Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) Yang Wajib Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) berikut ini sangat wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Ho Chi Minh City adalah kota terbesar di Vietnam yang terletak dekat dengan delta Sungai Mekong.

Mungkin tidak banyak wisatawan yang mengetahui tentang kota yang satu ini, karena nama Ho Chi Minh City mungkin kalah populer jika dibandingkan dengan Kota Hanoi yang merupakan ibukota negara Vietnam.

Walaupun begitu, Ho Chi Minh City mempunyai banyak sekali tempat wisata sejarah yang menarik dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) Yang Wajib Dikunjungi

#1. Saigon Central Post Office

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Saigon Central Post Office
Tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) yang wajib dikunjungi pertama yaitu Saigon Central Post Office. Saigon Central Post Office adalah salah satu bangunan peninggalan dari kolonial Perancis di Vietnam.

Namun sekarang, bangunan megah berwarna kuning ini sudah dialihfungsikan sebagai salah satu kantor pos di Ho Chi Minh City. Bahkan kini, Saigon Central Post Office langsung menjelma menjadi kantor pos termegah di Asia Tenggara.

Bisa dikatakan, bangunan yang dirancang oleh Alfred Foulhoux pada akhir abad ke-19 ini adalah salah satu tempat paling instagramable di Ho Chi Minh City sekarang ini.

#2. Basilika Notre-Dame Saigon

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Basilika Notre-Dame Saigon
Tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Basilika Notre-Dame Saigon. Basilika Notre-Dame Saigon adalah sebuah katedral yang berada di pusat Kota Ho Chi Minh City.

Kurang lebih sama dengan Saigon Central Post Office, Basilika Notre-Dame Saigon ini juga merupakan salah satu bangunan peninggalan dari kolonial Prancis, yang dibangun pada akhir abad ke-19.

Keunikan dari bangunan ini adalah tampilan disisi luarnya yang sangat kentara dengan didominasi oleh warna merah kecokelatan, sangat berbeda jauh dengan katedral pada umumnya yang kebanyakan berwarna abu-abu.

#3. Nguyen Hue

Nguyen Hue adalah sebuah taman kota di Ho Chi Minh City, dimana di taman kota tersebut banyak terdapat berbagai jenis bunga, bangku taman untuk bersantai, restoran, bar, dan fasilitas menarik lainnya.

Yang membuat taman kota ini menarik dikunjungi, yaitu dekat dengan beberapa bangunan bersejarah yang terkenal di Ho Chi Minh City seperti Basilika Notre-Dame Saigon, Saigon Opera House, Saigon Central Post Office, dan lainnya.

#4. Saigon Opera House

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Saigon Opera House
Kurang lebih sama dengan Saigon Central Post Office, dan Basilika Notre-Dame Saigon, Saigon Opera House juga merupakan bangunan peninggalan kolonial Prancis yang dibangun pada akhir abad ke-19.

Saigon Opera House dikenal sebagai teater kota yang pada tahun 2012 lalu didaulat sebagai salah satu peninggalan nasional. Gedung yang memiliki lahan seluas sekitar 3,2 juta hektar ini terlihat seperti gerbang raksasa yang indah.

Waktu terbaik berkunjung ke Saigon Opera House yaitu pada sore hari menjelang malam hari, dimana pada waktu itu, lampu kerlap-kerlip di gedung ini akan memberikan nuansa yang sangat indah.

#5. Ho Chi Minh City Hall

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Ho Chi Minh City Hall
Ho Chi Minh City Hall adalah sebuah bangunan bergaya arsitektur prancis klasik yang selesai dibangun pada tahun 1908 silam. Walaupun begitu, bangunan ini mempunyai sebuah danau setengah lingkaran yang manjadi ciri khas arsitektur tradisional Vietnam.

Kini, gedung yang berada di kawasan Nguyen Hue ini difungsikan sebagai kantor pemerintahan. Hanya saja, gedung ini tidak bisa dimasuki sembarang orang. Walaupun begitu, para wisatawan tetap bisa berburu foto instagramable di sekitar bangunan tersebut.

#6. Bitexco Financial Tower

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Bitexco Financial Tower
Tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Bitexco Financial Tower. Bitexco Financial Tower adalah salah satu gedung pencakar langir di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Gedung setinggi 262 meter ini sangat cocok dikunjungi bagi mereka yang suka dengan ketinggian. Pasalnya, di lantai 49 di gedung ini terdapat sebuah Observation Deck untuk menikmati aerial view Kota Ho Chi Minh City.

#7. Cu Chi Tunnels

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Cu Chi Tunnels
Cu Chi Tunnels adalah sebuah terowongan bawah tanah di Cu Chi District, Ho Chi Minh City. Dulunya, terowongan ini digunakan sebagai tempat persembunyian bagi para tentara Viet Kong selama perang berlangsung.

Namun sekarang, terowongan sepanjang 121 kilometer ini sudah dijadikan sebagai " war memorial park ". Di dalam terowongan tersebut terdapat dapur, kamar tidur, rumah sakit, ruangan pertemuan, dan lain sebagainya.

#8. War Remnant Museum

War Remnant Museum adalah sebuah museum yang secara lengkap mendokumentasikan setiap peristiwa dan kejadian kelam yang terjadi selama perang vietnam, yang melibatkan banyak negara di dunia.

Bisa dikatakan, War Remnant Museum adalah museum yang menunjukan berbagai dampak buruk bangsa Vietnam selama perang vietnam berlangsung. Gambaran kelam dampak perang vietnam semakin terasa di bangunan utamanya.

Berbagai kisah pilu dari para korban perang vietnam diabadikan dalam bentuk foto, video, dan beberapa benda-benda peninggalan perang seperti senjata, bom, alat-alat pemusnah biologis, dan lain sebagainya.

#9. Reunification Palace

Independence Palace atau Reunification Palace merupakan sebuah bangunan yang dulunya difungsikan sebagai istana kepresidenan Vietnam Selatan sebelum bersatu dengan Vietnam Utara menjadi negara Vietnam.

Di bagian dalam istana yang dibangun pada tahun 1962 - 1966 oleh Ngo Viet Thu ini terdapat beberapa ruangan penting yang menjadi saksi bisu dibuatnya berbagai perjanjian yang mengakhiri perang saudara tersebut.

#10. Ben Thanh Market

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Ben Thanh Market
Tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) yang wajib dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Ben Thanh Market. Ben Thanh Market adalah salah satu pasar terbesar yang berada di pusat Kota Ho Chi Minh City.

Ben Thanh Market adalah tempat yang bagus untuk berburu kerajinan seni lokal hingga souvenir bermerk lainnya di Ho Chi Minh City, mulai dari pakaian, jam tangan, hingga barang-barang antik, dan lain sebagainya.

Selain itu, pasar yang mulai dibangun pada awal abad ke-17 ini juga banyak menyediakan berbagai jenis makanan, mulai dari ikan bakar, mie goreng, hingga masakan daging dengan suasana khas vietnam.

#11. Fine Arts Museum

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Fine Arts Museum
Selain War Remnant Museum, ada satu lagi tempat wisata berupa museum di Ho Chi Minh City yang juga menarik dikunjungi, yaitu Fine Arts Museum. Fine Arts Museum adalah sebuah museum seni rupa di Ho Chi Minh City.

Ada beragam jenis seni rupa di museum ini, mulai dari lukisan, patung, ukiran kayu bergaya Hang Trong Dong Ho, dan Kim Hoang, keramik vietnam, hingga beberapa koleksi seni budha kuno, dan lain sebagainya.

#12. An Dong Plaza

Selain Ben Thanh Market, ada satu lagi tempat di Ho Chi Minh City yang juga cukup menarik dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya bagi wisatawan yang suka berbelanja, yaitu An Dong Plaza.

An Dong Plaza adalah sebuah pusat perbelanjaan di Ho Chi Minh City yang menawarkan segala kebutuhan, mulai dari fashion, perhiasan, karya seni, hingga beragam pernak-pernik menarik, dan lain sebagainya.

#13. Saigon Central Mosque

Tempat Wisata di Ho Chi Minh
Saigon Central Mosque
Kalau kamu seorang muslim dan sedang berkunjung ke Kota Ho Chi Minh City, maka wajib mempertimbangkan untuk mengunjungi Saigon Central Mosque yang dibangun pada tahun 1935 silam ini.

Selain itu, di sekitar masjid ini juga banyak tersedia warung makan halal. Jadi, bagi wisatawan muslim yang bingung mencari makanan halal di Ho Chi Minh City, bisa langsung mengunjungi Saigon Central Mosque ini

#14. Golden Dragon Water Puppet Theater

Tempat wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) yang wajib dikunjungi terakhir yaitu Golden Dragon Water Puppet Theater. Golden Dragon Water Puppet Theater adalah sebuah tempat seni pertunjukan Water Puppet.

Water Puppet adalah sebuah seni pertunjukan wayang tradisional vietnam yang dimainkan diatas air. Biasanya, ceritanya tentang kebudayaan-kebudayaan orang vietnam seperti bertani, menangkap ikan, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Ho Chi Minh City yang wajib dikunjungi para wisatawan. Baca juga 9+ Tempat Wisata di Khao Yai (Thailand) Paling Menarik Dikunjungi!!.