Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7+ Tempat Camping di Purwakarta Yang Seru Untuk Liburan!!

Beberapa tempat camping di Purwakarta berikut ini sangat direkomendasikan dijadikan sebagai tempat seru untuk liburan. Camping atau berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi yang dilakukan di alam terbuka. Biasanya, camping dilakukan untuk lari sejenak dari keramaian kota, sekaligus untuk menikmati keindahan alam.

Ada banyak tempat di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai lokasi camping seperti di gunung, hutan, dan lainnya. Atau bisa juga langsung mengunjungi bumi perkemahan, yaitu sebuah tempat khusus untuk camping.

Salah satu tempat di Indonesia yang cukup banyak menyediakan bumi perkemahan adalah Purwakarta. Lantas, dimana saja tempat camping di Purwakarta yang seru untuk liburan? Berikut ulasannya.

7+ Tempat Camping Di Purwakarta Yang Seru Untuk Liburan

#1. Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan

Tempat Camping Di Purwakarta
Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan
Tempat camping di Purwakarta yang seru untuk liburan pertama yaitu Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan. Sebenarnya, Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan adalah salah satu tempat wisata alam di Purwakarta.

Jadi, selain area khusus untuk camping, terdapat juga beberapa objek wisata lainnya di Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan seperti sumber mata air, air terjun, goa, dan lainnya. Menariknya lagi, tempat wisata yang berada di Desa Babakan, Wanayasa ini buka 24 jam.

Selain itu, fasilitas umum di tempat wisata ini juga cukup lengkap seperti warung, air bersih, MCK (mandi, cuci, dan kakus), mushola, dan lainnya. Sehingga, camping di Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan ini tidak perlu terlalu banyak membawa logistik.

BACA JUGA: 20+ Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits Dikunjungi!

#2. Gunung Lembu

Tempat camping di Purwakarta yang seru untuk liburan berikutnya yaitu di Gunung Lembu. Gunung yang memiliki ketinggian 792 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini dikenal mempunyai objek photography yang cukup indah.

Nah, di Gunung Lembu ini juga tersedia area camping atau tempat berkemah. Dan tidak jauh dari area camping tersebut, terdapat sebuah spot dengan pemandangan Waduk Jatiluhur yang sangat indah.

Hanya saja, camping di tempat ini diwajibkan membawa perlengkapan yang cukup, seperti air mineral untuk memasak, minum, dan lainnya, logistik (tergantung berapa lama durasi camping), dan alat penerangan seperti senter, korek api, dan lainnya.

Kenapa dinamakan Gunung Lembu? Karena sepintas gunung ini terlihat seperti seekor lembu yang sedang tidur. Jika penasaran, kamu bisa mengunjungi Gunung Lembu ini di Kampung Panunggal, Panyindangan, Sukatani.

#3. Curug Cipurut

Tempat Camping Di Purwakarta
Curug Cipurut
Curug Cipurut adalah salah satu tempat wisata alam di Purwakarta berupa air terjun. Curug Cipurut ini terletak tepat dibawah kaki Gunung Burangrang, atau lebih tepatnya berada di Desa Babakan, Wanayasa.

Ukuran Curug Cipurut ini tidak terlalu besar, dan volume airnya juga tidak terlalu tinggi, sehingga tidak terlalu beresiko berada dekat dengan air terjun ini, bahkan para pengunjung bisa bebas berdiri di dekat air terjun ini.

Nah, di sekitar Curug Cipurut ini, terdapat sebuah area camping atau tempat berkemah yang memang sudah disediakan oleh pihak pengelola objek wisata ini, dengan beberapa fasilitas umum seperti warung kopi 24 jam, mushola, MCK (mandi, cuci, dan kakus) dan lainnya.

#4. Bendungan Parang Gombong

Tempat Camping Di Purwakarta
Bendungan Parang Gombong
Disekitar Waduk Jatiluhur, ada sebuah bendungan yang lokasinya sering dimamfaatkan sebagai area camping, atau tempat berkemah, yaitu Bendungan Parang Gombong. Selain camping, tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot mancing.

Di Bendungan Parang Gombong ini, kamu bisa merasakan sejuknya udara di alam terbuka. Selain itu, keindahan tempat ini juga tidak kalah jauh dengan beberapa tempat wisata alam di Purwakarta lainnya.

Selain itu, kenyamanan camping semakin bertambah dengan adanya beberapa warung yang buka 24 jam di sekitar lokasi Bendungan Parang Gombong. Untuk mushola dan toilet disediakan oleh pemilik warung. Tempat camping ini berada di Desa Kutamanan, Sukasari.

#5. Camping Ground Keboen Tjengkeh

Tempat Camping Di Purwakarta
Camping Ground Keboen Tjengkeh
Tempat camping di Purwakarta yang seru untuk mengisi liburan terakhir yaitu Camping Ground Keboen Tjengkeh, yang berada di Jalan Raya Barat Wanayasa, Taringgul Tengah, Wanayasa, Purwakarta.

Camping Ground Keboen Tjengkeh adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta yang mengusung konsep wisata alam berkemah. Kabarnya, tempat camping seluas 1,3 hektar ini bisa menampung 200 orang.

Selain area camping atau tempat berkemah, tempat ini juga menyediakan beberapa wahana menarik lainnya seperti flying fox, play ground, ATV, dan lainnya. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 09:00 hingga pukul 08:00.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat camping di Purwakarta yang seru untuk liburan. Namun sebelum memutuskan tempat camping mana yang akan dituju, baca dulu 16+ Tempat Wisata di Sentul Yang Lagi Hits Dikunjungi!!.