Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Tempat Wisata di Padang Sidempuan Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Padang Sidempuan berikut ini sangat bagus, dan sangat menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu diketahui, Kota Padang Sidempuan berada di Pulau Sumatera, atau lebih tepatnya berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Kota yang dijuluki sebagai " Kota Salak " ini memiliki nama yang mirip dengan Ibukota Sumatera Barat, yaitu Kota Padang. Sehingga, tidak sedikit orang yang mengira kalau kota ini berada di Provinsi Sumatera Barat.

Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Padang Sidempuan, Sumatera Utara yang dirangkum oleh Pikniktoday.com dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Padang Sidempuan Yang Menarik Dikunjungi

#1. Aek Sijorni

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Aek Sijorni
Tempat wisata di Padang Sidempuan yang menarik dikunjungi yang pertama yaitu Aek Sijorni. Sesuai dengan namanya, Aek Sijorni adalah sebuah air terjun di Padang Sidempuan yang memiliki air yang sangat jernih.

Menariknya lagi, aliran air di air terjun yang berada di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi - Padang Sidempuan, Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini tetap jernih di segala musim, baik musim hujan maupun musim kemarau.

Bukan hanya itu saja, para pengunjung juga diperbolehkan bermain air dan mandi sepuasnya di air terjun ini. Perlu dicatat, Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 17:30.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Air Terjun Silima-Lima

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Air Terjun Silima-Lima
Tempat wisata di Padang Sidempuan yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Silima-Lima. Nama air terjun yang satu ini cukup terkenal di Kota Padang Sidempuan, sehingga cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di Desa Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini diharuskan berjalan kaki melewati sebuah perkebunan karet.

Selain itu, selama perjalanan menuju lokasi air terjun ini juga diharuskan ekstra berhati-hati. Pasalnya, para pengunjung juga diharuskan melewati sebuah turunan yang di kanan dan kirinya adalah jurang.

Namun, semua kesulitan dalam perjalanan menuju lokasi air terjun tersebut akan langsung dibayar lunas oleh panorama keindahan Air Terjun Silima-Lima yang memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter ini.

#3. Puncak JB Padangsidimpuan

Puncak Jalan Baru Padang Sidempuan atau terkadang juga disebut " Puncak JB Padangsidimpuan " adalah salah satu tempat wisata yang sedang hits dikunjungi wisatawan di Padang Sidempuan sekarang ini.

Hal ini dikarenakan lokasinya yang mudah diakses, karena lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, atau lebih tepatnya berada di Desa Baruas, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

#4. Danau Tao

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Danau Tao
Kalau tempat wisata yang satu ini tidak persis berada di Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, melain berada di Desa Batang Onang Baru, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Namun, karena lokasinya cukup dekat dengan Kota Padang Sidempuan, sehingga tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Apalagi, keindahan danau ini pasti bisa membuat siapa saja terkagum-kagum.

Bahkan, saking indahnya Danau Tao ini, sehingga ada beberapa wisatawan yang menyebut danau ini sebagai saudara kembarnya Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

#5. Sipenggeng Rock

Tempat wisata yang satu ini mengandalkan aliran air sungai yang jernih sebagai daya tarik utamanya. Dimana, aliran air sungainya tersebut diapit oleh bebatuan, sehingga para pengunjung bisa leluasa menikmatinya di pinggiran sungai tersebut.

Tempat wisata yang berada di Desa Sipenggeng, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini masih terbilang baru, sehingga masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Karena masih jarang dikunjungi, sehingga Sipenggeng Rock cocok dikunjungi buat mereka yang ingin berwisata dengan suasana tenang. Selain itu, tempat wisata ini bisa dikunjungi kapan saja dengan harga tiket sebesar Rp 10.000/orang.

#6. Tor Simarsayang

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Tor Simarsayang
Tor Simarsayang adalah sebuah tempat wisata alam di Padang Sidempuan yang menyuguhkan pemandangan sebuah kota dari ketinggian dengan latarbelakang perbukitan-perbukitan yang masih asri.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjungi Tor Simarsayang di Jalan Sutan Syahrir, Desa Batang Ayumi Julu, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

#7. Air Terjun Sampuran Damparan

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Air Terjun Sampuran Damparan
Selain Aek Sijorni, dan Air Terjun Silima-Lima, ada satu lagi tempat wisata di Padang Sidempuan berupa air terjun yang juga rekomended untuk dikunjungi wisatawan yaitu Air Terjun Sampuran Damparan.

Air terjun yang berada di tengah-tengah hutan dan perbukitan di Desa Damparan, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini juga terkenal dengan aliran airnya yang jernih.

Selain menyuguhkan pemandangan air terjun yang mempesona, Air Terjun Sampuran Damparan ini juga masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga para pengunjung bisa merasakan sensasi " private waterfall " disini.

#8. Goa Sayur Matinggi

Selain air terjun, danau, dan sungai, kota Padang Sidempuan juga mempunyai tempat wisata alam berupa gua yang dijuluki sebagai " gua perawan ", karena gua ini belum banyak dikunjungi wisatawan.

Bahkan, tempat wisata yang satu ini belum banyak diketahui orang, dan jalan aksesnya pun masih tertutup, sehingga diharuskan banyak bertanya kepada warga di sekitarnya agar bisa sampai ke gua ini.

Namanya guanya adalah Goa Sayur Matinggi di Desa Aek Badak Jae, Kecamatan Sayur Matinggi, Padang Sidempuan. Gua ini memiliki batuan stalaktit dan stalakmit berwarna-warni yang indah, dengan tinggi sekitar 8 meter dan lebar 9 meter.

#9. Danau Siais Batangtoru

Selain Danau Tao, ada satu lagi tempat wisata alam beruapa danau di Padang Sidempuan yang juga cukup bagus dikunjungi, yaitu Danau Siais Batangtoru. Danau Siais Batangtoru adalah danau terbesar kedua setelah danau toba di Sumatera Utara.

Danau yang berada di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan perbukitan-perbukitan dan hutan yang luas.

Selain bisa menikmati danau yang indah dengan pemandangan alam yang mengagumkan, para pengunjung juga bisa mengunjungi sebuah air terjun yang berada di sekitar Danau Siais Batangtoru ini.

#10. Candi Bahal

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Candi Bahal
Tempat wisata di Padang Sidempuan yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Candi Bahal. Candi ini terdiri dari tiga candi, yaitu Candi Bahal I, Candi Bahal II, dan Candi Bahal III.

Keunikan candi yang berada di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara ini terletak pada warnanya yang sedikit berbeda dengan candi-candi pada umumnya di Indonesia, yaitu berwarna merah bata.

#11. Air Terjun Napa

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Air Terjun Napa
Selain Aek Sijorni, Air Terjun Silima-Lima, dan Air Terjun Sampuran Damparan, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun yang juga bagus dikunjungi di Padang Sidempuan, yaitu Air Terjun Napa.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini berada di Desa Napa, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Air Terjun Napa ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

#12. Kebun Bunga Matahari Batang Bahal

Kebun Bunga Matahari Batang Bahal adalah salah satu tempat wisata baru yang sedang hits di Padang Sidempuan. Pasalnya, kebun bunga matahari ini sangat instagramable, sehingga banyak diburu oleh wisatawan, khususnya wisatawan muda.

Bukan hanya itu saja, di perkebunan bunga matahari yang berada di Desa Batang Bahal, Kecamatan Padang Sidempuan Batu Nadua, Kota Padang Sidempuan ini juga tersedia beberapa objek wisata lainnya seperti rumah hobit dan lain sebagainya.

#13. Sibio-bio

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Sibio-bio
Kurang lebih sama dengan Kebun Bunga Matahari Batang Bahal, Sibio-bio ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits dikunjungi oleh para wisatawan di Padang Sidempuan sekarang ini.

Objek wisata utama yang ditawarkan oleh tempat wisata yang berada di Desa Sibio-bio, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, ini adalah beberapa bangunan unik dengan kolam yang indah.

#14. Air Terjun Sampuran Sisoma

Selain Aek Sijorni, Air Terjun Silima-Lima, Air Terjun Sampuran Damparan, dan Air Terjun Napa, ternyata ada satu lagi tempat wisata berupa air terjun yang tersembunyi di Kabupaten Napanuli Selatan, yaitu Air Terjun Sampuran Sisoma.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun yang berada ditengah hutan di Desa Marancar Godang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan ini dibutuhkan sedikit perjuangan yang lebih keras.

Para pengunjung diharuskan melakukan trekking kurang lebih 2 km untuk mencapai lokasi air terjun ini. Namun, semua perjuangan tersebut akan langsung dibayar dengan keindahan air terjun yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

#15. Alaman Bolak Padang Nadimpu

Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Alaman Bolak Padang Nadimpu
Tempat wisata di Padang Sidempuan yang juga menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Alaman Bolak Padang Nadimpu. Alaman Bolak Padang Nadimpu adalah sebuah alun-alun kota yang berada di tengah Kota Padang Sidempuan.

Alaman Bolak Padang Nadimpu yang berada di Keluran Wek II, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan ini adalah salah satu tempat nongkrong bagi anak muda di Padang Sidempuan.

Hampir setiap harinya, Alaman Bolak Padang Nadimpu ini tidak pernah sepi pengunjungi. Dan lebih menariknya lagi, alun-alun kota seluas sekitar 1.200 meter persegi ini bisa kamu kunjungi secara gratis.

#16. Barumun Sanctuary Wild life

Tempat wisata di Padang Sidempuan yang menarik dikunjungi wisatawan yang terakhir yaitu Barumun Sanctuary Wild life. Barumun Sanctuary Wild life adalah sebuah tempat bagi hewan-hewan langka di Sumatera seperti Gajah, Harimau, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, Barumun Sanctuary Wild life juga merupakan sebuah tempat wisata alam yang memiliki beberapa objek wisata alam menarik seperti air terjun, sungai, perkebunan, dan lain sebagainya.

Jika kamu penasaran seperti apa Barumun Sanctuary Wild life ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatra Utara.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara yang bagus dikunjungi wisatawan. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) Yang Menarik Dikunjungi!!.