Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Tempat Wisata di Sungailiat, Yang Pesonanya Tiada Bandingannya!!

Beberapa tempat wisata di Sungailiat berikut ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan, karena pesonanya tiada bandingannya. Perlu diketahui, Sungailiat adalah sebuah kota yang menjadi ibukota Kabupaten Bangka di Kepulauan Bangka Belitung.

Nah, seperti yang kita ketahui, selain terkenal sebagai penghasil timah, Kepulauan Bangka Belitung juga terkenal dengan beragam tempat wisatanya, khususnya tempat wisata pantai, dan sebagian tempat wisata pantainya berada di Kota Sungailiat.

Namun bukan hanya pantai, terdapat juga beberapa tempat wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi di Sungailiat. Lantas, seperti apa pesona tempat wisata di Sungailiat tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sungailiat, Yang Pesonanya Tiada Bandingannya

#1. Pantai Matras

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Matras
Tempat wisata di Sungailiat, yang pesonanya tiada bandingannya yang pertama yaitu Pantai Matras. Pantai yang berada di Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Sungailiat ini sangat terkenal di Pulau Bangka.

Pantai Matras ini terkenal dengan keindahan alamnya berupa pasir putih dan airnya yang jernih. Selain itu, pantai ini juga berukuran juga cukup luas. Hanya saja, fasilitas di pantai ini belum lengkap.

Walaupun begitu, Pantai Matras selalu menjadi salah satu tujuan wisata, yang banyak diminati wisatawan. Disamping itu, pantai ini juga cukup dekat dengan pusat Kota Sungailiat, yaitu sekitar 7 km saja.

#2. Pantai Parai Tenggiri

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Parai Tenggiri
Tempat wisata di Sungailiat, yang pesonanya tiada bandingannya berikutnya yaitu Pantai Parai Tenggiri, yang lokasinya juga masih berada di Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Ciri khas dari pantai ini yaitu memiliki batuan-batuan granit yang masih alami. Selain itu, pantai ini juga terkenal memiliki pasir putih bersih, dan permukaannya juga landai, sehingga menciptakan ombak yang tidak terlalu besar.

Kelebihan lainnya dari Pantai Parai Tenggiri ini, yaitu sudah dikelola secara profesional, sehingga memiliki banyak fasilitas pendukung. Jadi tidak heran, jika pantai ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

#3. Pantai Tanjung Pesona

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Tanjung Pesona
Kalau kamu ingin mengajak anak-anak main ke pantai, kamu bisa mengajak mereka ke Pantai Tanjung Pesona. Karena di pantai ini terdapat banyak sekali wahana-wahana permainan yang bisa kamu sewa.

Selain itu, untuk mengunjungi Pantai Tanjung Pesona ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama dari pusat Kota Sungailiat, yaitu sekitar 15 menitan. Pantai Tanjung Pesona ini berada di Desa Rambak, Sungailiat.

#4. Eco Park

Bukan hanya pantai, Kota Sungailiat juga memiliki beberapa tempat wisata lainnya yang menarik dikunjungi, salah satunya adalah Eco Park, yang berada di Jalan Teungku Umar, Air Ruay Pemali, Sungailiat.

Tempat wisata ini mempunyai beberapa tempat untuk swafoto, dengan beberapa pilihan latarbelakang yang instagramable. Selain itu, tempat wisata ini juga mempunyai beberapa wahana lainnya seperti tempat memancing, area perkebunan, dan lainnya.

#5. Pantai Rambak

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Rambak
Kota Sungailiat itu memang gudangnya tempat wisata pantai, karena selain Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, dan Pantai Tanjung Pesona, ada juga Pantai Rambak yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pantai Rambak ini mulai dikenal setelah jalan akses menuju ke pantai ini dibuka pada tahun 2009 silam. Pantai ini berada di bagian timur Kota Sungailiat, atau bisa ditempuh sekitar 10 menit dari pusat Kota Sungailiat.

Disamping bisa menyusuri pesisir pantai yang mempesona, dari pantai ini para wisatawan juga bisa langsung menuju ke Pantai Teluk Uber dan Pantai Tanjung Pesona, karena lokasi ketiga pantai ini saling berdekatan satu sama lainnya.

#6. Pantai Tikus

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Tikus
Tempat wisata di Sungailiat, yang pesonanya tiada bandingan berikutnya yaitu Pantai Tikus. Walaupun namanya adalah Pantai Tikus, bukan berarti di pantai ini banyak terdapat tikus dan sejenisnya.

Justru sebaliknya, pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan bukit terjal dan hamparan batuan-batuan granit. Pantai ini berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Sungailiat atau lebih tepatnya berada di Desa Parit Padang.

#7. Pagoda Puri Tri Agung

Tempat Wisata di Sungailiat
Pagoda Puri Tri Agung
Di kawasan Pantai Tikus itu bukan hanya pantai yang menjadi objek wisatanya, terdapat juga sebuah kelenteng, yang menjadi tempat beribadah umat budha (Khongfutze dan Laotze), yaitu Pagoda Puri Tri Agung.

Pagoda Puri Tri Agung berada diatas sebuah bukit, sehingga pemandangan dari pagoda ini sangat indah sekali, dan para pengunjung bisa berfoto selfie dengan latarbelakang pemandangan Pantai Tikus.

Selain itu, Pagoda Puri Tri Agung yang juga sering disebut oleh masyarakat lokal dengan sebutan " Pagoda Kuil Sholin " ini juga memiliki arsitektur yang mewah dan unik, sehingga pagoda ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

#8. Fathin San

Selain Eco Park, dan Pagoda Puri Tri Agung, ada satu lagi tempat wisata di Sungailiat selain pantai, yaitu Fathin San. Kurang lebih sama dengan Pagoda Puri Tri Agung, Fathin San juga adalah sebuah kelenteng.

Fathin San ini berada di atas Bukit Belitung, atau lebih tepatnya berada di Desa Parit Padang. Selain bisa mengunjungi Fathin San, dari atas Bukit Belitung pengunjung juga bisa melihat pemandangan Kota Sungailiat.

#9. Pantai Teluk Uber

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Teluk Uber
Berikutnya yaitu Pantai Teluk Uber, yang berada diantara Pantai Tanjung Pesona, dan Pantai Rambak di Desa Rambak. Pantai ini juga terkenal dengan pasirnya yang putih bersih, dan hamparan batuan-batuan granit.

Selain itu, ombak-ombak di pantai ini juga tergolong kecil, karena terhalang dengan gugusan batuan granit tersebut, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin main air atau berenang di Pantai Teluk Uber ini.

#10. Pantai Turun Aben

Tempat Wisata di Sungailiat
Pantai Turun Aben
Yang terakhir yaitu Pantai Turun Aben, atau Pantai Teluk Aben, atau Pantai Teluk Umar. Pantai ini berada di Desa Sinar Baru, atau dari pusat Kota Sungailiat dibutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan agar bisa sampai ke pantai ini.

Pantai ini memang tergolong kecil, walaupun begitu, keeksotisannya sangat sayang dilewatkan begitu saja. Selain itu, pantai ini juga berdekatan dengan beberapa pantai indah lainnya seperti Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, dan Pantai Teluk Limau

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Sungailiat (Bangka - Kepulauan Bangka Belitung), yang pesonanya tiada bandingannya. Baca juga 7+ Tempat Nongkrong di Pangkalpinang (Bangka Belitung) Yang Asyik!!.