Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

22+ Tempat Wisata di Sumba Timur (Epik, Indah, dan Instagramable Banget)

Inilah beberapa tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable banget. Seperti diketahui, pulau Sumba itu memang banyak sekali memiliki tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Mulai dari pantai yang indah, air terjun, hingga kampung adat, ada di pulau Sumba. Bahkan, lokasi-lokasi untuk melihat sunset dengan bukit-bukit yang sangat instagramable pun sangat mudah di temukan di pulau Sumba ini.

Namun untuk kali ini, yang Pikniktoday.com bahas adalah tempat-tempat wisata menarik yang ada di Sumba Timur. Lantas, seperti apa saja keindahan tempat wisata di Sumba Timur tersebut? Berikut ulasannya

22+ Tempat Wisata di Sumba Timur, Yang Epik, Indah, dan Instagramable Banget

#1. Pantai Walakiri

Tempat Wisata di Sumba Timur
Pantai Walakiri
Tempat wisata di Sumba Timur yang pertama yaitu Pantai Walakiri. Pantai ini memang selalu menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sumba.

Pantai Walakiri ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya di Indonesia, yaitu pantai ini banyak ditumbuhi tanaman bakau yang menyerupai orang sedang menari. Waktu terbaik berkunjung ke pantai adalah di sore hari menjelang senja.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Soe (TTS - NTT) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

#2. Bukit Wairinding

Tempat Wisata di Sumba Timur
Bukit Wairinding
Tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable berikutnya yaitu Bukit Wairinding. Memang, tempat wisata yang satu ini cukup mainstream bagi kebanyakan wisatawan yang sudah beberapa berkunjung ke Pulau Sumba.

Tapi, kalau kamu berkunjung ke Pulau Sumba, belum sah disebut ke Pulau Sumba, kalau kamu belum berkunjung kesini. Selain itu, Bukit Wairinding ini juga terkenal memiliki lanskap paling megah dibanding bukit lainnya di Pulau Sumba.

#3. Padang Savana Puru Kambera

Padang Savana Puru Kambera adalah salah satu bentang alam terindah yang ada di timur Pulau Sumba. Padang savana ini terkenal dengan suasananya yang mirip seperti padang savana yang banyak ditemukan di benua Afrika.

Pada saat musim penghujan, para pengunjung bisa berfoto dengan bunga-bunga padang ilalang di Padang Savana Puru Kambera ini, dan hasil fotonya tersebut dijamin pasti sangat instagramable banget.

#4. Pantai Puru Kambera

Setelah puas menikmati keindahan Padang Savana Puru Kambera, selanjutnya kamu bisa langsung mengunjungi Pantai Puru Kambera, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Padang Savana Puru Kambera.

Pantai Puru Kambera ini bukan sekedar pantai biasa, karena pantai ini memiliki pasir yang putih, disekeliling pantai banyak ditumbuhi pohon cemara, dan arusnya sangat tenang, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.

#5. Bunga Sakura Sumba Timur

Ternyata, bunga sakura bisa juga ditemukan di Pulau Sumba. Kabar yang beredar, bunga sakura di Pulau Sumba tersebut, dulunya dibawa oleh tentara Jepang ketika mereka sedang menjajah Indonesia.

Bunga sakura di Pulau Sumba ini tumbuh di awal bulan September hingga bulan Oktober. Bunga sakura ini tumbuh di pinggir jalan, dan bisa kamu ditemukan dalam perjalanan ke Pantai Puru Kambera.

#6. Air Terjun Tanggedu

Tempat Wisata di Sumba Timur
Air Terjun Tanggedu
Tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable berikutnya yaitu Air Terjun Tanggedu. Hanya saja, untuk mencapai air terjun ini diharuskan melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Karena lokasi Air Terjun Tanggedu ini berada di sebuah desa terpencil bernama Tanggedu. Selain itu, untuk mencapai air terjun ini, pengunjung juga diharuskan melakukan trekking yang cukup melelahkan.

Namun, semua rasa lelah tersebut akan terbayar lunas jika sudah melihat langsung keindahan air terjun yang memiliki bebatuan berlapis seperti Grand canyon. Berenang disini pasti menyegarkan sekali.

#7. Bukit Tenau

Ada beberapa bukit indah yang menarik dikunjungi di Sumba Timur selain Bukit Wairinding, salah satunya adalah Bukit Tenau. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Kota Waingapu, yaitu cukup mengendari motor atau mobil sekitar 15-20 menit saja.

#8. Bukit Tenarara

Bukit Tenarara ini juga cukup populer sebagai salah satu tempat wisata di Sumba Timur yang menarik dikunjungi, dan keindahannya juga tidak kalah jauh dibandingkan dengan Bukit Wairinding dan Bukit Tenau.

Bukit Tenarara ini mirip seperti Bukit Wairinding. Hanya saja, kelok perbukitannya tidak sebanyak seperti di Bukit Warinding. Namun disini pengunjung bisa melihat garis-garis halus yang tergambar di bukit ini.

#9. Kampung Adat

Pergi berwisata ke Sumba Timur, tidak lengkap rasanya jika tidak singgah ke kampung adat tradisional, yang banyak menyimpan berbagai cerita tentang sejarah, seni, dan budaya tentang Pulau Sumba.

Dua kampung adat tradisional yang cukup terkenal di Sumba Timur adalah Kampung Rende dan Umabarra Pau. Disini pengunjung bisa melihat sebuah pemakaman dari jaman megalitikum yang mengagumkan.

Selain itu, di dua kampung adat ini, pengunjung juga bisa membeli kain tenun khas Sumba, yang terkenal paling tinggi kualitasnya di Pulau Sumba.

#10. Air terjun Waimarang

Selain Air Terjun Tanggedu, ada satu lagi air terjun yang merupakan surga tersembunyi di pelosok Pulau Sumba, yaitu Air terjun Waimarang. Air terjun ini terkenal dengan airnya yang berwarna biru tosca dengan kolam berbentuk laguna.

Hanya saja, lokasi Air terjun Waimarang ini cukup jauh dari Kota Waingapu. Namun, keindahan yang dimiliki air terjun ini sangat layak diperjuangkan untuk dikunjungi.

#11. Taman Kincir Angin Maubukol

Sumba Timur juga memiliki sebuah taman pembangkit listrik tenaga angin yang berhasil menerangi Desa Kamanggih dengan memamfaatkan salah satu potensi alam, yaitu sumber daya angin.

Tidak hanya menjadi salah satu tempat sarana untuk edukasi di Sumba Timur, Taman Kincir Angin Maubukol ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Sumba Timur yang sangat instagramable banget.

#12. Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan adalah salah satu tempat wisata yang lokasinya dekat dengan Kota Waingapu. Selain itu, keindahan bukit ini juga tidak kalah instagramable dibanding dengan bukit-bukit lainnya di Sumba Timur.

Di Bukit Persaudaraan ini, pengunjung akan langsung disuguhkan dengan pemandangan persawahan hijau yang disajikan dengan epik. Bahkan ketika musim kemarau, pengunjung masih bisa melihat pemandangan persawahan yang menyegarkan mata.

#13. Bukit Mondu

Selain Bukit Wairinding, Bukit Tenau, Bukit Tenarara, dan Bukit Persaudaraan, ada satu bukit lagi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja jika sedang pergi berwisata ke Sumba Timur, yaitu Bukit Mondu.

Di Bukit Mondu ini, pengunjung tidak hanya bisa melihat sunrise dan sunset seperti kebanyakan bukit lain di Sumba Timur. Tapi disini pengunjung juga bisa melihat view pedesaan Mondu, dan jalan raya berbentuk huruf S.

#14. Pantai Tarimbang

Selain Pantai Walakiri dan Pantai Puru Kambera, sebenarnya masih banyak tempat wisata berupa pantai di Sumba Timur yang menarik dikunjungi para wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Tarimbang.

Hanya saja, akses untuk menuju ke pantai ini cukup sulit, namun hal itulah yang membuat keasrian Pantai Tarimbang tetap terjaga hingga sekarang. Selain itu, nama Pantai Tarimbang cukup terkenal di kalangan para peselancar dunia.

#15. Pantai Watuparunu

Tempat Wisata di Sumba Timur
Pantai Watuparunu
Tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable berikutnya yaitu Pantai Watuparunu. Pantai Watuparunu ini dikenal memiliki ciri khas dengan tebing batu yang berlubang unik.

Bentuk tebingnya yang terlihat meliuk-liuk tersebut sangat indah dipandang mata. Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini, yaitu ketika air surut, sehingga bisa berjalan-jalan untuk melewati lubang unik tersebut.

#16. Pantai Padadita

Tempat wisata pantai terakhir yang menarik untuk dikunjungi di Sumba Timur, yaitu Pantai Padadita. Pantai ini merupakan bagian dari Padadita Beach Hotel yang berada di pinggiran Kota Waingapu.

Walaupun lokasinya tidak begitu luas, tapi Pantai Padadita ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk bermalas-malasan. Di pantai ini juga sudah tersedia beberapa gazebo untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan disana.

#17. Air Terjun Hirumanu

Selain Air Terjun Tanggedu dan Air terjun Waimarang, sebenarnya masih banyak tempat wisata air terjun di Sumba Timur yang menarik dikunjungi para wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Hirumanu, yang berada di Desa Kananggar.

Air terjun setinggi 70 meter ini termasuk salah satu air terjun paling megah di Pulau Sumba. Di air terjun ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati kesegaran air terjunnya, pengunjung juga bisa berfoto ria di atas bukit air terjun dengan pemandangan alam khas Pulau Sumba.

#18. Air Terjun Laiwi

Tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable berikutnya yaitu Air Terjun Laiwi. Air terjun yang berada di Desa Metawai Ama ini memiliki tebing batu yang tinggi dan banyak pohon-pohon besar disekelilingnya.

Jalan akses menuju ke air terjun ini belum sepenuhnya beraspal. Jadi, untuk mencapai lokasi air terjun ini dibutuhkan sedikit lebih " ekstra " perjuangan.

#19. Air Terjun Kanabu Wai

Tempat Wisata di Sumba Timur
Air Terjun Kanabu Wai
Jika dilihat secara sepintas saja, Air Terjun Kanabu Wai ini terlihat mirip seperti pancuran air yang mengeluarkan airnya dari rerimbunan daun-daun hijau yang sangat alami dan menyegarkan.

Untuk menuju ke air terjun ini, pengunjung diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam menyusuri hutan dari Desa Maha Niwa. Jadi, untuk pergi ke air terjun ini, kondisi fisikmu harus dalam keadaan prima.

#20. Air Terjun Kolam Jodoh Lewa

Tempat wisata air terjun terakhir di Sumba Timur yang menarik dikunjungi yaitu Air Terjun Kolam Jodoh Lewa. Bentuk air terjun ini mirip seperti Air terjun Waimarang, namun dengan laguna yang lebih kecil.

Lokasi air terjun ini tidak begitu jauh dari jalan raya kecamatan Lewa, sehingga tempat wisata yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja jika sedang berlibur ke Sumba Timur.

#21. Goa Kanabu Wai dan Goa Laditanana

Buat kamu yang berjiwa seorang petualang, kamu bisa menjelajahi beberapa goa di Taman Nasional Matalawa di Sumba Timur. Ada dua goa yang sudah dipetakan disini, yaitu Goa Kanabu Wai dan Goa Laditatana.

Kedua goa ini sama-sama memiliki stalagnit dan stalaktit yang menakjubkan, dan memiliki aliran air bawah tanah yang mengagumkan. Demi keamanan, jangan lupa menyewa jasa seorang guide untuk menjelajahi goa-goa ini.

#22. Bendungan Kambaniru

Tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable yang terakhir yaitu Bendungan Kambaniru. Bendungan ini adalah sumber mata air yang dibuat untuk mengaliri lahan-lahan persawahan dan perkebunan milik warga setempat.

Dengan latar belakang perbukitan membuat pemandangan Bendungan Kambaniru semakin indah. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru lagi, para pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri aliran sungai di Bendungan Kambaniru ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Sumba Timur, yang epik, indah, dan instagramable banget. Yuk segera jadwalkan liburanmu ke Sumba Timur. Tapi sebelum itu baca dulu beberapa tempat wisata maumere.