Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Boyolali yang lagi hits berikut ini wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Karena, kabupaten yang berada diantara Jogja dan Solo ini memiliki segudang pesona yang tiada bandingannya.

Bukan hanya itu saja, Kabupaten Boyolali juga mempunyai bentang alam yang sungguh indah, sehingga tidak mengherankan apabila banyak terdapat tempat wisata buatan yang menarik dikunjungi.

Tanpa harus berbasi-basi lagi, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dikunjungi yang dirangkum oleh Pikniktoday.com dari berbagai sumber. Mari kita simak ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits Dikunjungi

#1. Tikungan Cinta

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Tikungan Cinta
Rekomendasi tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dikunjungi yang pertama yaitu Tikungan Cinta. Tempat wisata ini menawarkan beberapa spot foto selfie dengan latarbelakang perbukitan yang masih asri.

Bukan hanya itu saja, di tempat wisata yang berada di Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali ini juga terdapat kebun bunga matahari yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

#2. Umbul Tirto Mulyo

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Umbul Tirto Mulyo
Rekomendasi tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dikunjungi berikutnya yaitu Umbul Tirto Mulyo. Umbul Tirto Mulyo adalah sebuah tempat wisata berupa kolam pemandian bernuansa kerajaan atau keraton.

Di kolam pemandian ini juga terdapat beberapa spot yang instagramable. Jika kamu penasaran dengan Umbul Tirto Mulyo ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

#3. Air Terjun Semuncar

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Air Terjun Semuncar
Kabupaten Boyolali juga memiliki beberapa tempat wisata berupa air terjun yang sangat instagramable, dan salah satu air terjun di Boyolali yang paling populer dikalangan wisatawan adalah Air Terjun Semuncar.

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 10 meteran ini berada tepat dibawah kaki Gunung Merbabu, atau lebih tepatnya terletak di sebuah desa bernama Candisari di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

#4. Alun-alun Lor Boyolali

Alun-alun memang merupakan salah satu tempat yang paling wajib dikunjungi di setiap daerah atau kota di Indonesia, tidak terkecuali dengan Kabupaten Boyolali, salah satu contohnya adalah Alun-alun Lor Boyolali.

Di alun-alun yang berada di Jalan Tegalwire, Area Sawah/Kebun, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali ini, para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati jajanan kaki lima khas Boyolali.

Bukan hanya itu saja, di Alun-alun Lor Boyolali juga terdapat beberapa replika landmark terkenal di dunia yang bisa dijadikan sebagai background foto selfie seperti Candi Borobudur, Taj Mahal, dan Sphinx.

#5. Monumen 7 Keajaiban Dunia

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Monumen 7 Keajaiban Dunia
Di Kabupaten Boyolali terdapat beberapa munomen, dan salah satu monumen yang paling menarik dikunjungi adalah Monumen 7 Keajaiban Dunia di Simpang Asrikanto, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kurang lebih sama dengan Alun-alun Lor Boyolali, monumen ini juga menawarkan beberapa replika landmark terkenal di dunia sebagai objek wisatanya seperti Menara Eifel, Menara Pisa, dan lain sebagainya..

#6. Omah Bambu Merapi New Selo

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Omah Bambu Merapi New Selo
Rekomendasi tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Omah Bambu Merapi New Selo. Tempat wisata yang satu ini memang terbilang masih sangat baru di Boyolali.

Namun dikarenakan berbagai foto Omah Bambu Merapi New Selo yang sangat instagramable banyak bertebaran di Sosial Media, sehingga tempat wisata ini menjadi viral di dunia maya, khususnya dikalangan penguna sosial media.

Kurang lebih sama dengan Tikungan Cinta, tempat wisata yang berada di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali ini menawarkan beberapa spot foto dengan latarbelakang pemandangan alam.

#7. Bukit Gancik

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Bukit Gancik
Jika kamu sedang berencana melakukan pendakian ke Gunung Merbabu melewati jalur selo, maka tidak ada salahnya kamu menyempatkan sedikit waktu untuk mampir ke kawasan Bukit Gancik ini.

Pasalnya, di tempat wisata yang masuk ke dalam kawasan Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali ini mempunyai gardu pandang yang menawarkan pemandangan alam yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

#8. Air Terjun Watu Abang

Kalau membicarakan tempat wisata air terjun di Boyolali, mungkin Air Terjun Semuncar yang berada di sebuah desa bernama Candisari di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali adalah yang paling populer dikunjungi oleh wisatawan.

Namun, apabila kamu sedang mencari tempat wisata air terjun alternatif di Boyolali yang tidak kalah indah dibandingkan dengan Air Terjun Semuncar. Maka, salah satu pilihannya adalah Air Terjun Watu Abang.

Jika kamu penasaran seperti apa pesona Air Terjun Watu Abang ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Pantaran, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali.

#9. Watu Gajah

Kalau tempat wisata di Boyolali yang satu ini lebih cocok dikunjungi bagi mereka yang suka dengan petualangan alam. Karena untuk mencapai lokasinya, dibutuhkan sedikit usaha yang lebih keras dari yang lain.

Hal ini dikarenakan lokasi tempat wisata ini berada di lereng Gunung Merapi, sebelum Pasar Bubrah dari jalur selo. Secara administratif, tempat wisata ini berada di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali

#10. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Air Terjun Kedung Kayang
Selain Air Terjun Semuncar, dan Air Terjun Watu Abang, ada satu lagi tempat wisata di Boyolali yang hits berupa air terjun, yaitu Air Terjun Kedung Kayang yang berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Sebenarnya, air terjun setinggi kurang lebih 40 meter ini berada di 2 kabupaten sekaligus, yaitu diantara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

#11. Lembah Gunung Madu

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Lembah Gunung Madu
Lembah Gunung Madu adalah salah satu tempat paling bersejarah di Kabupaten Boyolali. Karena pada jaman dulu, tempat ini sering digunakan sebagai tempat persembunyikan masyarakat di sekitarnya dari penjajah.

Namun kini, Lembah Gunung Madu yang berada di Jalan Raya Simo - Klego km 5, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang menarik dikunjungi.

#12. Taman Alam Surapanta

Tempat wisata yang berada di Desa Pantaran, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali ini juga termasuk salah satu tempat wisata baru di Boyolali yang secara resmi dibuka pada tanggal 26 Januari 2017 lalu.

Walaupun terbilang masih baru, namun tempat wisata yang berupa taman dengan pemandangan aliran air sungai yang bersih ini sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan, khususnya dari wisatawan lokal.

#13. Waduk Kedung Ombo

Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits
Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo ini terletak di perbatasan 3 kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Boyolali. Namun secara administratif, tempat wisata ini berada di Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Selain dimamfaatkan sebagai tempat wisata dengan beberapa fasilitas pendukung seperti bumi perkemahan, tempat memancing, hutan wisata, dan lainnya, waduk Kedung Ombo ini juga difungsikan sebagai irigasi persawahan milik warga di sekitarnya.

#14. Kampung Air Kragilan

Rekomendasi tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dikunjungi yang terakhir yaitu Kampung Air Kragilan. Kampung Air Kragilan adalah sebuah desa wisata yang menawarkan pemandangan alam dengan aliran air dari bukit-bukit di sekitarnya.

Ada beberapa fasilitas pendukung di desa wisata ini, mulai dari waterboom, saung dari bambu untuk bersantai, rumah makan, hingga live musik. Jika kamu penasaran dengan desa wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

Akhir Kata

Nah, itulah rekomendasi beberapa tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan sekarang ini. Baca juga 10+ Tempat Wisata di Gombong (Kebumen) Yang Lagi Hits!!.