Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Air Terjun di Lahat (Sumatera Selatan) Yang Cantik!!

Beberapa air terjun di Lahat (Sumatera Selatan) berikut ini diketahui sangat " super " cantik dan menawan untuk dikunjungi. Perlu diketahui, Lahat adalah salah satu kabupaten di Sumatera Selatan, jaraknya sekitar 250 km dari ibukota Sumatera Selatan, yakni Kota Palembang.

Kabupaten yang dijuluki " Bumi Seganti Setungguan " ini cukup dikenal dengan beberapa tempat wisata alamnya. Dan salah satu tempat wisata alam yang banyak ditemukan di Kabupaten Lahat, yaitu air terjun.

Tanpa harus banyak basa-basi lagi, berikut adalah beberapa tempat wisata alam berupa air terjun di Lahat (Sumatera Selatan) yang dirangkum oleh Pikniktoday.com dari berbagai sumber. Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Air Terjun di Lahat (Sumatera Selatan) Yang " Super " Cantik

#1. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun di Lahat
Air Terjun Curup Maung
Tempat wisata alam berupa air terjun di Lahat (Sumatera Selatan) yang " super " cantik pertama yaitu Air Terjun Curup Maung. Keindahan air terjun ini sangat terkenal dikalangan wisatawan di Sumatera Selatan.

Air terjun yang berada di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dan lebar sekiar 80 meter, yang terbagi menjadi beberapa aliran air terjun.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Muara Enim Yang Menarik Untuk Dikunjungi!!

#2. Air Terjun Curup Buluh

Air Terjun di Lahat
Air Terjun Curup Buluh
Air terjun di Lahat (Sumatera Selatan) yang " super " cantik berikutnya yaitu Air Terjun Curup Buluh. Dinamakan " Air Terjun Curup Buluh " karena disekitar air terjun banyak ditumbuhi buluh atau bambu.

Dan salah satu keunikan dari air terjun yang lokasinya berada di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat ini, yaitu mempunyai undakan-undakan sebanyak tujuh tingkatan.

Hanya saja, untuk menuju ke lokasi air terjun ini diperlukan stamina tubuh yang fit. Pasalnya, harus melewati medan jalan yang terjal, mulai dari tanjakan, turunan, hingga tikungan tajam, dan lain sebagainya.

#3. Air Terjun Salak

Air Terjun di Lahat
Air Terjun Salak
Air terjun Salak atau dikenal dengan juga dengan nama " Cuho Perigi " ini berada di wilayah perkebunan milik warga setempat, atau lebih tepatnya berada di Desa Perigi, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Kalau dari Kota Lahat jaraknya sekitar 20 km. Dan salah satu keunikan dari air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini, yaitu aliran air terjunnya menyerupai tirai putih yang menjuntai kebawah.

#4. Air Terjun Tujuh Bidadari

Air Terjun Tujuh Bidadari atau terkadang oleh penduduk setempat disebut juga dengan nama " Air Terjun Ayek Asam " ini mempunyai tujuh puncak, dan dibagian bawahnya terdapat tiga kolam pemandian.

Air terjun yang lokasinya berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan lebar antara 10 meter hingga 15 meter.

Disamping itu, tidak begitu jauh dari lokasi air terjun ini juga terdapat beberapa air terjun lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Sumbing, Air Terjun Gadis, dan Air Terjun Naga.

#5. Air Terjun Curup Gunung Nyawe

Air Terjun di Lahat
Air Terjun Curup Gunung Nyawe
Air Terjun Curup Gunung Nyawe adalah salah satu air terjun yang mudah dijangkau di Kabupaten Lahat. Pasalnya, lokasi Air Terjun Curup Gunung Nyawe ini berada disekitar pemukiman warga setempat.

Air terjun ini berperan penting bagi kehidupan masyarakat disekitarnya, khususnya bagi warga Desa Talang Sejemput. Makanya dinamakan " Curup Gunung Nyawe " yang berarti " Air Terjun Penyambung Nyawa ".

Nah, jika kamu penasaran dengan keindahan Air Terjun Curup Gunung Nyawe ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

#6. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun di Lahat
Air Terjun Lematang Indah
Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini sangat mudah dijangkau, karena lokasinya yang berada di pinggiran Kota Pagar Alam, tepatnya berada di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam.

Atau lebih tepanya lagi berada di Dusun Prahu Dipo, Kelurahan Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Kalau dari pusat Kota Pagar Alam, jaraknya sekitar 10 km saja.

#7. Air Terjun Goa Mata

Air Terjun di Lahat
Air Terjun Goa Mata
Tempat wisata alam berupa air terjun di Lahat (Sumatera Selatan) yang " super " cantik terakhir yaitu Air Terjun Goa Mata. Air terjun ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan.

Selain itu, air terjun yang berada di Desa Serambi, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat ini memiliki pemandangan indah dengan batuan-batuan besar, yang menambah kesan eksotis di sekitar lokasi air terjun ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa air terjun di Lahat (Sumatera Selatan) yang memiliki pemandangan " super " cantik dan menawan. Baca juga 14+ Tempat Wisata di Baturaja (Ogan Komering Ulu - Sumsel).