Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12+ Tempat Wisata di Pelaihari (Tanah Laut) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut - Kalimantan Selatan) berikut ini sangat menarik dikunjungi oleh wisatawan. Perlu diketahui, Pelaihari adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Tanah Laut di Kalimantan Selatan.

Nama Kota Pelaihari mungkin masih kurang familiar bagi sebagian wisatawan di Indonesia. Namun, kota yang terletak di pinggiran Sungai Tabaneo ini memiliki segudang tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Objek wisata di Pelaihari ini kebanyakan di dominasi oleh tempat wisata alam berupa pantai dan air terjun. Lantas, apa saja tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

12+ Tempat Wisata di Pelaihari (Tanah Laut) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Pantai Takisung

Tempat Wisata di Pelaihari
Pantai Takisung
Tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pantai Takisung. Pantai Takisung ini dikenal memiliki pemandangan pantai yang begitu mengagumkan bagi yang melihat langsung.

Selain itu, pantai yang berada di Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut ini memiliki ombak yang cenderung lebih tenang, sehingga menciptakan suasana pantai yang lebih menenangkan.

Bukan hanya itu saja, pihak pemerintah setempat pun ikut mendukung dalam pengembangan tempat wisata ini dengan mendirikan beberapa fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim)

#2. Pantai Batakan

Tempat Wisata di Pelaihari
Pantai Batakan
Tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Batakan. Pantai Batakan ini menyuguhkan pesona pantai yang masih asri dengan pemandangan hutan pinus dan cemara di sekitarnya.

Hampir kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke pantai yang lokasinya berada di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut ini adalah untuk menikmati matahari terbenam atau sunset.

Selain itu, di sekitar pantai juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan para wisatawan, mulai dari masjid, toilet, rumah makan, area parkir, hingga penginapan, dan lain sebagainya.

#3. Air Terjun Hamindrai

Bukan hanya pantai, di Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut juga banyak terdapat tempat wisata berupa air terjun. Salah satu air terjun yang sangat populer di sekitar Kota Pelaihari adalah Air Terjun Hamindrai.

Air terjun setinggi 22 meter ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat eksotis di tengah-tengah hutan yang masih alami. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat berbagai jenis burung dan bunga anggrek khas hutan Kalimantan.

Bukan hanya itu saja, para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya di tempat wisata ini, seperti trekking, climbing, dan hiking. Jika kamu penasaran dengan Air Terjun Hamindrai ini? Kamu bisa mengunjungi di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut.

#4. Bukit Rimpi

Tempat Wisata di Pelaihari
Bukit Rimpi
Di sekitar kawasan Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut juga terdapat sejumlah bukit yang indah, salah satu di antaranya adalah Bukit Rimpi yang terkenal dengan julukan sebagai " Bukit Teletubbies ".

Bukit indah yang berada di Desa Tampang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut ini menyuguhkan pemandangan perbukitan-perbukitan yang ditutupi dengan rumput hijau yang mempesona.

Selain itu, di Bukit Rimpi ini juga terdapat beberapa spot yang sangat instagramable. Sehingga tidak mengherankan, jika tempat wisata yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan, khususnya dari wisatawan muda yang gemar berfoto selfie.

#5. Bukit Sanghyang

Bukit yang berada di Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut ini juga tidak kalah indah jika dibandingkan dengan Bukit Rimpi yang terkenal dengan julukan sebagai " Bukit Teletubbies " tersebut.

Bukan hanya bisa melihat pemandangan indah perbukitan yang hijau saja, dari puncak Bukit Sanghyang ini, para pengunjung juga bisa melihat pemandangan indah pesisir Pantai Takisung dari kejauhan.

#6. Kerbau Rawa

Tempat Wisata di Pelaihari
Kerbau Rawa
Tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut) yang juga cukup menarik dikunjungi berikutnya yaitu Kerbau Rawa. Sesuai dengan namanya, Kerbau Rawa adalah sebuah rawa di pinggir sungai dengan segerombolan kerbau.

Tempat wisata yang satu ini memang tergolong unik sekali, dengan segerombolan kerbau dan sebuah rawa yang luas sebagai objek wisatanya, sehingga banyak menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Tempat wisata Kerbau Rawa ini berjarak kurang lebih 26 km dari pusat Kota Pelaihari, atau lebih tepatnya berada di Desa Benua Raya, Kecamatan Bati Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

#7. Bukit Lebak Naga

Tempat Wisata di Pelaihari
Bukit Lebak Naga
Selain Bukit Rimpi, dan Bukit Sanghyang, ada satu lagi tempat wisata berupa bukit indah dengan pemandangan alam yang hijau dan mempesona disekitar kawasan Kota Pelaihari, yaitu Bukit Lebak Naga.

Bukit yang berada diantara Desa Kandangan Lama, dan Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut ini menyuguhkan pemandangan perbukitan dengan padang rumput yang hijau.

#8. Air Terjun Bajuin

Kalau air terjun ini berjarak kurang lebih 10 km dari pusat Kota Pelaihari, dan 75 km dari pusat Kota Banjarmasin atau lebih tepatnya berada di Desa Damar Lima, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut.

Keunikan dari air terjun yang berada tepat di lereng Gunung Meratus ini selain menyajikan keindahan alam yang mengagumkan, yaitu mempunyai empat air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

#9. Pantai Swarangan

Tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Pantai Swarangan. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai yang berada di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut ini.

Mulai dari menunggu matahari terbit (Sunrise), berenang, memancing, berjemur, hingga berselancar, dan lain sebagainyanya. Dan salah satu spot favorit di pantai ini adalah sebuah ayunan di pohon besar yang terdapat disekitar pantai.

#10. Gunung Kayangan

Tempat Wisata di Pelaihari
Gunung Kayangan
Bukan hanya perbukitan yang indah, disekitar Kota Pelaihari juga terdapat sejumlah pegunungan yang juga indah, salah satunya adalah Gunung Kayangan di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Hanya saja, di Gunung Kayangan ini bukan hutan alami yang akan dilihat oleh para pengunjungnya. Melainkan, pemandangan indah perbukitan dengan hamparan perkebunan-perkebunan kelapa sawit yang luas.

#11. Gunung Keramaian

Tempat Wisata di Pelaihari
Gunung Keramaian
Selain Gunung Kayangan, ada satu lagi gunung yang juga cukup menarik didaki di Pelaihari, yaitu Gunung Keramaian. Gunung ini memang tidak terlalu tinggi, namun mempunyai pemandangan alam yang cukup indah.

Berbeda dengan Gunung Kayangan, gunung yang berada di Desa Ujung Batu, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut ini menyuguhkan pemandangan hutan yang masih alami dengan pohon-pohon yang besar.

#12. Pantai Batu Lima

Tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut) yang menarik dikunjungi yaitu terakhir yaitu Pantai Batu Lima. Pantai ini berada di Desa Kuala Tambangan, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut.

Selain menyajikan pemandangan pantai yang cukup indah, di tempat wisata ini juga tersedia beberapa fasilitas pendukung menarik lainnya, seperti Play Ground, Shelter, Cottage, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Pelaihari (Tanah Laut - Kalimantan Selatan) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga 9+ Tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah) Yang Menarik Dikunjungi!!.