Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19+ Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits Untuk Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits berikut ini, bisa dijadikan sebagai tujuan wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya, karena letak geografisnya yang cukup dekat dengan Kota Jakarta.

Cukup dengan 45 menit perjalanan mengunakan pesawat terbang dari Kota Jakarta, kamu sudah bisa menjejakkan kakimu di Kota Bandar Lampung, dan siap menjelajahi beragam tempat wisatanya yang menarik.

Selain itu, pesona beberapa tempat wisata di Kota Bandar Lampung ini juga tidak kalah menarik dengan beberapa tempat wisata di Pulau Jawa. Lantas, seperti apa saja pesona tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits Untuk Dikunjungi

#1. Pantai Mutun

Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits pertama yaitu Pantai Mutun. Pantai ini wajib dikunjungi, karena selain pemandangan pantainya yang memukau, jaraknya juga cukup dekat dengan Kota Bandar Lampung, yaitu hanya sekitar 10 km saja.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat beraneka ragam water sports, mulai dari kano hingga banana boat, sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga. Bahkan, di dalam komplek pantai ini juga ada mini water boom.

Perlu dicatat, di akhir pekan dan hari libur lainnya, Pantai Mutun ini sangat ramai dikunjungi, jadi jika kamu ingin menikmati pantai ini dengan suasana yang lebih tenang, datanglah ke pantai ini lebih awal.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Pringsewu (Lampung) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Pulau Tangkil

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Pulau Tangkil
Tidak begitu jauh dari Pantai Mutun, ada sebuah pulau yang sayang kalau tidak dikunjungi, yaitu Pulau Tangkil. Pulau Tangkil ini bisa ditempuh hanya sekitar 10 menit perjalanan dengan mengunakan boat.

Di pulau ini, para pengunjung bisa melakukan parasailing, yang merupakan satu-satunya di Bandar Lampung. Selain itu, pesona pulau dan pantainya juga pasti bisa membuatmu betah berlama-lama di pulau ini.

#3. Pantai Sari Ringgung

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Pantai Sari Ringgung
Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits berikutnya yaitu Pantai Sari Ringgung. Pantai ini sudah dilengkapi dengan beberapa gazebo, yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai.

Salah satu hal keunikan yang bisa ditemukan di pantai ini, yaitu keberadaan sebuah masjid terapung bernama Masjid apung Al-Aminah, yang merupakan bagian dari komplek kampung terapung para nelayan.

Jika kamu penasaran dengan seperti apa keindahan Pantai Sari Ringgung ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Way Ratai No.KM. 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

#4. Pulau Tegal Mas

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Pulau Tegal Mas
Kalau kamu berkunjung ke Pantai Sari Ringgung, kamu juga bisa langsung mengunjungi Pulau Tegal Mas! Kenapa bisa begitu? Karena Pantai Sari Ringgung adalah akses paling dekat ke Pulau Tegal Mas ini.

Bisakan dikatakan, Pantai Sari Ringgung dan Pulau Tegal Mas adalah satu paket untuk dikunjungi. Selain itu, pesona pulau ini juga tidak kalah indah dibandingkan dengan pulau lainnya di Bandar Lampung, sehingga sayang dilewatkan begitu saja.

#5. Pulau Pahawang

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Pulau Pahawang
Pulau Pahawang sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, sehingga kegiatan paling seru yang bisa dilakukan di pulau ini adalah snorkeling, dan diving. Pulau ini bisa kamu akses dari Dermaga Ketapang dengan jarak tempuh sekitar 30 menitan.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua wilayah, yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil, dimana Pulau Pahawang Besar terbuka untuk wisatawan, sedangkan Pulau Pahawang Kecil adalah sebuah pulau pribadi.

Lebih menariknya lagi, sekarang ini sudah banyak dibangun resort dan penginapan di pulau ini, sehingga para pengunjung bisa menikmati sensasi menyenangkan ala pantai-pantai Maldives yang pasti tidak terlupakan.

#6. Pulau Wayang

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Pulau Wayang
Selain Pulau Tangkil, Pulau Tegal Mas, dan Pulau Pahawang, ada satu lagi pulau indah yang bisa dikunjungi di Bandar Lampung, yaitu Pulau Wayang. Pulau Wayang adalah sebuah gugusan pulau tidak berpenghuni dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi mirip seperti di Raja Ampat.

Lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut, membuat tempat ini sangat terkenal sebagai salah satu spot memancing terbaik di Bandar Lampung. Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan lumba-lumba disini.

#7. Teluk Kiluan

Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits berikutnya yaitu Teluk Kiluan. Walaupun lokasinya sedikit lebih jauh dari Kota Bandar Lampung, namun tempat wisata yang satu ini sangat sayang dilewatkan untuk dikunjungi.

Teluk Kiluan ini terkenal sebagai surganya lumba-lumba, karena di tempat ini, para pengunjung bisa melihat secara langsung aktivitas lumba-lumba di alam bebas. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk melihat lebih dekat lumba-lumba tersebut.

Selain berkenalan dengan lumba-lumba, para pengunjung juga bisa berenang di sebuah laguna cantik, yang lokasinya berada dibalik bukit Teluk Kiluan.

#8. Tanjung Bintang

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Tanjung Bintang
Jika kamu sudah bosan mengunjungi pantai dan laut, kamu bisa mengunjungi gunung batu granit di Tanjung Bintang. Gunung batu granit tersebut tersusun secara bertumpuk-tumpuk, sehingga disebut gunung batu oleh masyarakat lokal.

Jika kamu bisa mencapai puncak gunung batu granit tersebut, kamu bisa melihat pemandangan hamparan hutan hijau rindang yang sangat menyejukan. Dijamin kamu tidak akan menyesal datang ke tempat ini.

#9. Bukit Klutum

Sebenarnya, Kota Bandar Lampung itu mempunyai banyak sekali bukit yang difungsikan sebagai hutan kota. Namun banyak yang sudah rusak akibat kegiatan pertambangan, salah satu contohnya adalah Bukit Klutum.

Walaupun sudah sedikit dinodai, namun bukit ini masih menyuguhkan pemandangan Kota Bandar Lampung yang luar biasa menakjubkan, yang kabarnya mirip seperti pemandangan Arthur Seat di Skotlandia.

Bukit Klutum ini hanya berjarak sekitar 12 menit perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Namun para pengunjung harus hati-hati dan waspada, karena bukit ini termasuk salah satu bukit yang rawan longsor di Bandar Lampung.

#10. Alam Wawai Eco Friendly Park

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Alam Wawai Eco Friendly Park
Sesuai dengan namanya yang mempunyai arti " bagus " dalam bahasa Lampung, Alam Wawai Eco Friendly Park adalah salah satu tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi di Bandar Lampung.

Di Alam Wawai Eco Friendly Park ini, kamu akan menemukan berbagai bangunan dan beberapa fasilitas yang didesain dengan tema alam seperti Camping Ground, Amphiteathre, dan lain sebagainya.

Camping Ground di tempat ini bisa disewa secara rombongan, minimal 30 orang. Selain itu, Alam Wawai Eco Friendly Park juga merupakan salah satu tempat untuk melihat Kota Bandar Lampung dari ketinggian.

#11. Muncak Pesawaran

Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits untuk dikunjungi berikutnya yaitu Muncak Pesawaran. Muncak Pesawaran adalah salah satu tempat instagramable favorit wisatawan muda di Kota Bandar Lampung.

Dari tempat ini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai-pantai di Teluk Lampung dari ketinggian. Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga cukup lengkap, termasuk sebuah balkon kayu.

Jika kamu penasaran dengan Muncak Pesawaran? Kamu bisa mengunjungi di Gunung Muncak, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 07:00 - 22:00.

#12. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau adalah salah satu tempat wisata keluarga bernuansa alam di Bandar Lampung. Tempat wisata bisa dikunjungi di Jalan Raden Imba Kesuma No.21, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung..

Ada beragam wahana menarik dan area camping di tempat wisata ini. Salah satu wahana yang paling menarik untuk dicoba di Taman Wisata Lembah Hijau ini adalah menunggangi gajah untuk membawamu berkeliling di tempat wisata ini.

#13. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Taman Kupu-Kupu Gita Persada
Berkunjung ke tempat wisata alam adalah salah satu obat yang tepat untuk menyegarkan pikiran, dan salah satu tempat wisata alam yang bagus untuk menyegarkan kembali pikiranmu di Bandar Lampung adalah Taman Kupu-Kupu Gita Persada.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini berada di bawah kaki Gunung Betung, atau lebih tepatnya berada di Wan Abdurrahman, Hutan, Lampung. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga pukul 17:00.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini dibangun untuk melestarikan keberadaan kupu kupu khas Sumatera, yang habitatnya sudah terancam karena pengundulan hutan, yang semakin lama, semakin parah.

#14. Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdur Rahman

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdur Rahman
Tidak begitu jauh dari Taman Kupu-Kupu Gita Persada, kamu juga bisa mengunjungi sebuah tempat penangkaran rusa yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdur Rahman.

Selain bisa berinteraksi secara langsung dengan banyak rusa, di Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdur Rahman ini, pengunjung juga bisa menikmati suasana hutan alami khas Lampung yang eksotis.

#15. Air terjun Batu Putu

Sebenarnya, Bandar Lampung itu mempunyai banyak sekali tempat wisata air terjun yang indah. Hanya saja, lokasinya yang cukup jauh, sehingga banyak orang enggan mengunjungi air terjun tersebut.

Namun kamu jangan khawatir, ada satu air terjun yang lokasinya cukup dekat dengan Kota Bandar Lampung, yaitu Air terjun Batu Putu, yang berada di Sukadana Ham, Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung.

Selain itu, jalan aksesnya juga sudah mengunakan jalan paving, sehingga lokasi air terjun ini mudah dijangkau. Jadi tidak heran kalau Air terjun Batu Putu ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits dikunjungi wisatawan saat ini.

#16. Bukit Branti

Lampung memang terkenal sebagai salah satu sumber penghasil tambang pasir. Salah satu bekas tambang pasirnya adalah Bukit Branti, yang lokasinya cukup dekat sekali dengan Bandara Raden Inten II.

Walaupun merupakan hasil dari kerusakan lingkungan akibat pertambangan pasir, namun Bukit Branti ini menciptakan sebuah panorama bukit kemerah-merahan, dan danau hijau yang menarik perhatian banyak wisatawan.

#17. Sawah Bertingkat Bantul

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Sawah Bertingkat Bantul
Ternyata, Lampung mempunyai sebuah kota yang memiliki nama sama dengan di Yogyakarta, yaitu Bantul. Kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata bahari, karena lokasinya yang berada di tengah-tengah provinsi Lampung.

Walaupun begitu, di kota ini kamu bisa menemukan sebuah tempat wisata alam berupa undakan sawah bertingkat yang luas. Suasana sawah bertingkat tersebut mirip seperti Sawah Terasering Tegalalang yang ada di Ubud, Bali.

#18. Curup Rejosari

Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits untuk dikunjungi berikutnya yaitu Curup Rejosari. Dalam bahasa Lampung, curup adalah sebuah air terjun, namun skalanya berukuran lebih kecil dari air terjun biasanya.

Jika kamu penasaran dengan Curup Rejosari ini, kamu bisa mengunjunginya di Desa Rejosari, Kecamatan Natar. Kamu hanya perlu waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk mencapai lokasi air terjun ini dari Bandar Lampung.

#19. Terowongan Bandara Raden Inten

Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits
Terowongan Bandara Raden Inten
Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits untuk dikunjungi terakhir yaitu Terowongan Bandara Raden Inten. Terowongan ini adalah sebuah terowongan penghubung antara area parkir dengan terminal keberangkatan di Bandara Raden Inten II.

Jadi, jika kamu datang dan pergi ke Bandar Lampung mengunakan pesawat terbang, jangan lupa untuk berfoto di terowongan yang sangat instagramable dengan didominasi oleh warna orange dan putih.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits untuk dikunjungi. Bagaimana, tertarik berkunjung kesana? Namun sebelum memutuskannya, baca dulu 16+ Tempat Wisata di Kalianda (Lampung Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!.