Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Air Terjun di Lombok Barat Yang Luar Biasa Indahnya!!

Beberapa air terjun di Lombok Barat berikut ini sangat menarik dikunjungi wisatawan, karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Perlu diketahui, beberapa tahun kebelakang, Lombok mengalami transformasi yang sangat cepat dalam dunia wisata.

Hal ini terlihat dari semakin terbukanya akses untuk menjelajahi ke pedalaman Pulau Lombok. Dengan kemudahan akses, membuat banyak bermunculan tempat wisata alam baru di Pulau Lombok seperti air terjun.

Dan beberapa air terjun di Pulau Lombok tersebut terdapat di Kabupaten Lombok Barat. Lantas, seperti apa saja keindahan air terjun di Lombok Barat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Air Terjun di Lombok Barat Yang Luar Biasa Indahnya

#1. Air Terjun Timponan

Terjun di Lombok Barat
Air Terjun Timponan
Air terjun di Lombok Barat yang luar biasa indah pertama yaitu Air Terjun Timponan. Lokasinya berada di Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini sebenarnya lumayan dekat dengan Kota Mataram (ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat), yakni sekitar 30 menit perjalanan dengan mengunakan kendaraan pribadi.

Uniknya di musim kemarau, air terjun yang terkenal dengan pemandangan aliran sungai yang memukau ini masih tetap mengalir, walaupun tidak terlalu deras, sehingga para wisatawan bisa mengunjungi kapan saja.

#2. Air Terjun Batu Butir

Air terjun di Lombok Barat yang luar biasa indah berikutnya yaitu Air Terjun Batu Butir. Lokasinya berada di Desa Medas, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain mempunyai lingkungan yang masih alami, sejuk, dan asri, objek wisata ini juga mempunyai keunikan lainnya, yaitu jumlah air terjunnya. Dimana diketahui, objek wisata ini mempunyai lima air terjun, empat di antaranya saling berdekatan satu sama lain.

#3. Air Terjun Kebo Baru

Air Terjun Kebo Baru di Dusun Kebon Baru, Desa Giri Madya, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini dikenal mempunyai dua tingkatan air terjun yang menggagumkan.

Dimana, tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 30 meteran, dan tingkatan yang kedua memiliki tinggi sekitar 10 meteran, dengan debit air yang tidak terlalu deras, sehingga sangat aman untuk bermain air.

#4. Air Terjun Batu Santek

Air Terjun di Lombok Barat
Air Terjun Batu Santek
Air terjun yang berada di Dusun Pesantek, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini merupakan salah satu tempat wisata alam baru di Kabupaten Lombok Barat.

Dimana diketahui, Air Terjun Batu Santek baru dibuka untuk wisatawan umum pada tahun 2014 lalu. Dan objek wisata alam ini dikelola langsung oleh masyarakat disekitar Desa Pakuan.

Disamping itu, lokasi Air Terjun Batu Santek juga lumayan dekat dari Kota Mataram (ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat), yaitu hanya sekitar 20 kilometer dengan akses jalan yang sudah sangat bagus.

#5. Air Terjun Asin Tanjung Jagog

Air Terjun di Lombok Barat
Air Terjun Asin Tanjung Jagog
Tanjung Jagog disekitar Dusun Pengantap, Desa Buwun mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat(NTB) memang sudah terkenal dengan pantainya yang " sangat " indah.

Nah, disekitar Tanjung Jogog terdapat sebuah fenomena alam unik, yang sering disebut oleh penduduk setempat sebagai " Air Terjun Asin Tanjung Jagog "

Dikatakan " unik " karena sumber air di air terjun ini bukan berasal dari sungai atau air pegunungan, melainkan dari ombak yang menyapu sebuah karang tinggi, kemudian kembali ke laut, dan membentuk seperti air terjun.

#6. Air Terju Kumbi

Wisata air terjun ini juga lumayan dekat dengan Kota Mataram (ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat), yaitu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan mengunakan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Hebatnya lagi, Air Terju Kumbi di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tidak membutuhkan biaya tiket masuk dan sudah mempunyai beberapa fasilitas yang cukup memadai.

#7. Air Terjun Tibu Ijo

Air Terjun di Lombok Barat
Air Terjun Tibu Ijo
Air terjun di Lombok Barat yang luar biasa indahnya terakhir yaitu Air Terjun Tibu Ijo. Lokasinya berada di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Disamping menawarkan segarnya air pegunungan, wisata air terjun ini juga menawarkan pemandangan indah khas pedesaan-pedesaan dengan hamparan bukit hijau yang indah.

Selain itu, Air Terjun Tibu Ijo juga merupakan salah satu wisata air terjun yang " cukup " dekat dengan Kota Mataram (ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat), yakni sekitar 13 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit perjalanan mengunakan kendaraan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa air terjun di Lombok Barat yang memiliki keindahan yang luar biasa menggagumkan. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Maumere (Flores - NTT) Yang Menarik Dikunjungi!!.