Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) Yang Bagus Dikunjungi!!

Tempat wisata di Sanggau berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jika sedang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Perlu diketahui, Sanggau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat.

Kabupaten Sanggau berada di tengah-tengah dibagian utara Provinsi Kalimantan Barat. Sehingga tidak terlalu mengherankan apabila kabupaten ini cukup banyak mempunyai objek wisata alam yang menarik.

Disamping itu, Kabupaten Sanggau juga mempunyai beberapa objek wisata sejarah seperti Keraton Surya Negara, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang bagus dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Daftar Tempat Wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) Yang Bagus Dikunjungi

#1. Pancur Aji

Tempat Wisata di Sanggau
Pancur Aji
Daftar tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang bagus dikunjungi pertama yaitu Pancur Aji. Pancur Aji merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan air terjun sebagai objek wisata utamanya.

Lokasinya berjarak sekitar 4 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menitan dari pusat Kota Sanggau, atau lebih tepatnya berada di Desa Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 

#2. Riam Macan Goa Maria

Tempat Wisata di Sanggau
Riam Macan Goa Maria
Daftar tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang bagus dikunjungi berikutnya yaitu Riam Macan Goa Maria. Riam Macan Goa Maria adalah sebuah tempat wisata yang unik di Kabupaten Sanggau.

Dikatakan " unik " karena tempat wisata yang satu ini mempunyai dua objek wisata yang sangat kontras, yaitu objek wisata alam berupa air terjun setinggi kurang lebih 20 meter, dan objek wisata religi bagi umat katolik.

Lokasinya berjarak kurang lebih 25 menit perjalanan mengunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Sanggau, atau lebih tepatnya berada di Desa Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

#3. Sipatn Lotup

Sipatn Lotup adalah sebuah objek wisata air panas di Kabupaten Sanggau. Objek wisata yang satu ini sangat unik, dikatakan " unik " karena wilayah Kabupaten Sanggau tidak memiliki gunung berapi (vulkanik) yang menjadi sumber air panas.

Nama " Sipatn Lotup " sendiri berasal dari bahasa penduduk setempat, dimana kata " Sipatn " berarti " sungai", dan " Lotup " berarti " panas ". Sehingga penduduk disana menyebutnya sebagai " Ai Sipatn Lotup " yang berarti " air sungai yang panas ".

Disamping itu, keberadaan objek wisata ini juga diiringi dengan berbagai cerita turun temurun, mulai dari cerita-cerita mistis, hingga cerita tentang airnya yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Jika kamu penasaran dengan objek wisata air panas di Kabupaten Sanggau ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Kampung Peruntang, Desa Sape, Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

#4. Danau Lait

Tempat Wisata di Sanggau
Danau Lait
Danau Lait adalah sebuah danau musiman di Kabupaten Sanggau. Dimana, pada musim kemarau, danau ini akan mengalami kekeringan, dan sering dijadikan sebagai akses jalan darat oleh penduduk setempat.

Namun pada musim penghujan, debit air di danau ini sangat besar dengan kedalaman mencapai 5 meteran. Disamping itu, danau seluas kurang lebih 700 hektar ini juga dihuni oleh berbagai jenis ikan tawar.

Sehingga tidak mengherankan jika danau yang berada di Desa Kedodok, Kecamatan Tayan HIlir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini merupakan surga bagi para pemancing mania di Kabupaten Sanggau.

#5. Keraton Surya Negara

Keraton Surya Negara adalah sebuah peninggalan kebudayaan dari jaman keemasan Kerajaan Sanggau yang memerintah wilayah Kabupaten Sanggau pada abad ke-18 dengan rajanya yang bergelar " Panembahan ".

Keraton Surya Negara sendiri terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda, di antaranya adalah Rumah Kuta, Rumah Raden Penghulu, Rumah Tinggi, Rumah Balai, Rumah Laut, dan Rumah Bosor. 

Jika kamu penasaran seperti apa kemegahan Keraton Surya Negara ini? Kamu bisa langsung mengunju ginya di Desa Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

#6. Hutan Belian

Daftar tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang bagus dikunjungi selanjutnya yaitu Hutan Belian. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Sanggau, atau lebih tepatnya di Desa Mengkiang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Sesuai dengan namanya, Hutan Belian adalah sebuah hutan lindung yang banyak terdapat Kayu Belian, yaitu salah satu jenis kayu khas Pulau Kalimantan yang terkenal dengan kualitasnya untuk bahan bangunan.

Bukan hanya itu saja, hutan lindung seluas kurang lebih 32 hektar ini juga dihuni beberapa jenis primata seperti Owa Kelempiau (Owa Kalawat) dan lain sebagainya. 

#7. Gunung Tiong Kandang

Tempat Wisata di Sanggau
Gunung Tiong Kandang
Bagi kalian yang suka berpetualang, rasanya kurang lengkap jika mengunjungi Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat tanpa mendaki Gunung Tiong Kandang, yaitu gunung tertinggi di Kabupaten Sanggau.

Pasalnya, gunung yang berada di Desa Tae, Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini tidak hanya menyajikan hamparan perbukitan-perbukitan yang hijau, namun juga menawarkan beberapa objek wisata lainnya.

Seperti Air Terjun Nosok, batu keramat bernama " Batu Ukan ", hingga Batu Penjepit yang digunakan oleh penduduk setempat untuk meramal panjang tidaknya umur seseorang, dan masih banyak lagi lainnya.

#8. Goa Thang Raya

Sesuai dengan namanya, Goa Thang Raya ini berada di Desa Thang Raya, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sangau, Kalimantan Barat dan diyakini sebagai salah satu tempat suci oleh penduduk setempat.
  
Bahkan pada acara-acara tertentu, penduduk setempat sering menjadikan Goa Thang Raya sebagai salah satu tempat untuk melakukan ritual, khususnya pada musim peanaman padi.

Namun dibalik itu semua, Goa Thang Raya ini sangat menarik dikunjungi oleh para wisatawan, karena goa dengan panjang kurang lebih 100 meter ini mempunyai batu yang membentuk relief-relief yang unik.

#9. Air Terjun Saka Dua

Tempat Wisata di Sanggau
Air Terjun Saka Dua
Wilayah Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat dilewati oleh salah satu sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas. Dan sungai inilah yang menjadi salah satu akses menuju ke Air Terjun Saka Dua ini.

Memang untuk menikmati keindah air terjun yang berada di Dusun Sungai Bemban Desa Sei Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini membutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan.

Namun, pesona yang ditawarkan oleh air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini cukup sebanding sebagai imbalannya. Apalagi lokasi Air Terjun Saka Dua juga berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung.

#10. Gunung Bengkawan

Daftar tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang juga bagus dikunjungi oleh wisatawan selanjutnya yaitu Gunung Bengkawan di Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Pesona alam yang ditawarkan oleh Gunung Bengkawan ini tidak perlu diragukan lagi. Disamping itu, para wisatawan juga bisa mengenal lebih dekat dengan suku dayak bidayuh dan berbagai jenis adat dan istiadatnya.

#11. Bukit Bakmunt

Tempat Wisata di Sanggau
Bukit Bakmunt
Bukit Bakmunt adalah sebuah bukit indah dengan hamparan hijau dari rumput ilalang. Secara administratif, bukit ini berada di Desa Empodis, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Tidak jarang, para wisatawan yang mengunjungi bukit ini akan melakukan camping (berkemah) diatas puncaknya untuk menunggu matahari terbit (sunrise).

#12. Jembatan Gantung Tanjung Sekayam

Jembatan Gantung Tanjung Sekayam adalah salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Sanggau, khususnya pada malam hari, karena pada waktu itu, jembatan ini menunjukan keindahannya.

Selain itu, pada sore hari, jembatan yang berada di Desa Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini juga " cukup " banyak dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan Sungai Sekayam.

#13. Masjid Agung Al Muawanah

Renovasi masjid yang dilakukan secara besar-besaran oleh Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat dan memakan miliaran rupiah dari anggaran APBD-nya ini menghasilkan sebuah bangunan berarsitektur yang begitu indah.

Sehingga tidak terlalu mengherankan jika para wisatawan dari luar daerah selalu menyempatkan waktu untuk singgah ke Masjid Agung Al Muawanah, yang merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Sanggau.

Disamping itu, lokasinya juga cukup mudah ditemukan yakni di Jalan RE Martadinata, Desa Tanjung Sekayam, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

#14. Taman Sabang Merah

Tempat Wisata di Sanggau
Taman Sabang Merah
Daftar tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang bagus dikunjungi terakhir yaitu Taman Sabang Merah. Taman Sabang Merah adalah sebuah taman dengan konsep ruang terbuka hijau di Kabupaten Sanggau.

Berbagai fasilitas juga sudah disediakan seperti menara pandang, children playground, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran jika taman yang berada di Desa Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar tempat wisata di Sanggau (Kalimantan Barat) yang bagus dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 12+ Tempat Wisata di Sintang (Kalbar) Yang Lagi Hits Dikunjungi!!.