Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Kue Khas Banjarmasin Yang Terkenal Enak Dan Lezat!!

Beberapa kue khas Banjarmasin berikut ini wajib dicicipi oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan. Pasalnya, kue-kue ini sudah terkenal enak, lezat, dan bisa dinikmati kapanpun.

Selain bisa dinikmati langsung untuk menemani perjalananmu selama di Kalimantan Selatan, beberapa kue khas kota berjuluk " kota seribu sungai " ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Lebih menariknya lagi, kue-kue ini sangat mudah ditemukan di Kota Banjarmasin. Lantas, apa saja kue khas Banjarmasin yang terkenal enak dan lezat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Kue Khas Banjarmasin (Kalimantan Selatan) Yang Terkenal Enak dan Lezat

#1. Apam Barabai

Kue Khas Banjarmasin
Apam Barabai
Kue khas Banjarmasin yang terkenal enak dan lezat pertama yaitu Apam Barabai. Apam Barabai merupakan salah satu makanan ringan khas Kalimantan Selatan, yang mampu menganjal perut yang sedang lapar.

Makanan ringan ini terbuat dari adonan tepung beras, gula merah, atau gula putih, dan santan, serta ditambah tape singkong. Kue basah yang satu ini cocok dijadikan teman perjalananmu selama berada di Kota Banjarmasin.

#2. Bobongko

Kue Khas Banjarmasin
Bobongko
Kue khas Banjarmasin yang terkenal enak dan lezat berikutnya yaitu Bobongko. Kue yang satu ini juga dibuat dari tepung beras dan santan, yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Bobongko memiliki tekstur yang lembut dengan diisi gula merah, atau buah pisang. Bobongko ada dua jenis, yaitu Bobongko Gula Merah, dan Bobongko Sagu, yang rasanya sama-sama enak dan lezat.

#3. Dodol Kandangan

Kue Khas Banjarmasin
Dodol Kandangan
Bukan hanya Kabupaten Garut di Jawa Barat, yang terkenal dengan dodol bercitarasa sangat khas, Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan juga mempunyai makanan khas serupa bernama Dodol Kandangan.

Selain itu, Dodol Kandangan juga memiliki beberapa varian rasa, dan salah satu varian rasa yang paling banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh adalah Dodol Kandangan rasa durian.

#4. Bingka

Bingka adalah salah satu kue khas Suku Banjar, yang memiliki citarasa manis dengan tekstur yang lembut. Hanya saja, kue yang satu ini sedikit berlemak, karena terbuat dari adonan tepung terigu dicampur dengan santan, gula pasir, telur, dan garam.

Biasanya, Bingka bisa ditemukan dengan beberapa bentuk, seperti bulat, segiempat, bentuk bunga, dan lain sebagainya. Selain itu, Bingka juga memiliki beberapa varian rasa, seperti original pandan, labu, dan lain sebagainya.

#5. Amparan Tatak

Kue Khas Banjarmasin
Amparan Tatak
Amparan Tatak adalah salah satu makanan khas Kota Banjarmasin, yang memiliki citarasa manis. Kue ini dibuat dari campuran antara tepung beras, tepung sagu dan santan, yang kemudian dipadukan dengan buah pisang atau buah nangka.

Kelezatan kue yang satu ini tidak diragukan lagi, bagi yang sudah pernah mencobanya pasti ketagihan. Karena Amparan Tatak ini sudah cukup lama menjadi salah satu hidangan favorit dikala bersantai bagi keluarga-keluarga di Kalimantan Selatan.

#6. Kelepon Martapura

Kue Khas Banjarmasin
Kelepon Martapura
Kelepon Martapura adalah salah satu jajanan pasar khas Kota Banjarmasin, yang juga memiliki citarasa manis khas gula merah. Jajanan yang satu ini memiliki semboyan yaitu " pecah di ilat " yang artinya " pecah di lidah ".

Memang, jajanan berbentuk bulat ini terkenal dengan kelezatannya, memiliki tekstur yang lembut dipadu dengan taburan parutan kelapa disekelilingnya, dan dibagian dalamnya terdapat gula merah, yang akan meleleh disaat dimakan.

#7. Wadai Rangai

Kue Khas Banjarmasin
Wadai Rangai
Wadai Rangai adalah salah satu kue khas Banjarmasin, yang berbahan dasar sagu dengan citarasa manis dan gurih. Jaman dulu, kue ini hanya disajikan pada acara-acara adat saja, atau acara-acara formal lainnya.

Namun sekarang, Wadai Rangai sangat mudah ditemukan di Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Kue yang satu ini sangat bagus dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, tetangga, maupun teman-temanmu.

#8. Chai Kue

Kue Khas Banjarmasin
Chai Kue
Kalau Chai Kue, atau dikenal juga dengan nama " Choi Pan " ini adalah salah satu makanan khas Kota Banjarmasin, yang sudah tercampur antara kebudayaan melayu kalimantan dengan kebudayaan Tionghoa (China).

Sekilas, kue ini mirip sekali seperti Pastel atau Kroket, namun cara pengolahannya berbeda, dimana Pastel atau Kroket di goreng terlebih dahulu, sedangkan Chai Kue atau Chon Pon ini dikukus lebih dahulu.

#9. Kue Roko

Kue Khas Banjarmasin
Kue Roko
Kue khas Banjarmasin yang terkenal enak dan lezat selanjutnya yaitu Kue Roko, atau dikenal juga dengan nama " Kue Gapit ". Sekilas, Kue Roko atau Kue Gapit ini terlihat mirip sekali dengan Kue Semprong.

Tekstur renyak dengan citarasa yang manis membuat Kue Roko ini banyak digemari oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, Kue Roko ini juga bisa tahan lama.

#10. Brownies Labu

Kue khas Banjarmasin yang terkenal enak dan lezat terakhir yaitu Brownies Labu. Sesuai dengan namanya, Kue Brownies ini terbuat dari labu yang banyak tumbuh subur di kawasan Kalimantan Selatan.

Kelebihan Brownies Labu khas Banjarmasin ini selain memiliki tekstur yang lembut, yaitu rasa manisnya tidak berlebihan. Selain itu, makanan khas Banjarmasin ini juga memiliki beberapa varian rasa seperti Brownies Labu Berry, Brownies Labu Cokelat, dan lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa kue khas Banjarmasin (Kalimantan Selatan) yang terkenal enak dan lezat. Sebelum pergi, baca dulu 15+ Tempat Wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim).