Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Tempat Wisata di Berastagi (Sumatera Utara) Yang Lagi Hits!!

Beberapa tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) berikut ini lagi hits dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Seperti diketahui, Berastagi adalah salah satu kota di Sumatera Utara, yang dikenal dengan udaranya yang berhawa sejuk.

Selain itu, Kota Berastagi juga tidak begitu jauh dari Kota Medan, yaitu hanya sekitar 60 km saja, sehingga beberapa tempat wisata di kota yang berjuluk " Kota Markisa dan Jeruk Manis " ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Lantas, apa saja tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Berastagi (Sumatera Utara) Yang Lagi Hits!!

#1. Bukit Kubu

Tempat Wisata di Berastagi
Bukit Kubu
Tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi yang pertama yaitu Bukit Kubu. Sebenarnya, Bukit Kubu ini masuk ke dalam kawasan Hotel Bukit Kubu di Jalan Letjen jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Kabupaten Karo.

Namun, para wisatawan tetap bisa mengunjungi tempat wisata ini tanpa harus menginap di hotelnya, cukup membayar tiket masuk saja. Bukit Kubu ini dikenal memiliki pemandangan alam terbuka, sehingga cocok dijadikan tempat piknik keluarga.

Selain bersantai sambil menikmati pemandangan alam terbuka, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti naik delman, bermain layang-layangan, bermain mobil remote control, dan lainnya.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Bukit Gundaling

Tempat Wisata di Berastagi
Bukit Gundaling
Tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Bukit Gundaling. Bukit Gundaling adalah salah satu tempat wisata terbaik untuk menikmati keindahan Kota Berastagi dengan latarbelakang Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, tempat wisata yang lokasinya berada di Jalan Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo ini juga terkenal dengan suasananya yang adem dan sejuk.

Bukan hanya itu saja, di Bukit Gundaling ini juga banyak sekali terdapat spot foto cantik dengan latarbelakang pemandangan alam yang indah seperti Gunung Sibayak, Gunung Sinabung, dan lain sebagainya.

#3. Air Terjun Sikulikap

Tempat Wisata di Berastagi
Air Terjun Sikulikap
Lokasi Air Terjun Sikulikap ini berada di tengah-tengah sebuah hutan tropis yang rindang, tepat dibawah tempat wisata Penatapan Berastagi, atau lebih tepatnya terletak di Desa Doulu, Berastagi, Kabupaten Karo.

Karena berada di tengah hutan tropis, sehingga panorama yang disuguhkan sangat alami. Selain itu, dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 30 meter, para pengunjung juga pasti kagum dengan air terjun ini.

#4. Taman Alam Lumbini

Tempat Wisata di Berastagi
Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini adalah sebuah candi budha yang secara resmi dibuka pada tahun 2010 silam. Candi budha ini berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Salah satu keunikan dari tempat wisata ini yaitu terdapat sebuah pagoda dengan warna emas mencolok, sehingga pagoda berwarna emas ini banyak menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung.

Pagoda berwarna emas tersebut merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang dijuluki " Pagoda Emas Yangon " di Myanmar. Selain itu, dibelakang pagoda tersebut juga terdapat taman indah yang tertata rapi.

#5. Penatapan Berastagi

Sebenarnya, tempat wisata yang satu ini biasa-biasa saja, namun ada hal lain yang membuat tempat wisata ini menjadi luar biasa, yaitu para pengunjung bisa menyantap kuliner sambil menikmati pemandangan perbukitan hijau.

Bukan hanya itu saja, dari tempat wisata yang berada di Jalan Jamin Ginting km 55, Desa Doulu, Berastagi, Kabupaten Karo ini juga bisa melihat secara langsung Air Terjun Sikulikap yang berada di bawahnya.

#6. Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk

Tempat Wisata di Berastagi
Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk
Tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk. Pemandian air panas ini terletak di kaki Gunung Sibanyak atau lebih tepatnya di Desa Daulu, Berastagi, Kabupaten Karo.

Selain bisa menyegarkan badan, pemandian air panas ini juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, karena air di pemandian air panas ini bersumber langsung dari Gunung Sibanyak yang banyak mengandung belerang.

#7. Museum Pusaka Karo

Pergi berwisata ke museum itu sangat bagus dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang benda-benda bersejarah seperti benda-benda peninggalan nenek moyang daerah tersebut.

Misalnya, Museum Pusaka Karo di Jalan Perwira, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo, yang banyak memamerkan berbagai perhiasan, pusaka, pekakas, kain khas tradisional, dan beberapa benda bersejarah lainnya dari Suku Karo.

#8. Danau Lau Kawar

Tempat Wisata di Berastagi
Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar yang terletak tepat di kaki Gunung Sinabung, atau lebih tepatnya berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo ini menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah, para pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru lainnya di danau ini mulai memancing, berenang, hingga bermain air, dan lain sebagainya.

#9. Taman Seribu Bunga

Walaupn Taman Seribu Bunga adalah salah satu tempat wisata baru di Berastagi, namun beberapa waktu terakhir, tempat wisata ini banyak dibicarakan oleh para penguna media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lainnya.

Hal ini dikarenakan, tempat wisata yang berada di Desa Barusjahe, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo ini banyak menawarkan spot foto yang instagramable dengan latarbelakang kebun bunga berwarna-warni.

#10. Desa Peceren

Desa Peceren atau dikenal juga dengan nama " Desa Sempajaya " adalah sebuah desa budaya di Berastagi, yang masih memegang teguh budaya dan tradisi suku karo. Secara keseluruhan, desa ini dihuni sekitar 700 kepala keluarga.

Para wisatawan akan disuguhkan dengan beberapa objek wisata sejarah dan budaya di desa budaya ini, mulai dari beberapa rumah adat suku karo hingga kehidupan tradisional suku karo, dan lain sebagainya.

#11. Kebun Raya Tongkoh

Tempat Wisata di Berastagi
Kebun Raya Tongkoh
Tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Kebun Raya Tongkoh. Para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman memetik beberapa jenis buah secara langsung di tempat wisata ini.

Secara keseluruhan, ada tiga jenis komoditas buah unggulan yang bisa dipetik secara langsung di Kebun Raya Tongkoh ini, diantaranya adalah buah jeruk madu, buah markisa, dan buah strowberry.

Jika kamu penasaran dengan Kebun Raya Tongkoh ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Tongkoh, Berastagi. Tempat wisata ini buka setiap hari (kecuali hari libur keagamaan seperti hari natal), dari pagi hingga sore hari.

#12. Air Terjun Dua Warna

Tempat Wisata di Berastagi
Air Terjun Dua Warna
Sebenarnya, tempat wisata yang satu ini tidak berada persis di Berastagi, Kabupaten Karo, melainkan di kawasan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Namun, karena lokasinya cukup dekat dengan Berastagi, sehingga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Sesuai dengan namanya, keunikan dari air terjun ini yaitu mempunyai aliran air yang berwarna biru dan hijau. Selain itu, air di air terjun ini juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, karena banyak mengandung belerang.

#13. Funland Mickey Holiday

Tempat Wisata di Berastagi
Funland Mickey Holiday
Tidak hanya tempat wisata alam dan tempat wisata edukasi saja, Berastagi juga mempunyai tempat wisata berupa taman bermain yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Funland Mickey Holiday.

Funland Mickey Holiday mempunyai sekitar 40 wahana yang bisa dipilih sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, pemandangan alam di sekitarnya juga tidak kalah menarik untuk dijadikan background foto.

#14. Rumah Pengasingan Bung Karno

Tempat Wisata di Berastagi
Rumah Pengasingan Bung Karno
Selama masa hidupnya, presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Sukarno pernah dua kali diasingkan di Pulau Sumatera, yaitu di Parapat, Kabupaten Simalungun, dan Berastagi, Kabupaten Karo.

Nah, bekas rumah pengasingan Ir.Sukarno di Jalan Sempurna 56 Lau Gumba, Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo ini cukup menarik dikunjungi, khususnya buat kamu yang suka mengunjungi tempat wisata bersejarah.

#15. Pasar Buah Berastagi

Tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi yang terakhir yaitu Pasar Buah Berastagi. Sesuai dengan namanya, pasar ini cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin mencari buah-buahan segar di Berastagi.

Ada banyak pilihan buah-buahan segar di jual di pasar buah ini, mulai dari buah markisa, jeruk, apel, mangga, manggis, strowberry, dan lain sebagainya. Selain itu, buah-buahan yang dijual di pasar ini adalah buah-buahan segar yang baru dipetik dari pohonnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Berastagi (Sumatera Utara) yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Bagaimana, sudah tertarik berkunjung ke Berastagi? Baca juga 11+ Tempat Wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) Yang Menarik Dikunjungi!!.