Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

14+ Tempat Wisata di Georgetown (Penang) Yang Wajib Dikunjungi!!

Daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan. Seperti diketahui, Georgetown adalah sebuah kota yang menjadi ibukota negara bagian Pulau Penang di Malaysia.

Pada tahun 2008 lalu, Georgetown dinobatkan sebagai salah satu kota warisan budaya dunia oleh UNESCO. Hal ini tidak lepas dari banyaknya bangunan bersejarah yang dipengaruhi oleh beragam budaya dunia di kota ini seperti Melayu, Arab, India, Burma, Siam, hingga eropa.

Bukan hanya bangunan bersejarah saja, Kota Georgetown juga memiliki segudang objek wisata lainnya yang juga menarik dikunjungi. Lantas, apa saja daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

14+ Tempat Wisata di Georgetown (Penang) Yang Wajib Dikunjungi

#1. Cheong Fatt Tze Mansion

Tempat Wisata di Georgetown
Cheong Fatt Tze Mansion
Daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) yang wajib dikunjungi yang pertama yaitu Cheong Fatt Tze Mansion, atau dikenal juga dengan nama " Blue Mansion ". Awalnya, Bangunan ini adalah milik seorang bernama Cheong Fatt Tze.

Salah satu daya tarik utama dari bangunan unik berwarna biru selain bentuk bangunannya bergaya arsitektur khas Tiongkok, yaitu banyak bagian dari bangunan tersebut, dan beberapa perabotannya diimpor dari luar negeri.

#2. Esplanade

Tempat Wisata di Georgetown
Esplanade
Daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Esplanade. Esplanade adalah sebuah tempat di Georgetown untuk berjalan-jalan santai dengan suasana laut yang segar.

Di tempat wisata ini terdapat War Memorial, yaitu sebuah monumen yang dibangun dengan tujuan untuk menghormati para pejuang yang sudah gugur, dan terdapat juga Fort Cornwallis, yaitu sebuah benteng kuno yang dibangun ketika Kapten Francis Light berlabuh di Penang.

Jika kamu berjalan sedikit kearah Jalan Padang, maka kamu akan menemukan beberapa objek wisata menarik lainnya seperti Penang Art Gallery, Penang Town Hall, Penang City Hall, dan lain sebagainya.

#3. Pinang Peranakan Mansion

Tempat Wisata di Georgetown
Pinang Peranakan Mansion
Pinang Peranakan Mansion adalah sebuah bangunan kuno yang dulunya adalah milik Kapitan Chung Keng Kwee. Kini, bangunan kuno ini sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang bisa dikunjungi oleh siapapun.

Di dalam bangunan kuno ini terdapat lebih dari 1.000 koleksi barang antik, dan beberapa benda lainnya, yang mengambarkan kehidupan bangsawan peranakan di Georgetown, salah satunya adalah beberapa koleksi terbaik perhiasan Baba Nyonya.

#4. Lebuh Muntri

Lebuh Muntri adalah salah satu kawasan wisata di Georgetown. Dan salah satu tempat wisata yang paling menarik dikunjungi di kawasan Lebuh Muntri ini adalah Camera Museum, yaitu museum kamera pertama di Malaysia dan Asia Tenggara.

Camera Museum ini akan memberikan informasi seputar tentang awal mula kamera, dan beberapa cerita sejarah lainnya dibalik alat ini. Ada beberapa area di museum ini, yakni area pameran kamera, area pameran fotografi, area cinderamata, dan kafe.

Bukan hanya Camera Museum saja, di kawasan Lebuh Muntri juga terdapat Masjid Benggali, yaitu sebuah masjid yang dibangun oleh kamu muslim India asal Bengal pada tahun 1803, dan Kuil Hainan, yaitu kuil yang menjadi tempat penghormatan Dewi Mar Chor.

#5. Street of Harmony

Tempat Wisata di Georgetown
Street of Harmony
Walaupun dikenal dengan keberagaman agama, ras, dan suku, namun Penang selalu menjadi tempat yang damai bagi setiap warganya. Hal ini bisa dilihat langsung di Street of Harmony, atau dikenal juga dengan nama " Jalan Kapitan Keling ".

Di sepanjang Jalan Kapitan Keling ini terdapat beberapa tempat ibadah dari beberapa agama yang berbeda, mulai Gereja St. George, Goddes of Mercy Temple, hingga Masjid Kapitan Keling, dan lain sebagainya.

Uniknya, hampir semua tempat ibadah-tempat ibadah tersebut dibangun pada abad ke-18, sehingga tempat ibadah tersebut menjadi salah satu tempat ibadah tertua paling bersejarah di Kota Georgetown.

#6. Armenian Street

Tempat Wisata di Georgetown
Armenian Street
Daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Armenian Street, atau dikenal juga dengan nama " Khoo Kongsi ". Armenian Street adalah sebuah gang kecil yang cukup terkenal di Georgetown.

Di sepanjang gang kecil tersebut banyak dipenuhi dengan seni jalanan berupa mural-mural cantik, yang bagus dijadikan sebagai background untuk berfoto selfie. Selain itu, di sepanjang gang kecil banyak terdapat rumah khas Tiongkok, museum, dan beberapa toko souvenir.

Di Armenian Street juga terdapat sebuah kuil yang menarik dikunjungi, yaitu Kuil Khoo Kongsi, yang dibangun oleh Klan Khoo Kongsi, yaitu salah satu klan Tiongkok di Georgetown, pada tahun 1906 silam.

#7. Pelabuhan Jetty

Tempat Wisata di Georgetown
Pelabuhan Jetty
Pelabuhan Jetty adalah salah satu pelabuhan paling bersejarah di Georgetown. Awalnya, kawasan yang berada di Weld Quay ini dibangun untuk rumah bagi para imigran china yang berkerja dekat dengan laut.

Kini, kawasan ini sudah disulap menjadi sebuah tempat wisata yang menarik dikunjungi di Georgetown. Di kawasan ini para pengunjung bisa melihat perkampungan nelayan tradisional dengan bangunan dan jalan setapak yang terbuat dari kayu.

#8. Beach Street

Tempat Wisata di Georgetown
Beach Street
Beach Street adalah salah satu jalan raya utama di Kota Georgetown. Beach Street juga dikenal dengan julukan " Bank Street " karena kawasan ini merupakan pusat kantor bank di Kota Georgetown (Penang).

Beach Street juga merupakan salah satu jalan tertua di Kota Georgetown, sehingga hampir semua bangunan dikawasan ini adalah bangunan bekas peninggalan bangsa Inggris yang sangat instagramable.

#9. Wonderfood Museum

Sesuai dengan namanya, Wonderfood Museum adalah sebuah museum bertemakan makanan di Kota Georgetown. Di museum ini, para pengunjung akan menemukan beragam jenis replika makanan.

Dan hampir semua replika makanan di Wonderfood Museum ini sangat mirip dengan aslinya, bahkan ada beberapa replika makanan di museum ini terlihat lebih enak dari aslinya. Selain itu, replika makanan di museum ini juga sangat fotogenik.

#10. Penang Toy Museum

Selain Wonderfood Museum, ada satu lagi tempat wisata di Georgetown (Penang) berupa museum yang menarik dikunjungi yaitu Penang Toy Museum. Sesuai dengan namanya, museum ini banyak memajang beragam jenis mainan dari seluruh dunia.

Museum yang dibuka pada tahun 2005 silam mempunyai kurang lebih 100.000 koleksi mainan, yang terdiri dari beragam jenis mainan, beberapa jenis boneka, patung lilin, dan barang-barang menarik lainnya.

#11. Tropical Spice Garden

Tempat Wisata di Georgetown
Tropical Spice Garden
Daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) yang juga wajib dikunjungi berikutnya yaitu Tropical Spice Garden. Tropical Spice Garden adalah sebuah hutan tropis yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Georgetown.

Selain bisa menikmati suasana hutan tropis yang masih asri dan alami, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana menarik, mulai dari ayunan raksasa, area seluncuran, hingga rumah teh, dan lain sebagainya.

#12. Plaza Gurney

Tempat Wisata di Georgetown
Plaza Gurney
Bagi kamu yang hobi berwisata belanja dan saat ini sedang berkunjung ke Kota Georgetown, maka wajib mengunjungi Plaza Gurney. Karena Plaza Gurney adalah salah satu tempat belanja murah di Kota Georgetown.

Lokasinya juga cukup unik, yaitu terletak di pinggir pantai. Selain itu, pusat perbelanjaan yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berburu oleh-oleh dari Kota Georgetown untuk dibawa pulang.

#13. Gurney Drive Hawker Center

Gurney Drive Hawker Center adalah salah satu tempat wajib dikunjungi setelah puas mengelilingi tempat wisata di Kota Georgetown. Karena Gurney Drive Hawker Center adalah tempat terbaik untuk mengisi perut di Kota Georgetown.

Gurney Drive Hawker Center banyak menyediakan beragam makanan khas Penang yang terkenal. Tempat ini juga tidak pernah sepi pengunjung, karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Georgetown.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar tempat wisata di Georgetown (Penang) yang wajib dikunjungi wisatawan. Bagaimana, tertarik berkunjung kesana? Namun sebelum pergi kesana, baca dulu 8+ Tempat Belanja Murah di Penang (Malaysia) Paling Direkomendasikan!!.