Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25+ Tempat Wisata di Tomohon Yang Paling Populer Dikunjungi!!

Tempat wisata di Tomohon berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia. Seperti diketahui, Tomohon adalah sebuah kota di Sulawesi Utara yang terkenal dengan objek wisata pasar tradisionalnya.

Disamping itu, Kota Tomohon juga mengalami perkembangan yang cukup pesat di dunia pariwisata. Dimana, ada beberapa tempat wisatanya, yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Sulawesi Utara.

Bukan hanya itu saja, tempat wisata di Kota Tomohon juga sangat beragam, mulai dari tempat wisata alam seperti danau dan air terjun, hingga tempat wisata kekinian. Lantas, dimana saja tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Tomohon Yang Paling Populer Dikunjungi

#1. Danau Linow

Tempat Wisata di Tomohon
Danau Linow
Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi yang pertama yaitu Danau Linow, yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Manado, atau lebih tepatnya berada di Desa Lahendong, Tomohon Selatan, Tomohon.

Danau Linow adalah sebuah danau vulkanik, yang warna airnya bisa berubah-ubah, yaitu biru, hijau, dan kuning agak kecokelat-cokelatan. Perubahan warna air tersebut disebabkan oleh banyaknya kandungan belerang di danau tersebut.

Perlu diingat, Kota Tomohon memiliki udara sejuk dengan temperatur antara 18 - 20, derajat celsius dan Danau Linow berada di sebuah dataran tinggi, sehingga udaranya sangat dingin, bahkan bisa menusuk hingga ketulang-tulang.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Bitung (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Bukit Doa

Tempat Wisata di Tomohon
Bukit Doa
Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Doa, yang berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Manado, atau lebih tepatnya berada di Desa Kakaskasen Tiga, Tomohon Utara, Tomohon.

Bukit Doa adalah sebuah tempat wisata alam bernuansa religi umat kristiani, karena di tempat wisata ini terdapat sebuah kapel unik bernama Chapel of Mother Mary, sering digunakan sebagai tempat pemberkatan nikah.

Selain itu, tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai lokasi outbond, dan gathering, dengan pemandangan Kota Tomohon, dan Gunung Lokon, yaitu salah satu gunung api aktif di Sulawesi Utara.

#3. Kawah Gunung Mahawu

Tempat Wisata di Tomohon
Kawah Gunung Mahawu
Untuk melihat kawah Gunung Mahawu ini tentunya harus mendaki Gunung Mahawu, yaitu sekitar 10 menitan. Pendakiannya pun sangat mudah dilakukan, karena sudah tersedia anak tangga yang sudah disemen secara bertrap-trap.

Selain bisa melihat keindahan kawah Gunung Mahawu, dari sini juga bisa melihat Gunung Lokon, Gunung Manado Tua, Gunung Klabat, Pulau Bunaken, Kota Manado, Kota Tondano, dan Kota Tomohon.

Selain itu, di puncak gunung ini juga sudah tersedia dua gardu pemandangan. Makanya tidak heran, jika berada di puncak gunung ini, kebanyakan wisatawan merasa sudah menaklukan sebagai wilayah Sulawesi Utara.

#4. Puncak Temboan

Tempat Wisata di Tomohon
Puncak Temboan
Puncak Temboan adalah salah satu tempat wisata alam di Kota Tomohon, yang memungkinkanmu bisa menikmati tiga sudut pemandangan alam sekaligus, yaitu pemandangan laut, danau, dan pegunungan.

Dari Puncak Temboan ini, para pengunjung bisa melihat megahnya Gunung Klabat, yaitu gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Disisi lainnya, pengunjung juga bisa melihat indahnya Danau Tondano, yaitu danau terbesar di Sulawesi Utara.

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa melihat cantiknya laut Kota Bitung dari kejauhan. Jika penasaran dengan Puncak Temboan ini? Kamu bisa mengunjungi di Desa Rurukan Satu, Tomohon Timur, Tomohon.

#5. Pasar Ekstrem

Kalau tempat wisata yang satu ini sudah populer sejak lama di Tomohon, yaitu Pasar Ekstrem. Pasar Ekstrem adalah sebuah pasar unik, yang banyak menjual daging hewan seperti anjing, tikus, kucing, dan hewan lainnya.

Hewan-hewan yang dijual biasanya sudah dalam keadaan mati, dan sudah dipanggang. Namun, ada juga beberapa penjual yang tidak memanggang daging hewan dagangannya seperti ular, kucing, dan lainnya.

Nah, keunikan yang tidak biasa inilah yang membuat pasar ini populer dikalangan wisatawan. Jika penasaran dengan pasar unik ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Paslaten, Tomohon Timur, Tomohon.

#6. Air Terjun Tumimperas

Tempat Wisata di Tomohon
Air Terjun Tumimperas
Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Tumimperas, yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Manado, atau lebih tepatnya berada di Desa Pinaras, Tomohon Selatan, Tomohon.

Untuk bisa sampai ke kawasan air terjun setinggi 70 meter ini, para pengunjung diharuskan menuruni anak tangga sepanjang kurang lebih 100 meter dari ujung Desa Pinaras. Air Terjun Tumimperas ini sangat cantik, karena dikelilingi pemandangan alam yang menggagumkan.

#7. Puncak Rurukan

Kawasan Rurukan di Tomohon itu memang terkenal memiliki beragam tempat wisata, salah satunya adalah Puncak Rurukan, yang berada di kaki Gunung Mahawu, atau lebih tepatnya berada di Desa Rurukan Satu, Tomohon Timur,Tomohon.

Dari Puncak Rurukan ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan ala negeri diatas awan. Selain itu, para pengunjung bisa menikmati pemandangan bunga-bunga cantik dengan latarbelakang pegunungan.

#8. Pagoda Ekayana

Tempat Wisata di Tomohon
Pagoda Ekayana
Pagoda Ekayana adalah sebuah tempat ibadah umat budha di Tomohon, yang dibangun dengan gaya arsitektur khas China. Pagoda Ekayana ini juga merupakan salah satu ikon pariwisata Kota Tomohon.

Di pagoda ini, para pengunjung bisa melihat keselarasan antara alam dan lingkungan dengan baik. Nah, jika kamu penasaran? Kamu bisa mengunjungi pagoda 9 lantai ini di Jalan Sungen, Desa Kakaskasen Dua, Tomohon Utara, Tomohon.

#9. Hutan Wisata Lahendong

Hutan Wisata Lahendong adalah sebuah tempat wisata berupa hutan pinus, dan sumber pemandian air panas alami. Pemandian air panas alami tersebut cocok dijadikan sebagai tempat berendam untuk mengusir penat.

Hutan Wisata Lahendong ini bisa dikunjungi di Jalan Lahendong, Desa Lahendong, Tomohon Selatan, Tomohon. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 09:00 hingga pukul 18:00.

#10. Gereja Sion Tomohon

Gereja Sion Tomohon adalah salah satu bangunan peninggalan bangsa Belanda di Indonesia. Bangunan tua dengan arsitektur bergaya eropa ini cukup banyak menarik minat wisatawan berkunjung kesana.

Walaupun tergolong sebagai salah satu bangunan tua di Tomohon, namun hingga sekarang ini, bangunan gereja ini masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat kristiani di Kota Tomohon dan sekitarnya.

Gereja ini berdiri kokoh di pusat Kota Tomohon, atau berada di belakang rumah sakit Bethesda Tomohon, atau lebih tepatnya lagi berada di Jalan Raya Manado Tomohon, Paslaten Satu, Tomohon Timur, Tomohon.

#11. Waruga

Tempat Wisata di Tomohon
Waruga
Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Waruga. Waruga adalah sebuah tempat wisata sejarah berupa kuburan batu kuno masyarakat Minahasa.

Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Manado, atau lebih tepatnya berada di Desa Sawangan. Di lokasi ini, terdapat sekitar 144 kuburan batu kuno berbentuk persegi dengan ditutupi oleh penutup berbentuk cungkup.

#12. Bukit Valentine

Tempat Wisata di Tomohon
Bukit Valentine
Bukit Valentine adalah salah satu tempat wisata baru yang kekinian di Kota Tomohon. Lokasinya berada di antara Desa Woloan, Tomohon Barat, dengan Desa Kayawu, Tomohon Utara, Kota Tomohon.

Dari puncak Bukit Valentine ini, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan persawahan, dan rumah-rumah penduduk dengan latarbelakang Gunung Lokon, Gunung Tatawiran, dan Gunung Empung.

Selain itu, di tempat wisata ini juga tersedia beberapa spot foto dengan latarbelakang yang sudah diatur sedemikian rupa.

#13. Air Terjun Tapahan Telu Tinoor

Selain Air Terjun Tumimperas, ada satu tempat wisata di Tomohon berupa air terjun, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Tapahan Telu Tinoor di Desa Tinoor, Tomohon Utara, Tomohon.

Air terjun ini cukup unik, karena terdiri dari 3 pancuran air terjun di tempat yang sama dengan ketinggian sekitar 50 meter. Selain itu, lokasinya juga berada di hutan lindung, sehingga suasananya sangat asri dan sejuk.

#14. Jendela Dunia

Tempat Wisata di Tomohon
Jendela Dunia
Tempat wisata Jendela Dunia yang berada di Jalan Pintas Tara Tara Woloan Tiga, Desa Tarataram, Tomohon Barat, Tomohon ini adalah salah satu tempat wisata baru kekinian yang ada di Kota Tomohon.

Di tempat wisata Jendela Dunia ini tersedia beberapa spot foto dengan latarbelakang replika mini bangunan-bangunan terkenal di dunia, seperti Menara Eiffel, Kincir Angin khas Belanda, dan masih banyak lagi lainnya.

#15. Alfa Omega Tower

Sebenarnya, Alfa Omega Tower adalah salah satu bangunan baru di Kota Tomohon. Namun, antusias masyarakat Kota Tomohon cukup besar terhadap tower atau menara yang berada di Paslaten Satu, Tomohon Timur, Tomohon ini.

Hal ini tidak lepas dari bentuk bangunannya yang cukup ikonik, lokasinya juga sangat strategis, dan suasana di sekitarnya juga cukup ramai, sehingga banyak orang menjadikan sebagai lokasi spot foto dengan latarbelakang Alfa Omega Tower.

#16. Puncak Kai'santi

Tempat Wisata di Tomohon
Puncak Kai'santi
Puncak Kai'santi adalah salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata baru kekinian di Kota Tomohon. Dari tempat wisata ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sawah hijau dengan latarbelakang sebuah gunung.

Selain itu, tersedia juga beberapa spot foto berupa gardu pemandangan, ayunan, dan beberapa fasilitas menarik lainnya. Untuk lokasinya, tempat wisata ini berada di Woloan Dua, Tomohon Barat, Tomohon.

#17. Amphitheater Woloan

Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Amphitheater Woloan. Tempat wisata yang satu ini bisa dikunjungi di Desa Woloan Satu Utara, Tomohon Barat, Tomohon.

Memang tidak banyak spot foto yang ada di tempat wisata ini, namun panorama alam yang sangat alami di sekitar Amphitheater Woloan ini, membuatnya cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

#18. Gunung Lokon

Dilihat dari sudut manapun di Kota Tomohon, Gunung Lokon ini selalu menyuguhkan pemandangan yang menawan. Itulah kenapa banyak spot foto di Tomohon, mengandalkan Gunung Lokon sebagai latarbelakangnya.

Keindahan Gunung Lokon inilah yang membuat banyak pencinta alam, khususnya para pencinta alam yang gemar mendaki gunung, ingin mendaki Gunung Lokon, yang masih merupakan gunung api aktif ini.

#19. Taman Kota Tomohon

Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Taman Kota Tomohon, yang difungsikan sebagai gedung olahraga, museum, tempat kesenian, dan acara kebudayaan.

Namun, nama " taman " tersebut dianggap kurang tepat oleh masyarakat di sekitarnya, karena tidak ada taman yang mencolok di tempat wisata ini. Hanya ada sebuah gedung yang besar, dan lahan yang luas.

Walaupun begitu, tempat wisata yang berada di Desa Paslaten Satu, Tomohon Timur, Tomohon ini selalu menjadi salah satu tempat nongkrong favorit, dan untuk bersantai bagi masyarakat Kota Tomohon.

#20. Gardenia Country

Tempat Wisata di Tomohon
Gardenia Country
Kalau kamu sangat menyukai tanaman dan bunga, maka kamu wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Karena, Gardenia Country menawarkan keindahan taman bunga sebagai salah satu daya tarik utamanya.

Tersedia juga restoran yang siap menyambut para pengunjung yang sudah kelelahan mengeliling taman bunga di Gardenia Country. Selain itu, dari tempat wisata ini juga bisa melihat keindahan Gunung Lokon dari kejauhan

Jika kamu penasaran dengan Gardenia Country ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Kawiley, Kakaskasen Dua, Tomohon Utara, Tomohon.

#21. Gunung Empung

Tempat Wisata di Tomohon
Gunung Empung
Selain Gunung Lokon, ada satu lagi gunung yang juga sering dijadikan sebagai lokasi pendakian oleh pencinta alam di Tomohon, khususnya para pencinta alam, yang gemar mendaki gunung, yaitu Gunung Empung.

Lokasinya pun tidak jauh dari Gunung Lokon, bahkan gunung ini sering disebut sebagai kembaran Gunung Lokon. Soal keindahanya, tidak kalah jauh dengan Gunung Lokon, maupun Gunung Gunung Mahawu.

#22. Sparta Stable

Kawasan Rurukan di Tomohon itu memang dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata, dan kebanyakan tempat wisatanya adalah sebuah spot atau tempat dengan pemandangan alam di sekitarnya.

Nah, salah satu tempat wisata berupa spot atau tempat dengan pemandangan alam di kawasan Rurukan adalah Sparta Stable. Dari tempat ini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Danau Tondano.

#23. Bukit Tintingon Kumelembuai

Tempat Wisata di Tomohon
Bukit Tintingon Kumelembuai
Tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi yang terakhir yaitu Bukit Tintingon Kumelembuai. Tempat wisata yang satu ini juga masih berada di Desa Rurukan Satu, Tomohon Timur, Tomohon.

Bukit Tintingon Kumelembuai ini sangat direkomendasikan dikunjungi buat kalian yang ingin melihat indahnya pemandangan sunrise (matahari terbit) maupun sunset (matahari terbenam) di Tomohon.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Tomohon yang paling populer dikunjungi. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke Kota Tomohon? Namun sebelum itu, baca dulu 10+ Tempat Wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!.