Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Daftar Air Terjun di Lombok Tengah Yang Bagus Dikunjungi!!

Daftar air terjun di Lombok Tengah berikut ini sangat rekomended dan bagus dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Lombok Tengah adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain pantai-pantainya yang menggagumkan, Kabupaten Lombok Tengah juga mempunyai beberapa objek wisata alam lainnya yang juga menarik dikunjungi para wisatawan, salah satunya adalah air terjun.

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut adalah ulasan tentang daftar air terjun di Lombok Tengah yang dirangkum oleh blog Pikniktoday.com dari berbagai sumber terpercaya. Mari kita simak ulasannya berikut.

Inilah Daftar Air Terjun di Lombok Tengah Yang Bagus Dikunjungi

#1. Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun di Lombok Tengah
Air Terjun Benang Stokel
Daftar air terjun di Lombok Tengah yang bagus dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Benang Stokel. Lokasinya berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Air Terjun Benang Stokel merupakan gabungan dari beberapa air terjun yang berada disatu tebing yang sama. Dimana, setiap air terjun di objek wisata ini hanya terpisah dengan jarak kurang lebih lima meteran saja.

Nah, keberadaan beberapa air terjun disatu tebing yang sama inilah yang membuat objek wisata ini unik. Disamping itu, trekking menuju ke lokasi air terjunnya juga " cukup " dekat, yaitu sekitar 30 menitan perjalanan dari tempat parkir kendaraan.

#2. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun di Lombok Tengah
Air Terjun Benang Kelambu
Daftar air terjun di Lombok Tengah yang bagus dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Benang Kelambu. Lokasinya juga berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Benang Kelambu memang sekilas terlihat seperti kelambu yang sedang menutupi tebing hijau. Pemandangan ini terjadi karena air terjun ini mempunyai jatuhan air yang halus.

Sehingga membentuk ilusi seperti kain kelambu berwarna putih. Disamping itu, aliran air di air terjun ini juga bertingkat-tingkat, sehingga mempunyai banyak sekali spot-spot foto yang bagus dan instagramable.

#3. Air Terjun Batu Janggot

Air Terjun di Lombok Tengah
Air Terjun Batu Janggot
Masih di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan tidak begitu jauh dari Air Terjun Benang Stokel, terdapat juga Air Terjun Batu Janggot.

Air terjun setinggi kurang lebih 10 meteran ini terbentuk dari aliran sungai dengan kolam jatuhan yang dalam, sehingga terlihat seperti sungai bawah tanah yang unik. Disamping itu, tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya juga menambah daya tariknya. 

Objek wisata alam yang satu ini memang tergolong masih baru. Walaupun begitu, pesonanya sudah mampu menarik hati banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk mengunjunginya.

#4. Air Terjun Titian Batukawangan

Air Terjun di Lombok Tengah
Air Terjun Titian Batukawangan
Berikutnya ada Air Terjun Titian Batukawangan, atau oleh sebagian masyarakat Pulau Lombok lebih dikenal dengan nama " Air Terjun Tete Batu ". Lokasinya berada di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lokasi Air Terjun Titian Batukawangan atau " Air Terjun Tete Batu " bisa ditempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan mengunakan kendaraan dari Kota Mataram, yaitu ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

#5. Air Terjun Juret Pandan

Kalau air terjun yang berada diantara Desa Tete Batu, dan Desa Latan Daya, Kecamatan Bukaling Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Ternggara Barat (NTB) ini hanya cocok bagi kalian yang hobi berpetualang.

Pasalnya, lokasi Air Terjun Juret Pandan ini lumayan jauh dengan medan jalan yang cukup menantang. Walaupun begitu, keindahan yang ditawarkannya cukup sebanding dengan jerih payah untuk menuju ke lokasinya.

#6. Air Terjun Kliwun

Daftar air terjun di Lombok Tengah yang juga bagus dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Kliwun. Lokasinya juga berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hanya saja, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 19 meteran ini mempunyai debit air yang " lumayan " deras. Sehingga, bagi para wisatawan yang ingin bermain air dibagian bawahnya harus selalu berhati-hati.

#7. Air Terjun Sesere

Selain Air Terjun Benang Stokel, Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Batu Janggot, dan Air Terjun Kliwun, ada satu lagi air terjun di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Air Terjun Sesere.

Lokasi air terjun dengan ketinggian kurang lebih 15 meteran ini tidak begitu jauh dari Air Terjun Kliwun. Disamping itu, kondisi Air Terjun Sesere juga tidak jauh berbeda dengan kondisi Air Terjun Kliwun.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang daftar air terjun di Lombok Tengah yang bagus dikunjungi oleh para wisatawwan. Baca juga 11+ Tempat Wisata di Atambua (Belu) Yang Bagus Dikunjungi!!.