Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Palopo (Sulsel) Yang Harus Dicicipi!!

Beberapa makanan khas Palopo (Sulsel) berikut ini harus dicicipi jika sedang berwisata di Provinsi Sulawesi Selatan. Seperti diketahui, Palopo merupakan salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kota dengan moto " Kota Idaman (Indah, Damai, dan Nyaman)" ini diketahui mempunyai sejumlah tempat wisata yang pasti menarik dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah, dan lainnya.

Disamping itu, kuliner khas Kota Palopo juga menjadi salah satu daya tarik bagi sebagian wisatawan di Provinsi Sulawesi Selatan. Lantas, apa saja makanan khas Palopo (Sulsel) yang harus dicicipi tersebut? Berikut ulasannya

Inilah Daftar Makanan Khas Palopo (Sulsel) Yang Harus Dicicipi

#1. Pacco

Daftar makanan khas Palopo (Sulsel) yang harus dicicipi pertama yaitu Pacco. Pacco adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar olahan daging ikan mentah, dan diberi bumbu untuk menghilang bau amisnya.

Jenis ikan yang digunakan untuk bahan dasar makanan ini sangat beragam dan tergantung selera masing-masing. Dan bumbu-bumbu yang digunakan adalah jeruk nipis, cabai, kacang goreng, dan garam.

Dari cara pengolahan dan bentuk penyajiannya, makanan ini mirip seperti sashimi, yaitu salah satu makanan khas Jepang. Makanya, banyak orang yang mengatakan bahwa Pacco adalah " sashimi "nya khas Sulawesi Selatan.

#2. Ikan Parede

Makanan Khas Palopo
Ikan Parede
Daftar makanan khas Palopo (Sulsel) yang harus dicicipi berikutnya yaitu Ikan Parede. Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuat makanan ini adalah daging ikan segar seperti ikan bandeng, kakap, dan lamuru.

Dan yang membuat makanan ini " sangat " istimewa dibandingkan dengan olahan daging ikan segar lainnya adalah kuah beningnya yang mempunyai rasa asam dan pedas dari patikala dan parutan mangga muda.

Jika dilihat dari segi penampilannya, Ikan Parede memang terlihat mirip seperti Ikan Pindang dengan kuah yang bening. Namun dari segi citarasa, Ikan Parede berbeda dengan Ikan Pindang karena mengunakan Patikala.

#3. Lawa

Jantung pisang kalah diolah dan dimasak dengan cara yang tepat akan menghasilkan sebuah makanan bercitarasa yang enak dan lezat, salah satu contohnya adalah kuliner khas Kota Palopo bernama " Lawa " ini.

Sekilas, Lawa mirip seperti urap khas Jawa. Yang membedakan keduanya hanyalah bahan dasarnya saja, dimana urap khas Jawa dibuat dari sayuran yang ditaburi dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu.

Sedangkan Lawa dibuat dari jantung pisang mentah yang disiram dengan air panas, ditambah Ikan Mairo segar, dan perasan Limau Kasturi. Makanan yang satu ini lebih nikmat lagi kalau disandingkan dengan Dange.

#4. Dange

Makanan Khas Palopo
Dange
Dange adalah salah satu makanan tradisional suku bugis yang sering menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat Kota Palopo. Selain itu, makanan yang satu ini juga selalu ada di acara-acara penting seperti pernikahan dan lainnya.

Yang membuat makanan ini sangat istimewa yaitu cara masaknya yang masih sangat tradisional. Disamping itu, Dange juga sangat kaya akan kandungan karbohidrat karena dibuat dari bahan dasar sagu.

#5. Kapurung

Makanan Khas Palopo
Kapurung
Kalau makanan yang satu ini tidak hanya terkenal di Kota Palopo saja, tapi juga sudah " sangat " terkenal di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu makanan khas Sulawesi Selatan (Sulsel).

Walaupun proses pembuatan makanan ini tidak rumit dengan bahan dasar sagu, dan sayur-sayuran seperti bayam, jagung, dan lainnya, namun pengolahannya sering dilakukan secara bersama-sama alias gotong royong. 

Hal inilah yang membuat makanan yang terkenal kaya akan kandungan karbohidrat dan gizi yang tinggi ini sering disebut sebagai " makanan bersamaan " di Sulawesi Selatan.

#6. Dampo Durian

Kota Palopo dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian di Sulawesi Selatan, sehingga tidak terlalu mengherankan apabila kamu menemukan makanan dengan bahan dasar buah durian di Kota Palopo.

Salah satu contohnya adalah Dampo Durian. Sekilas, Dampo Durian terlihat mirip seperti dodol di Jawa. Hanya saja, bahan dasar pembuatannya adalah buah durian, sedangkan dodol adalah tepung ketan.

Lebih menariknya lagi, Dampo Durian sudah banyak dijual secara online, sehingga bagi kalian yang ingin mencicipi makanan ini bisa langsung membelinya tanpa harus pergi ke Kota Palopo di Sulawesi Selatan.

#7. Bolu Peca

Daftar makanan khas Palopo (Sulsel) yang harus untuk dicicipi terakhir yaitu Bolu Peca. Bolu Peca merupakan salah satu kue tradisional Kota Palopo yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, telur, dan gula.

Bolu Peca " sedikit " berbeda dengan kue bolu pada umumnya, karena kue bolu ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan basah seperti sponge cake. Biasanya, kue ini disajikan bersama dengan teh hangat atau kopi hangat.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar makanan khas Palopo (Sulsel) yang harus dicicipi jika sedang berwisata ke Provinsi Sulawesi Selatan. Baca juga 10+ Makanan Khas Enrekang (Sulsel) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!.