Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Makanan Khas Mandailing Natal Yang Wajib Disantap!!

Beberapa makanan khas Mandailing Natal berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk disantap ketika mengunjungi Kabupaten Mandailing Natal, yaitu salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.

Seperti diketahui, mencicipi makanan yang biasa dimakan oleh penduduk setempat ketika mengunjungi suatu tempat atau suatu daerah adalah salah satu aturan wajib yang tidak tertulis ketika berwisata (traveling).

Oleh karena itu, ketika mengunjungi Kabupaten Mandailing Natal di Provinsi Sumatera Utara, kamu wajib mempertimbangkan untuk mencicipi beberapa makanan khas Mandailing Natal. Berikut daftarnya.

Inilah Beberapa Makanan khas Mandailing Natal Yang Wajib Disantap!!

#1. Gulai Ikan Sale (Ikan limbat)

Makanan khas Mandailing Natal
Gulai Ikan Sale (Ikan limbat)
Makanan khas Mandailing Natal yang wajib disantap pertama yaitu Gulai Ikan Sale, atau sering juga disebut dengan nama " Ikan Limbat ". Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan makanan ini adalah ikan lele.

Lebih menariknya lagi, makanan bercitarasa sangat gurih dan beraroma lezat ini sangat jarang ditemukan di daerah lain di Indonesia selain di Kabupaten Mandailing Natal, dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

#2. Gule Bulung Gadung (Gule Daun Ubi)

Makanan khas Mandailing Natal
Gule Bulung Gadung (Gule Daun Ubi)
Makanan khas Mandailing Natal yang wajib disantap berikutnya yaitu Gule Bulung Gadung atau Gule Daun Ubi. Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan makanan ini adalah daun ubi dengan bumbu khas Indonesia.

Yang menjadi ciri khas utama dari makanan yang satu ini, yakni mengunakan rimbang untuk menambah rasa gurihnya. Biasanya, Gule Bulung Gadung atau Gule Daun Ubi ini disajikan bersama nasi.

#3. Pakkat (Pucuk Rotan)

Makanan khas Mandailing Natal
Pakkat (Pucuk Rotan)
Pakkat adalah salah satu jenis makanan yang hanya banyak ditemukan pada bulan ramadhan (bulan puasa) di Kabupaten Mandailing Natal dan sekitarnya. Uniknya, bahan dasar pembuatan makanan ini adalah pucuk rotan yang dibakar.

Biasanya, Pakkat atau pucuk rotan yang dibakar ini dimakan sebagai lalapan atau sebagai pendamping ketika sedang makan besar. Dimana katanya, rasa pahitnya sangat pas dilidah, dan bisa menambah selera makan.

#4. Sambal Kantori Joruk

Sambal Kantori Joruk merupakan salah satu sambal khas Kabupatten Mandailing Natal di Provinsi Sumatera Utara, yang terbuat dari bahan dasar cabai dan ikan teri dipadu dengan fermentasi buah durian.

Sambal Kantori Joruk mempunyai citarasa yang " cukup " unik, dimana citarasa tersebut dihasilkan dari perpaduan antara cabai dengan buah durian, sehingga menghasilkan sambal dengan citarasa asam pedas.

#5. Gule Asam Pade

Makanan khas Mandailing Natal
Gule Asam Pade
Kurang lebih sama dengan Gulai Ikan Sale atau Ikan limbat, Gule Asam Pade juga dibuat dari bahan dasar daging ikan. Hanya saja, Gule Asam Pade bisa dibuat dari daging ikan jenis apa saja.

Selain itu, gulai yang satu ini tidak dibuat mengunakan santan melainkan hanya mengunakan air biasa. Walaupun begitu, kombinasi antara rasa pedas dan rasa asamnya menghasilkan citarasa yang gurih di lidah.

#6. Ikan Mas Holat

Ikan Mas Holat adalah salah satu makanan yang sangat " banyak " diminati di Kabupaten Mandailing dan sekitarnya, karena menu makanan yang satu ini mempunyai citarasa yang " cukup " unik tapi gurih dan lezat.

Ikan Mas Holat dibuat dari bahan dasar ikan mas panggang dan kuah holat. Dan rahasia kelezatan dari makanan ini terletak pada bumbunya yang dibuat dari bahan dasar rebusan pucuk rotan muda di dalam kuahnya.

#7. Rondang Bolut

Rondang Bolut artinya Rendang Belut, dan biasanya bahan dasar pembuatan makanan ini mengunakan sale belut, namun ada juga yang mengunakan belut basah.

Namun katanya, Rondang Bolut dengan bahan dasar sale belut lebih nikmat daripada yang mengunakan belut basah. Biasanya, makanan ini dikombinasikan dengan potongan kentang atau kacang merah agar terlihat lebih rame.

#8. Rondang Itik

Makanan khas Mandailing Natal yang juga wajib disantap selanjutnya yaitu Rondang Itik. Rondang Itik artinya Rendang Itik, dan sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar daging itik (bebek).

Sebenarnya, Rondang Itik ini kurang lebih sama dengan rendang itik pada umumnya di Indonesia. Hanya saja, bumbu di rendang khas Mandailing Natal ini mempunyai citarasa yang " sedikit " berbeda.

#9. Sambal Tuktuk

Makanan khas Mandailing Natal
Sambal Tuktuk
Selain Sambal Kantori Joruk, ada satu lagi sambal khas Mandailing Natal, yaitu Sambal Tuktuk. Dimana Sambal Tuktuk sendiri merupakan sambal ulek yang dikombinasikan dengan ikan teri atau ikan asin.

Biasanya, Sambal Tuktuk mengunakan cabai hijau dan cabai rawit sehingga memiliki citarasa yang sangat pedas. Sambal Tuktuk ini cocok dipadukan dengan sayur rebus seperti Sayur Bolgang dan lainnya.

#10. Sayur Tauco

Makanan khas Mandailing Natal
Sayur Tauco
Sayur Tauco adalah sebuah menu makanan yang mudah dibuat dan tidak memakan waktu yang lama untuk memasaknya, sehingga tidak heran jika menu makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, termasuk di Kabupaten Mandailing Natal.

Dan Sayur Tauco khas Mandailing Natal tidak kalah lezat dibandingkan dari daerah lainnya di Indonesia. Biasanya, makanan ini dibuat dari perpaduan antara tempe, tahu, buncis, ikan (bisa juga udang, atau cumi-cumi).

#11. Alame

Alame adalah makanan yang mirip dengan dodol di Kalimantan Selatan atau jenang di Kudus, sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang mengatakan bahwa Alame adalah dodol khas Mandailing Natal.

Dodol khas Mandailing Natal ini dibuat dari kombinasi antara tepung beras (bisa mengunakan tepung beras pulut atau beras ketan), tepung gandum, gula merah, dan santan kelapa, sehingga menghasilkan citarasa manis yang gurih.

Lebih menariknya lagi, Alame banyak dijual dengan mengunakan bungkus seperti tikar yang dianyam, sehingga sangat mudah dibawa untuk dijadikan oleh oleh khas Mandailing Natal.

#12. Poul-Poul

Makanan khas Mandailing Natal
Poul-Poul
Poul-Poul adalah salah satu makanan khas Mandailing Natal yang sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya di Kabupaten Mandailing Natal. Hanya saja, makanan ini sudah langka dan sulit ditemukan.

Sehingga untuk bisa mencicipinya harus membuat sendiri, atau bisa juga datang langsung ke kehajatan-hajatan orang di Mandailing Natal, karena biasanya disana ikut disajikan makanan berbentuk seperti tangan dikepal ini.   

#13. Toge Panyabungan

Makanan khas Mandailing Natal
Toge Panyabungan
Toge Panyabungan adalah es cendol khas Mandailing Natal. Hanya saja, minuman khas Mandailing Natal ini " cukup " sulit ditemukan, kecuali pada momen-momen tertentu seperti bulan ramadhan (bulan puasa).

#14. Sayur Bolgang 

Makanan khas Mandailing Natal yang wajib disantap terakhir yaitu Sayur Bolgang, atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai " sayur rebus ". Katanya, sayur rebus ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, khususnya bagi kesehatan darah.

Uniknya, jenis sayuran yang dimasak dalam sayur rebus ini tidak hanya satu jenis saja tapi berbagai jenis sayuran, mulai dari daun ubi, hingga daun pepaya muda, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Bagaimana! Tertarik menyantap beberapa makanan khas Mandailing Natal diatas? Sebelum memutuskannya baca dulu 15+ Tempat Wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) Yang Menarik Dikunjungi!!.