Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Wisata di Busan (Korea Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Busan (Korea Selatan) berikut ini sangat wajib kamu pertimbangkan untuk dikunjungi, jika saat ini kamu sedang menghabiskan waktu liburanmu di negara berjuluk " negeri ginseng " tersebut.

Seperti diketahui, Busan adalah kota metropolitan terbesar kedua di Korea Selatan. Dan sebagai salah satu kota besar di Korea Selatan, tentunya ada banyak sekali tempat wisata di Kota Busan yang menarik dikunjungi.

Mulai dari tempat wisata pantai, tempat wisata sejarah, hingga tempat wisata belanja ada di Kota Busan. Lantas, apa saja tempat wisata di Busan (Korea Selatan) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Busan (Korea Selatan) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Oryukdo Skywalk

Tempat Wisata di Busan
Oryukdo Skywalk
Tempat wisata di Busan (Korea Selatan) yang menarik untuk dikunjungi pertama yaitu Oryukdo Skywalk. Oryukdo Skywalk adalah salah satu lokasi syuting film berjudul " Haeundae ".

Lebih menariknya lagi, tempat wisata ini gratis dikunjungi. Hanya saja, pengunjungnya dibatasi sebanyak 120 orang saja, dan setiap pengunjungnya diberi kesempatan berjalan diatas Skywalk-nya selama 5 menit.

Oryukdo Skywalk berada di 137 Oryuk-doro, Yongho-dong, Nam-gu, Busan. Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 09:00 hingga pukul 18:00 (kecuali pada hari libur yang mulai dibuka pada pukul 12:00).

#2. Yongdusan Park

Tempat Wisata di Busan
Yongdusan Park
Yongdusan Park adalah sebuah tempat wisata di Busan berupa taman dengan beragam objek wisata menarik seperti Busan Tower, Patung Lee Sun Shin, yaitu salah satu jenderal besar Korea Selatan, Yongdusan Art Gallery, dan beberapa monumen lainnya.

Yongdusan Park berada di Gunung Yongdusan, dan untuk mengaksesnya sudah disediakan sebuah escalator yang sangat tinggi, sehingga para pengunjung tidak perlu bersusah payah mendaki Gunung Yongdusan.

Salah satu objek wisata yang paling terkenal dikalangan wisatawan di Yongdusan Park adalah Busan Tower. Dimana, dari atas tower ini para pengunjung bisa menikmati suasana pelabuhan Kota Busan dari ketinggian.

#3. Bupyeong Kkangtong Market

Ada beberapa pasar tradisional di Korea Selatan yang selalu menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah Bupyeong Kkangtong Market, yang berada di 39 Bupyeong 1-gil, Bupyeong-dong, Jung-gu, Busan.

Di Bupyeong Kkangtong Market ini, para pengunjung bisa membeli berbagai merchandise, yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, di pasar tradisional ini juga tersedia beberapa kios jajanan khas Korea Selatan yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

#4. Hwangnyeongsan Azalea Festival

Tempat Wisata di Busan
Hwangnyeongsan Azalea Festival
Hwangnyeongsan Azalea Festival adalah salah satu festival yang cukup menarik untuk dikunjungi di Busan, Korea Selatan. Festival ini diselenggarakan di Gunung Hwangnyeon, yang berada di Busanjin-gu, Busan.

Hwangnyeongsan Azalea Festival diselenggarakan pada bulan April setiap tahunnya, dimana pada waktu itu, bunga Azalea akan bermekaran di Gunung Hwangnyeon. Bunga Azalea tersebut akan terlihat seperti karpet merah muda yang sangat indah.

#5. Kuil Haedong Yonggungsa

Tempat Wisata di Busan
Kuil Haedong Yonggungsa
Kuil Haedong Yonggungsa dibangun pada tahun 1376 oleh Naong, yaitu seorang guru yang hidup pada jaman Dinasti Goryeo. Hingga sekarang, kuil budha ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai mancanegara.

Kuil yang dibangun di sebuah tebing pinggir laut ini semakin ramai dikunjungi ketika pada festival perayaan ulang tahun budha. Dimana pada saat itu, kuil ini akan dihiasi dengan beragam jenis lampion cantik.

Jika kamu penasaran dengan Kuil Haedong Yonggungsa ini? Kamu bisa mengunjunginya di 86 Yonggung-gil, Gijang-eup, Gijang, Busan. Lebih menariknya lagi, kuil ini bisa dikunjungi tanpa biaya tiket masuk alias gratis.

#6. Taejongdae

Tempat Wisata di Busan
Taejongdae
Tempat wisata di Busan (Korea Selatan) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Taejongdae. Taejongdae merupakan sebuah taman alami yang terletak di ujung Pulau Yeongdo di Busan.

Nama taman ini diambil dari nama seorang raja dari Kerajaan Silla bernama Taejong Mu-Yeol, yang dulunya sering mengunjungi tempat ini. Taman ini terkenal sebagai pantai berbatu, yang memiliki puncak setinggi sekitar 250 meter diatas permukaan air laut.

Bukan hanya itu saja, taman ini juga memiliki hutan pinus dan terdapat juga 200 jenis pohon lainnya. Lebih menariknya lagi, tempat wisata ini bisa dikunjungi secara gratis, kecuali jika ingin menikmati beberapa fasilitas lainnya seperti Danubi Train dan lainnya.

#7. Pantai Haeundae

Tempat Wisata di Busan
Pantai Haeundae
Sebagai kota pelabuhan, tentunya Kota Busan memiliki beberapa pantai yang menarik untuk wisatawan dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Haeundae, yang lokasinya berada di jantung Kota Busan.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya pada saat musim panas, dimana pada waktu itu akan banyak sekali penyewaan tenda dan peralatan olahraga air seperti jetsky, kano, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, disepanjang pantai juga banyak terdapat restoran yang siap memanjakan perut para wisatawan yang sudah kelelahan berwisata pantai.

#8. Busan Aquarium

Tempat Wisata di Busan
Busan Aquarium
Salah satu ciri khas dari kota pelabuhan yaitu memiliki tempat wisata berupa akuarium. Tidak terkecuali dengan Kota Busan yang juga mempunyai tempat wisata berupa akuarium dengan koleksi yang cukup lengkap, yaitu Busan Aquarium.

Para pengunjung cukup membayar tiket masuk sekitar 1.900 won, dan bisa langsung melihat sekitar 35.000 spesies hewan laut, mulai dari beragam jenis ikan, beberapa hewan amfibi, reptil, dan lain sebagainya. Busan Aquarium ini berada di pintu masuk Pantai Haeundae.

#9. Pantai Gwangalli

Selain Pantai Haeundae, ada satu lagi pantai di Busan yang juga cukup menarik dikunjungi, yaitu Pantai Gwangalli. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Pantai Haeundae, tepatnya berada di sampingnya.

Di sekitar pantai ini juga banyak terdapat sarana untuk para wisatawan seperti cafe, restoran, hotel, dan lain sebagainya. Selain itu, ada beberapa tempat wisata lainnya yang lokasinya tidak begitu jauh dari pantai ini seperti Dongbaekseom Island, Suyeong Sajeok Park, dan Milak Waterfront Park.

#10. Gukje Market

Tempat wisata di Busan (Korea Selatan) yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Gukje Market. Gukje Market adalah salah satu pusat perbelanjaan favorit di Kota Busan.

Pusat perbelanjaan ini sangat bagus dikunjungi buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Korea Selatan. Karena selain harga barang-barangnya yang relatif murah, juga tersedia banyak sekali pilihan.

Secara garis besar, pusat perbelanjaan ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang berupa pertokoan-pertokoan yang banyak menjual berbagai produk kosmetik, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya.

Dan bagian belakang yang berupa pasar tradisional, yang banyak menjual berbagai souvenir dan cinderamata. Pusat perbelanjaan ini bisa kamu kunjungi di 25 Gukjesijang 2-gil, Gwangbok-dong, Jung-gu, Busan.

#11. Jagalchi Market

Tempat Wisata di Busan
Jagalchi Market
Jagalchi Market adalah pasar ikan terbesar kedua di dunia, dan merupakan salah satu pasar ikan terpopuler di Korea Selatan. Dan segala jenis binatang laut sangat mudah di temukan di pasar ikan ini.

Walaupun Jagalchi Market adalah pasar ikan modern, namun tetap saja segala bau amis ikan akan sangat terasa. Nah, buat kamu yang tidak tahan dengan bau-bau tersebut, sangat disarankan mengunakan masker penutup hidung.

Selain itu, di belakang Jagalchi Market ini juga terdapat area bermain dengan latarbelakang laut yang indah, sebuah jembatan, dan beberapa gedung-gedung tinggi khas perkotaan.

Kamu juga bisa mencicipi beberapa jenis makanan seafood khas busan di beberapa restoran di sekitar pasar ikan ini. Pasar ikan ini bisa kamu kunjungi di 52 Jagalchihaean-ro, Nampo-dong, Jung-gu, Busan ini.

#12. Shinsegae Centum City

Tempat Wisata di Busan
Shinsegae Centum City
Bukan hanya pasar tradisional saja seperti Bupyeong Kkangtong Market dan Gukje Market, Kota Busan juga sangat terkenal dengan beberapa pusat perbelanjaan modern, salah satunya adalah Shinsegae Centum City.

Shinsegae Centum City di Busan ini tidak hanya dinobatkan sebagai pusat perbelanjaan modern terbesar di Korea Selatan, namun juga dinobatkan sebagai salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di dunia.

Ada banyak sekali produk fashion dan kosmetik yang ditawarkan di pusat perbelanjaan ini. Namun, hampir semua produk dan barang yang dijual di Shinsegae Centum City adalah merk-merk terkenal dengan harga selangit.

Jika kamu penasaran? Kamu bisa mengunjungi Shinsegae Centum City ini di 35 Centumnam-daero, U-dong, Haeundae, Busan. Pusat perbelanjaan ini buka setiap hari, dari pukul 11:00 hingga pukul 20:00.

#13. Kuil Beomeosa

Tempat Wisata di Busan
Kuil Beomeosa
Selain Kuil Haedong Yonggungsa, ada satu lagi tempat wisata di Busan berupa kuil yang direkomendasikan untuk dikunjungi, yaitu Kuil Beomeosa, yang lokasinya berada di 250 Beomeosa-ro, Cheongnyongnopo-dong, Geumjeong-gu, Busan.

Kuil yang tercatat sudah berusia 1.300 tahun ini adalah sebuah kuil budha yang dibangun oleh seorang pendeta bernama Uisang. Ada dua ciri khas dari kuil ini, yaitu main hall bernama Daeungjeon, dan memiliki pagoda 3 tingkat.

#14. Gamcheon Culture Village

Tempat Wisata di Busan
Gamcheon Culture Village
Tempat wisata di Busan (Korea Selatan) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan yang terakhir yaitu Gamcheon Culture Village. Gamcheon Culture Village ini menyandang julukan " Machu Picchu of Busan ".

Karena bentuk fisiknya mirip seperti " Machu Picchu " di Peru. Walaupun dari kejauhan, hampir semua bangunannya terlihat seperti sebuah tangga berundak, yang dipercantik dengan coretan-coretan mural di dinding bangunannya.

Kamu yang suka berburu foto dengan objek yang instagramable, wajib sekali mengunjungi Gamcheon Culture Village ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Busan (Korea Selatan) yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Jeju (Pulau Jeju / Jeju Island) Paling Rekomended!!.