Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!

Inilah beberapa makanan khas Gombong yang enaknya tidak main-main, dan sangat wajib dicicipi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Gombong adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang cukup terkenal dengan tempat wisatanya.

Selain tempat wisata, kawasan Gombong juga cukup dikenal dengan beragam kulinernya yang enak dan lezat. Nah, jika kamu sedang berwisata ke Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah, maka kamu wajib mencicipi beberapa kuliner khas Gombong ini.

Ada banyak makanan khas di kawasan Gombong yang bisa kamu coba cicipi, mulai dari sate hingga soto. Lantas, apa saja makanan khas Gombong yang enak tidak main-main tersebut? Berikut ulasannya.

10+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main

#1. Sate Ambal

Makanan Khas Gombong
Sate Ambal
Makanan khas Gombong yang enaknya tidak main-main yang pertama yaitu Sate Ambal. Walaupun sebenarnya, Sate Ambal adalah salah satu makanan khas dari Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.

Namun, Sate Ambal sudah sangat terkenal luas di wilayah Kabupaten Kebumen, sehingga banyak yang juga menjualnya di daerah lain di Kabupaten Kebumen. Salah satunya adalah Kecamatan Gombong.

Sate Ambal sangat terkenal enak dan lezat, sedikit berbeda dengan Sate Madura, khususnya dari sambalnya, dimana sambal Sate Madura terasa manis di lidah, sedangkan Sate Ambal terasa sangat gurih di lidah.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Gombong (Kebumen) Yang Lagi Hits!!

#2. Lanthing

Makanan Khas Gombong
Lanthing
Makanan khas Gombong yang enaknya tidak main-main berikutnya yaitu Lanthing. Makanan ini juga bukan asli berasal dari Kecamatan Gombong, Kebumen, melainkan berasal dari Kabupaten Karangayar.

Namun, karena banyak yang membuat dan menjualnya di Gombong, sehingga makanan yang terbuat dari ketela ini cukup populer di Gombong. Bahkan kini, Lanthing sudah menjadi salah satu simbol makanan khas Kebumen.

Biasanya, pada hari kemerdekaan Indonesia, yaitu setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, jajanan yang renyah di lidah ini, banyak dibuat dengan warna merah putih, sebagai simbol cinta tanah air Indonesia.

#3. Nasi Penggel

Makanan Khas Gombong
Nasi Penggel
Kalau makanan yang satu ini, bisa dikatakan kurang populer jika dibandingkan dengan makanan khas lainnya di Gombong, karena memang belum banyak pedagang yang menjual Nasi Penggel di Gombong.

Walaupun begitu, makanan yang nasinya dibuat seperti nasi kepal ini sangat enak, lezat, dan gurih. Biasanya, Nasi Penggel disajikan bersama lauk kikil, dan sayur nangka muda dengan kuah santan yang kental.

#4. Golak

Ketela, atau singkong, atau orang Gombong sering menyebutnya dengan nama " Bodin " adalah bahan dasar dari jajanan khas Gombong bernama Golak ini. Jajanan ini sering muncul ketika diselenggarakan pertunjukan kesenian daerah.

Biasanya, jajanan ini dibuat dengan bentuk angka 8, sangat mirip dengan Lanthing, perbedaannya terletak pada ukurannya, kalau Golak berukuran lebih kecil, sedangkan Lanthing berukuran lebih besar.

#5. Gembus

Selain Lanthing, dan Golak, ada satu lagi jajanan khas Gombong, yang juga menarik untuk kamu cicipi, yaitu Gembus. Jajanan yang satu ini juga dibuat dari bahan dasar ketela, atau singkong, atau bodin.

Pengolahan jajanan ini pun kurang lebih sama dengan pengolahan Lanthing dan Golak, yang membedakannya hanya dari bentuknya saja, dimana Gembus dibuat dengan bentuk lingkaran mirip seperti gelang.

#6. Yutuk Goreng

Makanan Khas Gombong
Yutuk Goreng
Makanan khas Gombong yang enaknya tidak main-main berikutnya yaitu Yutuk Goreng. Yutuk adalah hewan bercangkang mirip seperti hewan undur-undur, yang habitatnya hidup di pantai dan sekitarnya.

Nah, sebagian warga di Gombong biasanya menangkap hewan ini untuk dijadikan sebagai lauk makanan sehari-hari, seperti di goreng. Katanya, hewan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah seperti udang.

#7. Jipang kacang

Selain Lanthing, Golak, dan Gembus, ada satu lagi jajanan khas Gombong yang harus kamu coba cicipi, yaitu Jipang Kacang. Dan sesuai dengan namanya, Jipang Kacang ini dibuat dari bahan dasar kacang.

Jipang Kacang ini terkenal dengan rasanya yang manis dan gurih. Jajanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, jajanan ini mudah ditemukan, karena banyak terdapat para perajin Jipang Kacang di Gombong.

#8. Soto Bebek

Hampir semua soto di Indonesia itu dibuat dari daging ayam atau daging sapi, namun sedikit berbeda dengan yang ada di Gombong, dimana disana ada satu jenis soto unik, yang bahan dagingnya dari daging bebek.

Selain itu, rasa Soto Bebek ini juga tidak kalah enak dengan soto yang berbahan daging ayam dan daging sapi. Bahkan lebih cenderung enak, sehingga tidak heran jika Soto Bebek khas Gombong ini selalu menjadi incaran banyak orang.

#9. Sale Pisang

Makanan Khas Gombong
Sale Pisang
Makanan khas Gombong yang enaknya tidak main-main yang terakhir yaitu Sale Pisang. Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu oleh oleh buat teman, saudara, dan keluarga lainnya.

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar pisang dengan bentuk yang sangat tipis, dan rasanya juga sangat manis, lezat, dan gurih di lidah.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Gombong (Kebumen) yang enaknya tidak main-main, dijamin pasti membuatmu ketagihan. Sebelum beranjak pergi dari blog ini, baca dulu 17+ Pantai Terindah di Kebumen (Jawa Tengah) Yang Lagi Hits!!.