Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13+ Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng Yang Paling Hits!!

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, sejumlah tempat wisata ini tidak kalah keren dengan Dataran Tinggi Dieng.

Seperti diketahui, Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah terkenal dengan Dataran Tinggi Dieng, yaitu salah satu tempat wisata alam terbaik yang dimiliki Indonesia sekarang ini. Namun, tempat wisata di Wonosobo bukan hanya Dataran Tinggi Dieng.

Ada beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dataran Tinggi Dieng yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

13+ Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng Yang Paling Hits Dikunjungi

#1. Lubang Sewu

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Lubang Sewu
Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng paling hits dikunjungi yang pertama yaitu Lubang Sewu. Lubang Sewu adalah sebuah tebing batu yang dikatakan sedikit mirip dengan " Green Canyon " di Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang berada di Dusun Jurutengah, Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo ini adalah sebuah tempat wisata berupa susunan batu-batuan yang tidak biasa dengan latarbelakang alam.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah ketika musim kemarau, karena pada musim kemarau, Lubang Sewu akan terlihat lebih indah. Sedangkan pada musim hujan, Lubang Sewu akan dipenuhi dengan genangan air.

#2. Waduk Wadaslintang

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Waduk Wadaslintang
Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi berikutnya yaitu Waduk Wadaslintang. Lokasinya tidak begitu jauh dari Lubang Sewu, yaitu sama-sama berada di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo.

Walaupun sebenarnya, Waduk Wadaslintang ini berada di dua kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kubumen. Karena Waduk Wadaslintang adalah sebuah waduk yang sangat luas.

#3. Telaga Menjer

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Telaga Menjer
Telaga Menjer adalah sebuah telaga yang terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja di masa lalu. Telaga ini cukup dibandingkan Dataran Tinggi Dieng, yaitu kurang lebih 12 km dari pusat Kota Wonosobo.

Selain memiliki pemandangan alam yang masih asri, telaga seluas 45 meter ini juga memiliki udara yang sejuk, yaitu antara 22 - 27 derajat celcius, karena telaga ini berada di ketinggian sekitar 1.300 diatas permukaan air laut.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menjelajahi telaga ini mengunakan perahu. Jika kamu penasaran dengan telaga ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo.

#4. Alun Alun Wonosobo

Belum lengkap rasanya ke Kota Wonosobo kalau belum mengunjungi Alun-Alun Wonosobo yang terletak di Jalan Pemuda No.2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo ini.

Pasalnya, Alun Alun Wonosobo adalah salah satu alun-alun kota terindah di Indonesia yang memiliki lapangan hijau, dan pohon-pohon rindang di sekitarnya, dengan latarbelakang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Bukan hanya itu saja, di sekitar Alun Alun Wonosobo juga terdapat para pedagang yang menjual berbagai jenis makanan khas Wonosobo seperti Mie Ongklok, Sate Jamur, Es Cendol Durian, dan lain sebagainya.

#5. Kebun Teh Tambi

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Kebun Teh Tambi
Sebenarnya, Kebun Teh Tambi yang berada di Dusun Tegalrejo, Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Wonosobo ini adalah kebun teh peninggalan dari jaman belanda yang sekarang di kelola oleh PT. Tambi.

Selain bisa melihat hamparan perkebunan teh dan aktivitas para karyawan perkebunan teh, para pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan teh, mulai dari daun teh hingga menjadi teh siap saji.

#6. Air terjun Sikarim

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Air terjun Sikarim
Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Air terjun Sikarim. Air terjun ini bisa dikunjungi di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Hanya saja, bagi yang berniat mengunjungi air terjun setinggi 24 meter ini, sangat disarankan mempersiapkan tenaga terlebih dahulu. Pasalnya, jalan akses menuju ke lokasi air terjun tersebut tidak mudah.

Dimana, untuk sampai ke lokasi air terjun ini, para pengunjung diharuskan melewati pematang persawahan para penduduk, dan juga diharuskan melewati lembah dengan kondisi jalan yang terjal dan licin.

#7. Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro
Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah dua gunung yang sering dijadikan oleh lokasi pendakian gunung oleh para pecinta alam di Wonosobo, khususnya para pecinta alam yang hobi mendaki gunung.

Kedua gunung ini sering dijuluki " Gunung Kembar ", karena lokasinya yang saling berdekatan satu sama lain. Selain itu, ketinggian juga hampir sama, yakni 3.371 meter untuk Gunung Sumbing dan 3.153 mter untuk Gunung Sindoro.

#8. Kebun Teh Tanjung Sari

Selain Kebun Teh Tambi, ada satu lagi perkebunan teh yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata di Wonosobo, yaitu Kebun Teh Tanjung Sari di Desa Sedayu, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

Selain menawarkan pemandangan kebun teh yang hijau, tempat wisata ini juga menawarkan beberapa fasilitas lainnya seperti kolam renang, water boom, taman, dan bus yang siap membawa para pengunjung mengeliling perkebunan teh tersebut.

#9. Kolam Renang Mangli

Kolam Renang Mangli terletak tidak jauh dari Alun Alun Kota Wonosobo, yaitu hanya berjarak sekitar 3 km saja, atau lebih tepatnya berada di Desa Kejiwaan, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

Salah satu daya tarik utama dari Kolam Renang Mangli ini, yaitu air kolamnya berasal dari air asli pegunungan, yang biasanya dipergunakan sebagai pemasok utama kebutuhan produk air minum kemasan yang sudah terkenal di Indonesia.

#10. Pemandian Air Panas Kalianget

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Pemandian Air Panas Kalianget
Pemandian Air Panas Kalianget adalah salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau oleh para wisatawan di Wonosobo, karena lokasinya hanya berjarak kurang lebih 3 km dari pusat Kota Wonosobo.

Pemandian air panas yang berada di Jalan Raya Wonosobo - Dieng km 3, Desa Kalianget, Kecamatan Wonosobo, kabupaten Wonosobo ini memamfaatkan sumber panas bumi alami dari pegunungan di Kabupaten Wonosobo.

Selain pemandian air panas, di tempat wisata ini juga tersedia beberapa fasilitas menarik lainnya, mulai dari lapangan tenis, lapangan sepakbola, kolam renang, hingga taman bermain dan lain sebagainya.

#11. Air Terjun Winong

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Air Terjun Winong
Selain Air terjun Sikarim, ada satu lagi tempat wisata di Wonosobo selain Dieng berupa air terjun yang juga cukup sering dikunjungi wisatawan, yaitu Air Terjun Winong di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo.

Hanya saja, jalan akses menuju ke lokasi air terjun ini cukup sulit, dimana para pengunjung diharuskan melewati jalan pemukiman penduduk. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena di sepanjang jalan sudah ada penunjuk arah ke Air Terjun Winong ini.

#12. Kolam Renang Tirta Ria Temebelang

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Kolam Renang Tirta Ria Temebelang
Selain di Kebun Teh Tanjung Sari, dan Kolam Renang Mangli, ada satu lagi objek wisata berupa kolam renang yang juga cukup sering dikunjungi di Wonosobo, yaitu Kolam Renang Tirta Ria Temebelang.

Selain itu, lokasi kolam renang ini juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Wonosobo atau lebih tepatnya di Desa Tembelang, Kecamatan Wonosobo, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

#13. Arung Jeram Serayu

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng paling hits dikunjungi oleh para wisatawan yang terakhir yaitu Arung Jeram Serayu. Sebenarnya, tempat wisata yang satu ini tidak persis terletak di Kabupaten Wonosobo.

Secara administratif, tempat wisata ini terletak di Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Namun, sungai yang digunakan untuk olahraga arum jeram ini melewati 5 kabupaten sekaligus, salah satunya adalah Wonosobo.

Selain itu, lokasinya juga cukup dekat dengan Kabupaten Wonosobo, sehingga layak dipertimbangkan untuk dikunjungi, khususnya bagi mereka yang suka dengan olahraga arum jeram ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi oleh para wisatawan saat ini. Baca juga 10+ Tempat Nongkrong di Wonosobo (Jawa Tengah) Yang Lagi Hits!!.