Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10+ Tempat Wisata di Balige (Sumatera Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) berikut ini sangat direkomendasikan dikunjungi para wisatawan. Perlu diketahui, Balige adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Kota Balige ini mungkin tidak terlalu populer dikalangan para wisatawan apabila dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Sumatera Utara seperti Kota Medan, Kota Padang Sidempuan, dan lain sebagainya.

Padahal, kota ini memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik dikunjungi. Nah, agar lebih mengenal kota ini, berikut adalah beberapa tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang menarik dikunjungi.

10+ Tempat Wisata di Balige (Sumatera Utara) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Air Terjun Sigura-gura

Tempat Wisata di Balige
Air Terjun Sigura-gura
Tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Sigura-gura. Air Terjun Sigura-gura ini memiliki ketinggian sekitar 250 meter, sehingga menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Bukan hanya tinggi, air terjun yang berada di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir ini juga memiliki pemandangan alam yang masih asri, sejuk, dan hijau berkat pepohonan di sekitarnya.

Selain itu, deretan tebing tinggi, terjal, dan licin yang terukir di sekitarnya juga melengkapi keindahan air terjun. Bukan hanya itu saja, para pengunjung juga bisa menjajal olahraga arum jeram di arusnya.

#2. Pantai Lumban Bul-bul

Tempat Wisata di Balige
Pantai Lumban Bul-bul
Tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Lumban Bul-bul. Pantai Lumban Bul-bul termasuk salah satu tempat wisata murah di Kabupaten Toba Samosir.

Walaupun begitu, fasilitasnya sudah cukup lengkap, seperti speed boat, banana boat, dan lainnya. Selain itu, pantai yang berada di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir ini juga sering diselenggarakan event pariwisata.

#3. Desa Meat

Desa Meat di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir adalah salah satu titik untuk melihat keindahan Danau Toba, yaitu salah satu danau terbesar di Indonesia, yang terletak di tengah Sumatera Utara.

Desa yang terletak tepat di pinggiran Danau Toba ini terkenal dengan pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari pemandangan hamparan pesawahan, hingga pemandangan pantai dan pegunungan.

Selain itu, Desa Meat juga merupakan salah satu surga bagi para pemancing. Hanya saja, untuk menuju ke desa yang indah ini, para pengunjung diharuskan melewati jalan yang berbatu, terjal, dan menukik.

#4. Bukit Tarabunga

Tempat Wisata di Balige
Bukit Tarabunga
Tempat wisata yang satu ini sangat sayang dilewatkan begitu saja jika sedang berkunjung ke Kota Balige. Pasalnya, selain lokasinya cukup dekat, Bukit Tarabunga adalah salah satu spot terindah di Kota Balige.

Kurang lebih sama dengan Desa Meat, Bukit Tarabunga yang berada di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir ini juga menawarkan pemandangan indah Danau Toba

#5. Makam Raja Sisingamangaraja XII

Tempat Wisata di Balige
Makam Raja Sisingamangaraja XII
Makam Raja Sisingamangaraja XII yang lokasinya berada di Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir ini juga cukup populer sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Balige.

Makam yang berbentuk prasasti ini menjelaskan bahwa disinilah makam Raja Sisingamangaraja. Selain itu, terdapat juga makam putri raja Si Boru Lopian dan anaknya, yaitu Patuan Nagari dan Patuan Anggi.

Bukan hanya itu saja, di dalam komplek Pemakaman Raja Sisingamangaraja XII tersebut juga ada sebuah perpustakaan dan museum yang berisi tentang biografi Sisingamangaraja.

#6. Pasar Onan

Tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang juga menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Pasar Onan. Pasar yang berada di Jalan Lintas Tengah Sumatera No.88, Desa Napitupulu Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir ini adalah sebuah pasar tradisional.

Selain bisa melihat langsung kegiatan masyarakat Kota Balige, di pasar tradisional ini juga bisa menikmati bangunan-bangunan unik, yang kabarnya dibangun pada jaman penjajahan kolonial Belanda.

Hingga kini, bangunan-bangunan tersebut masih kokoh berdiri. Ada beberapa bangunan berbentuk rumah adat batak di pasar ini. Dimana, bangunan-bangunan tersebut dihiasi dengan beragam ukiran-ukiran khas suku batak.

#7. Bukit Gibeon

Tempat Wisata di Balige
Bukit Gibeon
Kalau tempat wisata yang satu ini sempat viral beberapa waktu lalu berkat keunikannya. Bukit Gibeon adalah sebuah tempat wisata yang memadukan antara wisata alam dan wisata religi di Balige.

Di bukit yang berada di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir ini terdapat sejumlah tempat peribadahan, rumah doa, dan kolam renang yang airnya bersumber langsung dari air terjun yang jatuh di dalam kolam renang tersebut.

#8. Bukit Pahoda

Selain Bukit Tarabunga, ada satu lagi tempat wisata berupa bukit di Kota Balige, yang juga bisa dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan indah Danau Toba, yaitu Bukit Pahoda.

Bukit yang berada di Desa Lumban Silintong, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir ini sudah terkenal sebagai salah satu tempat kebanggaan warga Kota Balige untuk menikmati pemandangan indah Danau Toba sejak tahun 1970-an.

#9. Air Terjun Situmurun

Tempat Wisata di Balige
Air Terjun Situmurun
Selain Air Terjun Sigura-gura, ada satu lagi tempat wisata berupa air terjun yang juga cukup menarik dikunjungi di Balige, yaitu Air Terjun Situmurun. Keunikan dari air terjun ini, yaitu airnya langsung jatuh ke Danau Toba.

Jika kamu penasaran dengan keindahan Air Terjun Situmurun ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Jonggi Nihuta, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

#10. Taman Eden 100

Tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang juga cukup menarik dikunjungi terakhir yaitu Taman Eden 100. Taman Eden 100 ini cukup populer dikenal sebagai tempat yang teduh, sejuk, dan asri.

Sehingga, taman yang lokasinya berada di Desa Pasar Lumban Julu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat kemping atau berkemah di Balige.

Selain kemping atau berkemah, para pengunjung bisa melakukan beberapa aktivtas seru lainnya di Taman Eden 100 ini, mulai dari agriwisata, mendaki Bukit Senyum, hingga mengunjungi beberapa spot menarik lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Serdang Bedagai Yang Seru Untuk Dikunjungi!!.