Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13+ Tempat Instagramable di Jakarta (Tempat Hunting Foto di Jakarta)

Inilah beberapa tempat Instagramable di Jakarta atau tempat hunting foto di Jakarta. Seperti diketahui, Jakarta adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia yang banyak dipenuhi dengan berbagai bangunan bertingkat tinggi.

Selain itu, kesan macet dan padat sudah melekat pada Kota Jakarta. Namun dibalik bangunan-bangunan bertingkat tinggi, dan citra macet serta padat tersebut, ternyata Kota Jakarta masih memiliki banyak tempat yang bagus.

Dan tempat yang bagus ini sering dijadikan sebagai tempat hunting foto di Jakarta, baik oleh masyarakat Kota Jakarta sendiri maupun oleh orang luar yang berkunjung ke kota ini. Lantas, dimana saja letak tempat Instagramable di Jakarta tersebut? Berikut ulasannya

13+ Tempat Instagramable di Jakarta Atau Tempat Hunting Foto di Jakarta

#1. Kota Tua

Tempat Instagramable di Jakarta
Kota Tua
Tempat Instagramable di Jakarta yang pertama yaitu Kota Tua. Di kawasan Kota Tua ini sangat terkenal dengan bangunan-bangunannya yang bergaya vintage. Bangunan-bangunan bergaya vintage disini terlihat klasik dan cantik.

Salah satu ikon bangunan paling populer di Kota Tua yaitu Museum Fatahillah, yang berada di Jalan Taman Fatahillah No 1. Di depan museum terdapat area cukup luas yang dimamfaat pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas.

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu mengelilingi Kota Tua dengan bersepeda. Selain itu, di kawasan Kota Tua juga banyak terdapat spot-spot menarik dan bagus untuk berfoto ria.

Jadi tidak mengherankan apabila banyak pengunjung yang menjadikan Kota Tua sebagai salah satu tempat hunting foto di Jakarta. Bahkan tidak jarang, ada juga yang melakukan foto prewedding di tempat ini.

BACA JUGA: 6+ (Coffee Shop) Tempat Ngopi di Cipete - Jakarta Selatan!!

#2. Museum Taman Prasasti

Tempat Instagramable di Jakarta berikutnya yaitu Museum Taman Prasasti. Museum Taman Prasasti adalah sebuah museum outdoor berupa komplek pemakaman kolonial Belanda yang terletak di Jalan Tanah Abang I No:1.

Walaupun begitu, kamu tidak perlu takut berkunjung ke tempat ini, karena pemakaman ini tidak terkesan seram. Kabarnya, yang tersisa dari pemakaman ini hanyalah batu nisan, sedangkan semua jenazahnya sudah dipindahkan ke tempat lain.

Berbagai batu nisan yang bertuliskan mengunakan bahasa Belanda disini ditata dengan rapi, sehingga menciptakan pemandangan yang indah. Bukan hanya itu saja, diantara batu-batu nisan tersebut, terdapat patung bergaya eropa.

Museum Taman Prasasti sering dijadikan sebagai salah satu tempat hunting foto di Jakarta yang anti mainstream. Kabarnya, komplek pemakaman yang dibangun pada tahun 1795 ini merupakan salah satu komplek pemakaman modern tertua di dunia.

#3. Pantai Ancol

Tempat Instagramable di Jakarta
Pantai Ancol
Wisata pantai memang bukan menjadi salah satu objek wisata utama di Kota Jakarta, tapi bukan berarti Kota Jakarta tidak memiliki pantai yang bagus untuk dikunjungi. Kalau tidak percaya cobalah berkunjung ke Pantai Ancol.

Di kawasan Pantai Ancol ini terdapat berbagai spot foto menarik, salah satunya adalah di sebuah jembatan panjang yang berada di atas laut menuju ke Le Bridge Restaurant. Nah, diatas jembatan inilah pengunjung bisa mendapatkan hasil foto yang keren.

Sebaiknya, berkunjunglah ke Pantai Ancol ketika sore hari, agar bisa memburu potret sunset. Ketika malam hari, suasananya juga cukup cantik, khususnya di jembatan menuju Le Bridge Restaurant, yang berubah semakin cantik dengan lampu-lampunya.

#4. Kawasan Ekowisata Mangrove

Selama ini, Kota Jakarta memang selalu di identikan dengan bangunan-bangunan bertingkat tinggi, namun siapa yang menyangka dibalik kemegahan bangunan bertingkat tinggi tersebut, ternyata Kota Jakarta mempunyai kawasan wisata alam yang indah.

Kawasan wisata alam tersebut adalah Kawasan Ekowisata Mangrove yang berada di Jalan Pantai Indah Utara di Jakarta Utara. Di tempat ini pengunjung bisa menjelajahi hutan bakau dengan mengunakan sebuah perahu.

Di hutan bakau tersebut, para pengunjung pasti banyak menemukan pemandangan-pemandangan indah yang siap diabadikan dengan kamera kesayanganmu. Selain itu, disini juga terdapat tempat untuk pengamatan burung.

Jika sudah capek dan ingin istirahat sejenak, para pengunjung bisa bersantai di saung-saung yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Deretan saung-saung di hutan bakau ini juga bisa menjadi salah satu objek foto yang menarik disini.

#5. Hauwke’s Auto Gallery

Tempat Instagramable di Jakarta selanjutnya yaitu Hauwke’s Auto Gallery. Tempat ini sangat cocok sekali dikunjungi buat kamu yang suka dengan ornamen bergaya vintage, khususnya dalam bidang otomotif.

Karena di tempat wisata yang berada di Jalan Puri Mutiara VI No 18B, Cipete ini, kamu bisa menemukan beberapa mobil antik seperti Austin Seven, Formula 1 Vintage, Chevrolet Bel Air, Chevrolet Impala, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa melihat mobil yang dulu pernah digunakan oleh presiden pertama Indonesia. Untuk mendukung kesan vintage, di tempat ini juga sudah dilengkapi dengan sebuah pom bensin Texaco model lawas.

#6. Hutan Kota Srengseng

Selain Kawasan Ekowisata Mangrove, ada satu lagi tempat Instagramable di Jakarta atau tempat hunting foto di Jakarta bernuansa alam, yaitu Hutan Kota Srengseng yang berada di Jalan Haji Kelik, Srengseng di Jakarta Barat.

Walaupun tempat ini berada di tengah-tengah kota, namun berkat adanya 63 jenis pohon dengan total kurang lebih 4800 pohon, sehingga suasana di Hutan Kota Srengseng ini sangat sejuk, nyaman, dan tenang.

Tentunya, para pengunjung bisa menemukan beberapa spot foto menarik di tempat ini. Selain itu, berbagai fasilitas pendukung seperti tempat parkir, warung makan, dan lainnya juga sudah tersedia di Hutan Kota Srengseng ini.

#7. Taman Menteng

Tempat Instagramable di Jakarta
Taman Menteng
Taman Menteng adalah salah satu taman kota kekinian yang dimiliki oleh Kota Jakarta. Ada banyak pohon rimbun disini, sehingga taman yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto di Jakarta Pusat ini selalu sejuk.

Karena kesejukannya inilah yang membuat Taman Menteng tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Taman Menteng ini seperti jogging, piknik, dan lain sebagainya.

Di Taman Menteng juga terdapat beberapa spot foto menarik yang sangat Instagramable. Selain itu berkat keindahannya, taman ini juga sering dijadikan sebagai tempat syuting FTV (Film Televisi) Indonesia.

#8. Petak Sembilan Glodok

Tempat Instagramable di Jakarta
Klenteng Petak Sembilan
Dari dulu hingga sekarang, kawasan Petak Sembilan Glodok selalu dikenal sebagai kawasan Chinatown di Jakarta. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner yang ada di Kota Jakarta.

Selain kuliner khas China, ada satu lagi yang menarik di kawasan ini, yaitu terdapat beberapa klenteng. Namun yang paling terkenal adalah  Klenteng Petak Sembilan atau dikenal juga dengan nama Vihara Dharma Bakti.

Klenteng Petak Sembilan atau Vihara Dharma Bakti adalah sebuah tempat ibadah bagi warga Tionghoa disana. Walaupun begitu, Klenteng ini terbuka menjadi tempat wisata, dan pengunjung bisa berfoto sana.

Klenteng Petak Sembilan atau Vihara Dharma Bakti dibangun pada tahun 1650 oleh Kwee Hoen, yaitu seorang letnan kebangsaan China. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah gereja katolik kuno dengan gaya arsitektur Tiongkok.

#9. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat Instagramable di Jakarta berikutnya yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa adalah salah satu pelabuhan tertua di Indonesia, yang merupakan cikal bakal terbentuknya Kota Jakarta.

Nama pelabuhan ini pernah beberapa kali mengalami pergantian, namun berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta yang tercatat pada tanggal 6 Maret 1974, nama Pelabuhan Sunda Kelapa ditetapkan sebagai nama resminya.

Kini, Pelabuhan Sunda Kelapa sudah dialihfungsikan sebagai salah satu tempat wisata sejarah di Jakarta. Beberapa bangunan peninggalan Belanda yang ada disekitarnya sudah dijadikan sebagai museum.

Para pengunjung pun bisa menemukan beberapa spot foto menarik di pelabuhan ini. Apalagi ketika matahari terbit dan matahari terbenam, efek dari matahari tersebut bisa membuat fotomu semakin terlihat indah.

#10. Rumah Akar

Selain Hauwke’s Auto Gallery, ada satu lagi tempat Instagramable di Jakarta atau tempat hunting foto di Jakarta yang juga bergaya vintage atau antik, yaitu Rumah Akar yang terletak di Jalan Kali Besar Timur No: 18A.

Dinamakan Rumah Akar, karena dinding rumah tersebut dipenuhi dengan akar pohon, dimana akar-akar pohon tersebut sampai menembus ke dalam rumah tersebut. Sekilas mirip seperti Angkor Wat yang ada di Kamboja.

Disamping itu, rumah unik ini masih berada dalam satu kawasan dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Jadi, setelah puas menjelajahi keeksotisan Pelabuhan Sunda Kelapa, kamu bisa langsung menuju ke Rumah Akar ini.

#11. Yesterday Lounge

Yesterday Lounge adalah salah satu tempat Instagramable di Jakarta atau tempat hunting foto di Jakarta berupa resto yang cocok dikunjungi oleh anak muda masa kini untuk hang out bersama teman-temannya.

Yang menarik dari resto unik ini yaitu dekorasinya dibuat seperti bengkel. Dimana, ada motor vespa, plat nomor, poster vintage yang terpajang disana, dan velg dijadikan sebagai meja kaca, serta kursi mirip seperti jok mobil.

Desain interior yang unik inilah yang membuat resto yang berada di kawasan Cilandak di Jakarta Selatan ini cukup menarik untuk dijadikan sebagai spot foto untuk mempercantik feed Instagram-mu.

#12. Kepulauan Seribu

Tempat Instagramable di Jakarta
Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu adalah sebuah gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang berpenghuni dan beberapa pulau kecil tidak berpenghuni. Kepulauan Seribu ini berada di Selat Sunda di Jakarta Utara.

Dari sejumlah pulau-pulau kecil yang berada di Kepulauan Seribu tersebut, ada beberapa pulau yang sudah menjadi langganan wisatawan seperti Pulau Tidung, Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Untung Jawa.

Tentu pulau-pulau kecil yang menjadi langganan wisatawan di Kepulau Seribu ini banyak terdapat spot foto yang menarik. Untuk menuju ke Kepulauan Seribu, pengunjung bisa menaiki Kapal Pelni di Pelabuhan Marina Ancol.

Sebelum memutuskan pergi berwisata ke Kepulauan Seribu, kamu wajib membaca dulu ulasan tentang beberapa pulau terindah di Kepulauan Seribu, yang sebelumnya ditulis oleh blog Pikniktoday.com.

#13. Cafe Batavia

Cafe Batavia adalah sebuah kafe yang bukan hanya sebagai tempat untuk mengisi perut saja. Cafe Batavia bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk mengenal sejarah Kota Jakarta dengan cara yang sedikit berbeda.

Pasalnya, Cafe Batavia ini hadir dengan konsep tempoe doeloe di Jakarta. Selain itu, bangunan yang digunakan oleh kafe ini juga dibangun pada tahun 1850, dan pernah digunakan sebagai kantor administrasi pada jaman VOC.

Konsep tempoe doeloe di Jakarta inilah yang sangat bagus dijadikan sebagai spot foto. Selain itu, tidak ada salahnya juga mengisi perut sambil menambah ilmu sejarah tentang Kota Jakarta di Cafe Batavia. Cafe Batavia ini berada di kawasan Kota Tua.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat Instagramable di Jakarta atau tempat hunting foto di Jakarta. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo siapkan kamera kesayanganmu, dan langsung menuju ke tempat-tempat direkomendasikan diatas.