Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Tempat Wisata di Soe (TTS - NTT) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

Beberapa Tempat wisata di Soe (TTS - NTT) berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu para wisatawan lokal maupun para wisatawan dari luar daerah atau wisatawan asing.

Perlu diketahui, Soe adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada banyak objek wisata yang menarik dikunjungi di kota berjuluk " The Freezing City " ini.

Mulai dari pantai, air terjun, hingga bukit-bukit indah nan hijau. Lantas, dimana saja tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Soe (TTS - NTT) Yang Direkomendasikan Dikunjungi

#1. Taman Bunga Lavender

Tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang direkomendasikan dikunjungi pertama yaitu Taman Bunga Lavender. Lokasinya berada di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sesuai dengan namanya, Taman Bunga Lavender merupakan sebuah tempat luas dengan hamparan bunga lavender. Dan waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah antara bulan juni hingga bulan agustus setiap tahunnya.

#2. Air Tagepe

Tempat Wisata di Soe
Air Tagepe
Tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Air Tagepe. Air Tagepe adalah sebuah tempat wisata air, yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna " air yang terjepit atau terhimpit ".

Dinamakan " Air Tagepe " karena aliran airnya mengalir melalui celah-celah barisan tebing batu yang " sangat " sempit, dimana lebar celah dikedua sisi tebing tersebut hanya berkisar antara 1 meter hingga 3 meter saja.

Jika kamu penasaran seperti apa tempat wisata air ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

#3. Air Terjun Love

Tempat Wisata di Soe
Air Terjun Love
Selain Air Tagepe, ada satu lagi tempat wisata air di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Air Terjun Love (Waterfall Love).

Air terjun ini " cukup " unik dan berbeda dengan air terjun pada umumnya di Indonesia, dimana kolam jatuhan airnya berbentuk hati (love), sehingga banyak wisatawan menamainya sebagai " Air Terjun Love (Waterfall Love) ".

Walaupun namanya belum terlalu populer, namun berkat keunikannya yang dimilikinya, sehingga beberapa tahun belakang, air terjun ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

#4. Desa Fatuulan

Desa Fatuulan di Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Saking indahnya, bahkan sampai disebut sebagai " negeri diatas awan ".

Disebut sebagai " negeri diawas awan " karena lokasi desa yang berada di ketinggian 1.800 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini selalu diselimuti oleh kabut tebal hampir di sepanjang hari. 

#5. Hutan Bonsai Fatumnasi

Tempat Wisata di Soe
Hutan Bonsai Fatumnasi
Hutan Bonsai Fatumnasi adalah sebuah hutan bonsai di lereng Gunung Mutis atau lebih tepatnya di Desa Fatumnasi, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pohon-pohon bonsai di Hutan Bonsai Fatumnasi ini mempunyai ukuran yang " sangat " besar, berlumut, dan konon katanya pohon-pohon bonsai tersebut sudah berusia sekitar ratusan tahun.

#6. Pantai Kolbano

Tempat Wisata di Soe
Pantai Kolbano
Selain air terjun dan bukit-bukit hijau yang indah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga mempunyai beberapa tempat wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Kolbano.

Selain menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan sebuah batu raksasa yang cukup unik, yaitu batu Fatu Un.

Jika kamu penasaran dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini! Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

#7. Bukit Fatu Nausus

Tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang direkomendasikan dikunjungi selanjutnya yaitu Bukit Fatu Nausus. Bukit Fatu Nausus adalah sebuah bukit karst bekas penambangan batu marmer di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Bukit yang terpotong tegak lurus ini sangat dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat karena keberadaan bukit ini dianggap bisa memberikan kehidupan bagi orang-orang disekitarnya.

Disamping itu, bukit yang berada di Desa Fatukoto, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini juga sangat dipuja oleh pebisnis karena nilai ekonomisnya.

#8. Danau Nausus

Danau Nausus di Desa Fatukoto, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mendadak menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan danau yang sering dijadikan sebagai tempat pemancingan oleh masyarakat setempat ini mempunyai keindahan danau dan alam yang bisa membuat siapa saja yang memandangnya berdecak kagum.

#9. Taman Rekreasi Bu’at

Tempat Wisata di Soe
Taman Rekreasi Bu’at
Selain Taman Bunga Lavender, Air Tagepe, dan Air Terjun Love, ada satu lagi tempat wisata di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Taman Rekreasi Bu’at.

Lebih menariknya lagi, taman yang mempunyai barisan pepohonan yang menjulang tinggi seperti dalam film " Twilight " ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Disamping itu, tempat wisata ini juga sangat instagramable.

Sehingga tidak terlalu mengherankan apabila Taman Rekreasi Bu’at selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya untuk mengisi waktu liburannya atau hanya sekedar ingin berfoto-foto ria.

#10. Air Terjun Oehala

Tempat Wisata di Soe
Air Terjun Oehala
Keindahan Air Terjun Oehala di Desa Oehala, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini sudah terkenal luas di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Disamping itu, Air Terjun Oehala juga sering disebut sebagai " Air Terjun Tujuh Tingkat " karena air terjun ini mempunyai tujuh tingkatan yang aliran airnya langsung mengalir ke Samudera Hindia.

#11. Air Terjun Oenaek

Selain Air Terjun Love (Waterfall Love), dan Air Terjun Oehala, ada satu lagi tempat wisata air terjun yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan di di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), yaitu Air Terjun Oenaek.

Hanya saja, air terjun yang berada di Desa Benlutu, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini belum banyak diketahui oleh wisatawan, sehingga masih sepi pengunjung.

#12. Bukit Fatukopa

Tempat Wisata di Soe
Bukit Fatukopa
Tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang juga direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Fatukopa. Bukit Fatukopa adalah sebuah bukit batu karang dengan sedikit vegetasi khas hutan hujan tropis.

Bukit yang berada di Desa Fatukopa, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memang sangat unik, karena kalau dilihat pada posisi tertentu, maka terlihat seperti kapal.

Hal inilah yang membuat sebagian besar masyarakat setempat percaya bahwa batu karang ini merupakan bahtera Nabi Nuh yang karam pada jaman dulu.

#13. Pantai Oetune

Tempat Wisata di Soe
Pantai Oetune
Selain Pantai Kolbano, ada satu lagi tempat wisata pantai di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang juga " sangat " direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan, yaitu Pantai Oetune.

Selain mempunyai hamparan pasir putih yang " sangat " luas, Pantai Oetune juga cocok dijadikan sebagai tempat berselancar (surfing), karena ombaknya bisa mencapai rata-rata antara 4 meter hingga 7 meter.

Jika kamu penasaran dengan pesona pantai ini? Kamu bisa langsung mengunjungi Pantai Oetune di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

#14. Gunung Mutis

Tempat Wisata di Soe
Hutan di Gunung Mutis
Kalau objek wisata yang satu ini hanya cocok bagi para wisatawan yang berjiwa petualang, karena Gunung Mutis adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Timor dengan tinggi 2.427 mdpl (meter diatas permukaan air laut).

Di Gunung Mutis ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan luas dengan pohon-pohon menjulang tinggi lengkap dengan hewan-hewan khasnya seperti Rusa Timor, Kuskus, Perkici Dada Kuning, dan masih banyak lagi lainnya.

Secara administratif, lokasi Gunung mutis berada di dua kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Fatumnasi, dan Kecamatan Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

#15. Sungai Meokono

Tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang direkomendasikan dikunjungi terakhir yaitu Sungai Meokono. Lokasinya berada di Dusun Meokono, Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hanya saja, objek wisata yang satu ini belum begitu populer dikalangan para wisatawan. Walaupun begitu, panorama alam yang ditawarkan oleh objek wisata ini berbeda dan sangat sayang dilewatkan begitu saja.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Soe (TTS - NTT) yang " sangat " direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan. Baca juga 11+ Tempat Wisata di Atambua (Belu) Yang Bagus Dikunjungi!!.