang.

Seperti diketahui, Kyoto adalah salah satu kota wisata di Jepang, yang mempunyai sejarah panjang dalam perkembangan negara Jepang. Disamping itu, Kota Kyoto juga pernah menjadi ibukota negara Jepang di masa lalu.

Sehingga tidak heran jika kota ini memiliki banyak tempat wisata sejarah seperti kuil, kastil, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan


#1. Gion

Tempat Wisata di Kyoto
Gion
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi wisatawan pertama yaitu Gion. Gion merupakan sebuah tempat di Kota Kyoto, dimana para wisatawan bisa bertemu langsung dengan para gadis geisha.

Kawasan ini memang terlihat membosankan pada siang harinya, namun kehidupan gemerlap akan mulai terlihat pada malam hari, dimana banyak restoran tradisional, kedai teh, toko barang antik, dan tempat pertunjukan geisha, yang dibuka.

Bukan hanya itu saja, kawasan ini juga memiliki sebuah festival yang " cukup " terkenal dikalangan para wisatawan, yaitu Festival Gion. Para wisatawan bisa melihat perayaan tahunan dan pawai tradisional dalam festival ini.

BACA JUGA: 20+ Tempat Wisata di Osaka (Jepang) Yang Wajib Dikunjungi!!

#2. Fushimi Inari Taisha

Tempat Wisata di Kyoto
Fushimi Inari Taisha
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Fushimi Inari Taisha. Fushimi Inari Taisha adalah salah satu kuil shinto di Kyoto untuk menyembah dewa beras atau dewa Inari.

Salah satu hal yang paling menarik bagi wisatawan asing di kuil ini adalah keunikan bangunannya. Dimana di pintu masuknya, para wisatawan sudah disambut oleh sebuah pintu gerbang besar bernama " Romon Gate ".

Dan yang paling ikonik di kuil ini yaitu terdapat ribuan gerbang dari vermillion torii berwarna merah terang. Lebih menariknya lagi, para wisatawan bisa berkunjung ke kuil ini tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

#3. Kyoto Imperial Palace (Kyoto Gosho)

Tempat Wisata di Kyoto
Kyoto Imperial Palace (Kyoto Gosho)
Kyoto Imperial Palace, atau dikenal juga dengan nama " Kyoto Gosho " adalah bekas istana pemerintahan kekaisaran Jepang yang berada di tengah-tengah Kyoto Gyoen National Garden (Taman Nasional Kyoto Gyoen).

Bagi sebagian wisatawan, Kyoto Imperial Palace tidak terlalu menarik dikunjungi. Pasalnya, untuk berkunjung ke istana ini, para wisatawan harus mengajukan permohonan izin masuk terlebih dulu ke pihak pengelola.

Namun, Taman Nasiona Kyoto Gyoen adalah sebuah tempat luas yang terbuka untuk umum, dari pagi hari hingga sore hari, dan bisa dikunjungi secara bebas tanpa harus mengajukan permohonan izin masuk terlebih dulu.

#4. Kuil Heian Jingu

Tempat Wisata di Kyoto
Tempat Wisata di Kyoto
Kota Kyoto di Jepang memang dikenal banyak sekali mempunyai kuil, salah satunya adalah Kuil Heian Jingu. Kuil Heian Jingu adalah salah satu kuil paling penting bagi kepercayaan shinto di Jepang.

Kuil Heian Jingu dikenal memiliki banyak sekali spot menarik untuk disinggahi, mulai dari di pintu gerbangnya yang biasanya disebut " Vermillion Torii ",  hingga bangunan kuilnya yang megah, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa membeli jimat, dan membuat harapan di kuil ini. Menariknya lagi, pada hari-hari tertentu, Kuil Heian Jingu juga sering menyelenggarakan festival shinto.

#5. Hutan Bambu Sagano

Tempat Wisata di Kyoto
Hutan Bambu Sagano
Arashiyama adalah salah satu distrik yang lokasinya berada dibagian barat Kota Kyoto. Dan tempat wisata yang paling hits dikunjungi oleh para wisatawan dikawasan Arashiyama adalah Hutan Bambu Sagano.

Menyusuri hutan bambu ini seperti seolah-olah memasuki dunia lain di Kota Kyoto, dan segala beban pikiran yang dapat menimbulkan stres, galau, dan beban pikiran lainnya, dijamin akan hilang seketika.

Lebih menariknya lagi, pada bulan september setiap tahunnya, akan diselenggarakan Arashiyama Hanatoro. Dimana pada acara tersebut, jalan setapak di hutan bambu ini akan diterangi dengan lampu-lampu yang indah.

#6. Kimono Forest

Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Kimono Forest. Lokasinya tidak begitu jauh dari Hutan Bambu Sagano, dan bisa dikunjungi langsung dengan jalan kaki saja.

Hanya saja, belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat wisata yang satu ini, karena memang lokasinya yang " cukup " tersembunyi, yaitu di sebuah gang antara kafe dan restoran.

Kenapa tempat wisata ini dinamakan " Kimono Forest " atau " Hutan Kimono " karena di sepanjang gang antara kafe dan restoran tersebut berdiri 600 pilar yang dilapisi dengan kimono beragam corak dan warna.

#7. Sanjusangendo

Tempat Wisata di Kyoto
Sanjusangendo
Indonesia memiliki Candi Prambanan yang konon katanya dibangun sebagai 1.000 candi. Nah, Jepang juga memiliki sebuah tempat wisata dengan 1.000 patung sebagai objek wisatanya, yaitu Sanjusangendo.

Sanjusangendo adalah sebuah kuil budha yang dibangun pada abad ke-10 untuk didedikasikan kepada Bodhisattva. Dimana didalam kuil ini, terdapat 1.001 patung budha yang berjejer, dan ditengahnya terdapat aula kuil.

Dulunya, kuil budha ini pernah hancur akibat kebakaran hebat, namun sekarang kuil ini sudah direnovasi seperti aslinya. Bahkan sekarang, Sanjusangendo sudah menjadi salah satu cagar budaya di Jepang.

#8. Akuarium Kyoto

Akuarium Kyoto banyak sekali menawarkan berbagai kegiatan menarik tentang kehidupan air dengan tujuan untuk memberikan hiburan yang edukatif kepada pengunjungnya, khususnya para pengunjung anak-anak.

Dimana, mereka bisa belajar secara langsung dengan menyenangkan tentang kehidupan air, yang dipresentasikan dengan baik oleh para pemandu yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Disamping itu, Akuarium Kyoto juga ikut serta dalam usaha melindungi alam seperti ikut mendukung pengembangbiakan spesies langka di Kyoto, mengunakan pembangkit listrik tenaga surya, dan lain sebagainya.

#9. The Philosopher's Path (Tetsuga No Michi)

Tempat Wisata di Kyoto
The Philosopher's Path (Tetsuga No Michi)
The Philosopher's Path, atau di Jepang sana lebih dikenal dengan nama " Tetsuga No Michi " merupakan sebuah nama jalan sepanjang 2 kilometer di Kota Kyoto, yang banyak terdapat pohon sakura.

Jadi, The Philosopher's Path, atau Tetsuga No Michi adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat bunga sakura (hanami) di Jepang. Lokasinya berada diantara Kuil Ginkaku-ji dan Kuil Eikan-do di Higashiyama.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini yaitu ketika musim semi (antara bulan Maret hingga bulan Mei setiap tahunnya), karena pada musim semi, bunga sakura di Jepang akan mulai bermekaran.

#10. Kuil Kiyomizudera

Tempat Wisata di Kyoto
Kuil Kiyomizudera
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Kuil Kiyomizudera. Kuil Kiyomizudera ini tidak kalah indah apabila dibandingkan dengan Kuil Heian Jingu.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan asing yang mengunjungi kuil ini setiap tahunnya. Disamping itu, Kuil Kiyomizudera juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya di Jepang.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di kuil ini seperti melihat kemegahan bangunan kuil tersebut, menikmati pemandangan Kota Kyoto dari kejauhan, dan mengikuti tradisi hanami, yaitu melihat bunga sakura pada musim semi.

#11. Kuil Kinkakuji

Tempat Wisata di Kyoto
Kuil Kinkakuji
Kuil Kinkakuji adalah salah satu kuil budha di Kota Kyoto, yang terkenal dengan julukan " The Golden Pavilion ". Julukan tersebut berasal dari warna emas yang menjadi ciri khas bangunan kuil ini.

Selain warna emas yang cukup mencolok, pemandangan di kuil yang dibangun pada tahun 1937 masehi ini juga sangat cantik dengan danau-danau yang memantulkan bayangan keemasan Kuil Kinkakuji.

Bukan hanya itu saja, desain bangunan kuil ini juga sangat kental dengan budaya Jepang. Sehingga tidak heran jika UNESCO mengakui Kuil Kinkakuji sebagai salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan.

#12. Kuil Ginkakuji

Tempat Wisata di Kyoto
Kuil Ginkakuji
Kalau Kuil Kinkakuji dijuluki sebagai " The Golden Pavilion " karena warna kuning keemas-emasan yang dimiliki oleh bangunan kuilnya. Maka, kuil yang satu ini dijuluki sebagai " The Silver Pavilion ".

Hanya saja, Kuil Ginkakuji didesain lebih sederhana, dan tidak semewah seperti Kuil Kinkakuji. Walaupun begitu, kesederhanaannya inilah yang justru menjadi daya tarik utama dari Kuil Ginkakuji ini.

#13. Kuil Koryuji

Selain Fushimi Inari Taisha, Kuil Heian Jingu, Kuil Kiyomizudera, Kuil Kinkakuji, dan Kuil Ginkakuji, ada satu lagi kuil di Kota Kyoto, yang juga menarik dikunjungi wisatawan, yaitu Kuil Koryuji.

Kuil Koryuji adalah salah satu kuil tertua di Kota Kyoto, yang dibangun pada tahun 603 masehi. Dimana, pembangunan kuil ini sendiri bertujuan sebagai bentuk penyembahan kepada Shotoku Taishi.

Disamping itu, lokasi Kuil Koryuji juga berdekatan dengan sebuah taman yang sering dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting pembuatan film drama sejarah Jepang, yaitu Toei Kyoto Studio Park.

#14. Kastil Nijo

Tempat Wisata di Kyoto
Kastil Nijo
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Kastil Nijo. Kastil Nijo adalah sebuah kastil yang dibangun di dataran, yang biasa disebut sebagai " Kastil Hirajiro ".

Kastil Nijo dibangun pada tahun 1603 masehi di sebuah tempat yang dulunya pernah terjadi " Restorasi Pemerintahan Imperial ". Dimana, peristiwa " Restorasi Pemerintahan Imperial " tersebut berhasil mengubah sejarah jepang.

Para wisatawan bisa merasakan pengalaman berharga berkeliling di dalam kastil tersebut. Dibagian luarnya, terdapat juga sebuah parit yang pasti menarik perhatian para wisatawan ketika mengunjungi kastil ini.

#15. Kyoto Tower

Tempat Wisata di Kyoto
Kyoto Tower
Kyoto Tower adalah salah satu objek wisata modern di Kota Kyoto. Kyoto Tower mulai dibuka untuk umum pada bulan desember 1964 silam setelah Olimpiade Tokyo di Jepang diselenggarakan dengan sukses.

Dibagian puncak menara yang dibangun diatas sebuah gedung berlantai 9 dengan bobot 800 ton, dan tinggi 131 meter ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Kyoto dan sekitarnya dari ketinggian.

#16. Pantai Amanohashidate

Tempat Wisata di Kyoto
Pantai Amanohashidate
Jepang dikenal sebagai salah satu negara kepulauan di dunia, sehingga tidak terlalu mengherankan jika beberapa tempat wisata di Jepang ada yang berupa pantai, salah satunya adalah Pantai Amanohashidate di Kota Kyoto.

Pantai Amanohashidate adalah salah satu pantai terindah di Jepang. Disamping itu, di tempat wisata ini terdapat sebuah jalur yang menghubungkan dua pantai, dan para wisatawan bisa melewati jalur tersebut dengan berjalan kaki, atau bersepeda.

#17. Nishiki Ichiba

Tempat Wisata di Kyoto
Nishiki Ichiba
Nishiki Ichiba merupakan salah satu distrik di Kota Kyoto yang banyak dikunjungi wisatawan, khususnya para wisatawan yang ingin berburu dan menikmati berbagai jenis kuliner khas Jepang di Kota Kyoto.

Awalnya, Nishiki Ichiba adalah sebuah pasar ikan, kemudian diubah menjadi sebuah tempat wisata belanja dan kuliner dengan meningkatkan kualitasnya, sehingga menjadi sebuah tempat yang ramah bagi para wisatawan.

#18. Sungai Kamo

Tempat Wisata di Kyoto
Sungai Kamo
Kyoto adalah salah satu kota di Jepang yang dianugerahi dengan sumber air yang sangat melimpah, dimana ketiga sisi kota ini dikelilingi oleh pegunungan, sehingga beberapa sungai mengalir ke pusat kota ini.

Salah satu sungai di Kyoto yang terkenal dengan kebersihannya adalah Sungai Kamo. Banyak penduduk setempat yang menghabiskan waktu untuk bersantai bersama teman, pasangan, dan keluarga di pinggir sungai ini.

Jadi, tidak ada salahnya ikut bersantai bersama penduduk setempat untuk sekedar melepas lelah di pinggir sungai ini sambil menikmati pemandangan aliran sungai, yang memiliki air yang begitu jernih.

#19. Museum Nasional Kyoto

Tempat Wisata di Kyoto
Museum Nasional Kyoto
Tempat wisata di Kyoto yang juga wajib dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Museum Nasional Kyoto. Berdasarkan catatannya, museum ini dibuka secara resmi pada bulan mei 1897 masehi.

Koleksi utama dari Museum Nasional Kyoto adalah peninggalan budaya Kota Kyoto, dari Jaman Heian hingga Jaman Edo. Sebelum perang dunia kedua, sebagian koleksi museum ini banyak berasal dari kuil budha, dan kuil shinto.

Namun, setelah perang dunia kedua, koleksi museum ini banyak berasal dari dewan perlindungan peninggalan budaya Jepang, hasil pembelian, hasil pemberian masyarakat Jepang, dan lain sebagainya.

#20. Masjid Kyoto

Walaupun Jepang bukan dikenal sebagai salah satu negara berpenduduk mayoritas beragama Islam, namun ternyata negara berjuluk " negeri sakura " ini memiliki beberapa masjid, salah satunya adalah Masjid Kyoto di Kota Kyoto.

Dan masjid yang lokasinya berada di Kyoto Islamic Center ini merupakan salah satu tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan beragama islam ketika mereka mengunjungi Kota Kyoto.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang mengenai sejumlah tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelum pergi dari blog pikniktoday.com, baca juga artikel menarik lainnya dibawah ini. Terima kasih!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel