Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11+ Makanan Khas Sunda Dari Singkong Yang Terkenal Lezat!!

Beberapa makanan khas Sunda dari singkong berikut ini sangat terkenal dengan kelezatan dan kegurihannya. Seperti diketahui, Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia, yang mayoritas wilayahnya banyak ditinggali oleh Suku Sunda.

Selain itu, Jawa Barat juga cukup dikenal dengan keberagaman kulinernya. Dan salah satu bahan dasar yang banyak diolah menjadi makanan khas Suku Sunda adalah singkong, atau dikenal juga dengan nama " Ketela Pohon ".

Ada banyak sekali olahan makanan khas sunda berbahan dasar singkong yang terkenal dengan kelezatannya. Lantas, apa saja makanan khas Sunda dari singkong yang terkenal lezat tersebut? Berikut ulasannya.

11+ Makanan Khas Sunda Dari Singkong Yang Lezat

#1. Peuyeum

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Peuyeum
Makanan khas sunda dari singkong yang terkenal lezat pertama yaitu Peuyeum. Peuyeum merupakan singkong yang di fermentasi alias tape. Ada dua jenis tape singkong khas sunda, yakni tape singkong basah, dan tape singkong kering.

Namun, tape singkong kering lebih disukai dari pada tape singkong basah. Biasanya, tape singkong kering ini sering diletakan dengan cara digantung, makanya tape ini sering disebut juga dengan nama " Tape Gantung ".

BACA JUGA: 8+ Makanan Khas Bumiayu (Brebes) Yang Menarik Dicicipi!!

#2. Combro

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Combro
Makanan khas sunda dari singkong atau ketela pohon yang juga terkenal lezat berikutnya Combro. Nama " Combro " sendiri berasal dari singkatan dari " oncom dijero " yang bermakna " oncom di dalam ".

Sesuai dengan namanya, Combro adalah salah satu jenis cemilan khas sunda yang terbuat dari singkong, dan dibagian dalamnya terdapat isian oncom. Cemilan ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat.

#3. Colenak

Kalau makanan khas sunda yang satu ini sebenarnya kurang lebih sama dengan Peuyeum, hanya saja dimodifikasi menjadi penganan baru dengan nama Colenak yang merupakan singkatan dari " dicocok enak ".

Colenak merupakan singkong yang difermentasi, kemudian ditambah gula merah, dan ditaburi parutan kelapa dibagian atasnya. Makanan ini dikenalkan pertamakali pada tahun 1930-an oleh Aki Murdi.

#4. Putri Noong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Putri Noong
Kalau makanan khas sunda yang satu ini dibuat dari bahan dasar singkong, dan buah pisang. Dimana dalam penyajiannya, kue khas sunda ini disajikan dengan parutan kelapa dengan warna yang menarik.

Dalam proses pembuatannya, pisang diletakan dibagian tengah dengan dibalut singkong yang sudah diparut dan diberi perwarna. Itulah mengapa kue ini diberi nama " Putri Noong " yang berarti " putri yang mengintip ".

#5. Singkong Keju

Singkong atau ketela pohon adalah salah satu bahan makanan khas asli Indonesia yang bisa dikombinasikan dengan beberapa makanan khas eropa seperti keju. Salah satu contohnya adalah Singkong Keju.

Sesuai dengan namanya, Singkong Keju adalah sebuah penganan dari singkong yang dimasak dengan cara dikukus, kemudian ditaburi keju di atasnya, atau bisa juga ditaburi dengan cokelat, susu kental, dan lain sebagainya.

#6. Misro

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Misro
Kalau makanan khas sunda yang satu ini kurang lebih sama dengan Combro, yang membedakan hanyalah isian di dalamnya. Kalau Combro diisi dengan oncom, sedangkan Misro diisi dengan gula merah.

Nama " Misro " sendiri merupakan singkatan dari " amis dijero " yang berarti " manis didalam ". Dalam perkembangan, sekarang Misro mempunyai banyak varian isian seperti keju, cokelat, strowberry, dan lain sebagainya.

#7. Ongol-Ongol Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Ongol-Ongol Singkong
Perlu diketahui, Ongol-Ongol sebenarnya merupakan salah satu makanan ringan tradisional khas sunda di Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu, gula merah, kelapa, daun pandan, dan garam.

Namun dalam perkembangannya, tepung sagu dalam pembuat Ongol-Ongol tersebut bisa diganti dengan tepung singkong atau parutan singkong, sehingga menjadi " Ongol-Ongol Singkong " khas sunda.

#8. Cake Singkong

Makanan khas sunda dari singkong yang juga terkenal dengan kelezatan selanjutnya yaitu Cake Singkong. Cake Singkong adalah salah satu inovasi baru dari makanan khas sunda berbahan dasar singkong.

Cake Singkong adalah kue yang dibuat dari bahan dasar tepung singkong, atau parutan singkong, yang dicampur dengan tepung roti, kemudian diolah layaknya seperti membuat kue cake pada umumnya.

#9. Keripik Setan

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Keripik Setan
Keripik Setan adalah salah satu cemilan khas sunda di Jawa Barat yang terbuat dari singkong. Cemilan ini cukup populer dikalangan wisatawan, baik untuk dikomsumsi langsung maupun untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

Sebenarnya, Keripik Setan ini kurang lebih sama dengan keripik singkong pada umumnya yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, yang membedakan hanyalah bumbu cabainya yang super pedas.

#10. Singkong Goreng

Makanan Khas Sunda Dari Singkong
Singkong Goreng
Kalau makanan yang satu ini banyak juga ditemukan di daerah lainnya di Indonesia. Biasanya, Singkong Goreng ini banyak dijual bersama dengan gorengan lainnya di warung-warung kecil di pinggir jalan.

Dengan harganya yang murah meriah, membuat jajanan yang satu ini cukup digemari banyak orang. Singkong Goreng ini lebih nikmati dinikmati ketika masih hangat, dan cocok disantap ketika musim hujan.

#11. Balok Menes

Makanan khas sunda dari singkong yang terakhir yaitu Balok Menes. Walaupun namanya " Balok Menes " namun bukan berarti makanan ini dibuat dari balok kayu, melainkan terbuat dari singkong yang dicampur dengan ampas kelapa, kemudian dibentuk seperti balok.

Dalam perkembangannya, ada dua jenis Balok Menes, yakni Balok Menes, dan Balok Cioda. Makanan berbahan dasar dari singkong yang satu ini banyak ditemukan di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Akhir Kata

Nah, buat kalian yang sedang berwisata ke Jawa Barat, jangan lupa mencicipi beberapa makanan khas sunda dari singkong yang terkenal lezat ini. Baca juga 10+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!.