Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10+ Tempat Wisata di Takengon (Aceh Tengah) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) berikut ini sangat menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Dataran Tinggi Gayo di Aceh terkenal dengan potensi alamnya yang sangat mengagumkan.

Secara administratif, ada tiga kota yang berada didalam kawasan Dataran Tinggi Gayo ini, salah satunya adalah Kota Takengon yang merupakan ibukota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Jadi tidak heran jika Kota Takengon memiliki beberapa tempat wisata alam yang menarik dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

10+ Tempat Wisata di Takengon (Aceh Tengah) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Puncak Pantan Terong

Tempat Wisata di Takengon
Puncak Pantan Terong
Tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Puncak Pantan Terong. Puncak Pantan Terong adalah sebuah dataran tinggi yang dikelilingi bukit-bukit yang masih asri.

Tempat wisata yang berada di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah ini memang benar-benar memanjakan mata. Pasalnya, dari atas puncak bukitnya, para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Kota Takengon, dan Danau Laut Tawar dari kejauhan.

Lebih menariknya lagi, di Puncak Pantan Terong tersedia juga kedai kopi yang menyediakan kopi asli Gayo. Jadi tidak heran jika tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar.

#2. Danau Laut Tawar

Tempat Wisata di Takengon
Danau Laut Tawar
Tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Danau Laut Tawar. Danau dengan luas sekitar 5.472 hektar ini merupakan salah satu ikon dari Kota Takengon.

Biasanya, disekitar danau terdapat beberapa orang kemping yang rela bermalam demi bisa mengabadikan momen indah di danau ini. Sekilas, tempat wisata ini mirip seperti Danau Toba di Sumatera Utara, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

#3. Bur Telege

Bur Telege adalah salah satu tempat wisata alam kekinian di Kabupaten Aceh Tengah yang dikemas dengan nuansa kekinian. Pasalnya, tempat wisata ini banyak menawarkan spot foto yang instagramable.

Hanya saja, menuju ke tempat wisata ini cukup melelahkan. Sebenarnya, jalan aksesnya sudah beraspal dengan baik, namun dikarenakan lokasinya yang berada diketinggian 1.250 meter diatas permukaan air laut, sehingga harus melewati jalan yang menanjak.

Jika kamu penasaran dengan Bur Telege ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Biasanya, tempat wisata buka setiap hari, dari pukul 06.00 - 22.00 dengan tiket masuk Rp 2.500/orang.

#4. Buntul Rintis

Tempat Wisata di Takengon
Buntul Rintis
Selain Puncak Pantan Terong, ada satu lagi tempat wisata yang bisa wisatawan kunjungi untuk menikmati pemandangan indah Kota Takengon, dan Danau Laut Tawar dari kejauhan, yaitu Buntul Rintis.

Bukan hanya itu saja, tempat wisata yang berada di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah ini merupakan tempat wisata kekinian yang instagramable di Takengon selain Bur Telege.

Pasalnya, di tempat wisata ini banyak terdapat spot foto yang menarik, mulai dari sangkar burung raksasa, ayunan kayu, hammock single, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 - 18:00.

#5. Air Terjun Mengaya

Tempat Wisata di Takengon
Air Terjun Mengaya
Lokasi Air Terjun Mengaya ini berada tidak jauh dari Danau Laut Tawar, atau lebih tepatnya berada di kaki Gunung Burni Kelieten, atau lebih tepatnya lagi berada di Jalan Takengon - Bintang, Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kota Takengon.

Air Terjun Mengaya merupakan salah satu tempat wisata alam yang mudah dijangkau dengan kendaraan di Takengon. Hanya saja, para pengunjung tetap diharuskan berjalan kaki sejauh 1,5 km untuk mencapai lokasi air terjunnya.

Namun, sepanjang jalan menuju ke lokasi air terjun tersebut, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus yang masih asri, dan persawahan yang hijau milik penduduk setempat.

#6. Goa Putri Pukes

Tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) yang juga menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Goa Putri Pukes. Goa yang berada di Desa Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah ini menyimpan sebuah cerita legenda.

Di dalam goa tersebut, terdapat sebuah patung batu yang diyakini sebagai jelmaan dari seorang putri kerajaan bernama Putri Pukes. Hanya saja, bentuk patung batu tersebut sudah banyak mengalami perubahan akibat kondisi alam.

Menurut penjaga goa, pada tahun 1990-an, patung Putri Pukes tersebut masih dalam kondisi bagus, namun seiring berjalannya waktu, stalakmit diatas goa terus menerus berjatuhan dan mengubah bentuk patung Putri Pukes tersebut.

#7. Pante Menye Bintang

Tempat Wisata di Takengon
Pante Menye Bintang
Walaupun namanya ada unsur " Pante ", namun tempat wisata yang berada di Desa Kala Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah ini bukan sebuah pantai berpasir putih dengan pemandangan laut.

Melainkan sebuah pantai dengan pemandangan indah danau air tawar, yaitu Danau Laut Tawar. Selain itu, dari Pante Menye Bintang ini juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Birah dari kejauhan.

Keindahan alam yang ditawarkan di tempat wisata ini juga dilengkapi dengan panorama persawahan dan perbukitan. Disamping itu, para pengunjung bisa mencicipi makanan khas aceh disini, mulai dari Kopi Aceh, Kopi Gayo, hingga Mie Aceh, dan lain sebagainya.

#8. Masjid Ruhama Takengon

Di Kota Takengon juga ada sebuah masjid indah yang menarik untuk dikunjungi, yakni Masjid Ruhama Takengon. Kabarnya, masjid Ruhama Takengon ini bisa menampung kurang lebih 2.000 jemaah.

Salah satu daya tarik dari masjid yang lokasinya berada di Desa Asir Asir Asia, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah ini adalah kubah emasnya, dan ornamen-ornamen lukisan khas Gayo.

#9. Dermaga Wisata Lukup Panalam

Tempat Wisata di Takengon
Dermaga Wisata Lukup Panalam
Tempat wisata yang satu ini tidak begitu asing lagi bagi masyarakat Gayo. Pasalnya, dermaga ini dulunya pernah menjadi salah satu objek wisata yang cukup dikenal, namun sempat vakum untuk kurun waktu yang cukup lama.

Namun pada tahun 2017 lalu, Pemerintahan Kota Kabupaten Aceh Tengah memugar kembali dermaga yang berada di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar ini dengan suguhan jogging track, dan tempat selfie.

#10. Wisata Arung Jeram Takengon

Tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Wisata Arung Jeram Takengon. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini hanya cocok dikunjungi bagi wisatawan yang suka dengan olahraga arum jeram.

Namun, bagi wisatawan yang belum pernah mencoba olahraga yang tergolong ekstrem ini sebelumnya, tidak perlu khawatir, karena nantinya ada seorang pemandu profesional yang akan mendampinginya.

Disamping itu, di sepanjang jalur arum jeram yang berada di Lukup Badak Jalan, Atang Jungket, Kayu Kul, Bies, Kabupaten Aceh Tengah ini juga bisa menikmati pemandangan indah berupa persawahan dan pepohonan yang menghijau.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Takengon (Aceh Tengah) yang menarik dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Langsa (Aceh) Yang Menarik Dikunjungi!!.