Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Jajanan Khas Garut (Jawa Barat) Yang Terkenal Lezat!!

Jajanan khas Garut di Jawa Barat berikut ini wajib kamu dicicipi karena kue dan jajanan ini sudah terkenal kelezatan. Seperti diketahui, Garut adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan kelezatan dodol-nya.

Namun tahukah kamu? Kalau jajan khas di Kabupaten Garut itu bukan hanya dodol, ada beberapa jajanan khas lainnya yang kelezatannya tidak kalah dengan dodol, yang namanya sudah mendunia tersebut.

Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, berikut adalah beberapa jajanan khas Garut di Jawa Barat yang dirangkum oleh blog Pikniktoday.com dari berbagai sumber. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Inilah Daftar Jajanan Khas Garut (Jawa Barat) Yang Terkenal Lezat

#1. Dodol

Jajanan Khas Garut
Dodol Picnic
Seperti yang disinggung di bagian intro, jajanan khas Garut yang paling terkenal di seluruh Indonesia adalah dodol. Dodol adalah semacam kue yang terbuat dari tepung ketan, santan kelapa, gula merah, dan dibungkus dengan daun jagung atau kertas.

Hingga sekarang, dodol khas garut sudah mempunyai beragam varian rasa yang sangat lezat dan enak seperti rasa original, durian, sirsak, jeruk, wijen, cokelat, susu, dan masih banyak lagi varian rasa dodol lainnya.

Salah satu merk dodol khas garut legendaris yang selalu mampu konsisten menjaga citarasanya hingga sekarang adalah Dodol Picnic. Konon kabarnya, Dodol Picnic sudah ada sejak tahun 1949 silam.

#2. Kerupuk Kulit dan Dorokdok

Jajanan Khas Garut
Kerupuk Kulit Khas Garut
Jajanan khas Garut (Jawa Barat) yang terkenal lezat berikutnya yaitu Kerupuk Kulit dan Dorokdok. Kerupuk Kulit dan Dorokdok merupakan penganan kering yang mempunyai kemiripan satu sama lainnya.

Perbedaannya hanya dari bahan dasar pembuatannya saja. Dimana, Kerupuk Kering biasanya dibuat dari kulit kerbau asli yang kemudian diberi racikan rempah-rempah khas Indonesia, dan beberapa bumbu lainnya.

Sedangkan Dorokdok biasanya dibuat dari kulit sapi, dan racikan bumbunya kurang lebih sama dengan Kerupuk Kering. Lebih menarik lagi, baik Kerupuk Kulit maupun Dorokdok tidak mengunakan bahan pengawet.

#3. Ladu Malangbong

Ladu Malangbong adalah sejenis kue kering manis yang terbuat dari beras ketan, gula aren, dan kelapa parut, yang kemudian diolah sedemikian rupa, hingga akhirnya menjadi salah satu jajanan manis khas Kabupaten Garut.

Kenapa dinamakan Ladu Malangbong? Karena kabarnya, jajanan manis khas Kabupaten Garut yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

#4. Chocodot

Jajanan Khas Garut
Chocodot
Dibandingkan dengan tiga jajanan diatas, yaitu Dodol, Dorokdok, dan Ladu Malangbong, Chocodot termasuk jajanan baru di Garut. Pasalnya, jajanan ini baru meraih popularitasnya sekitar lima tahun belakang.

Walaupun termasuk pemain baru di Garut, namun popularitas jajanan yang satu ini tidak tanggung-tanggung, karena Chocodot sudah berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi atas inovasi-inovasinya.

Chocodot adalah penganan yang mengabungkan cokelat dan dodol, lebih sederhananya dodol di dalam cokelat, sehingga dodol tidak lagi dianggap sebagai makanan jadul, khususnya bagi anak muda di Indonesia.

#5. Endog Lewo (Emplod)

Jajanan Khas Garut
Endog Lewo (Emplod)
Emplod atau penduduk lokal lebih sering menyebutnya dengan nama " Endog Lewo " adalah sebuah makanan ringan khas Garut yang dibuat dari bahan dasar singkong, kelapa parut, dan beberapa bumbu lainnya.

Dinamakan " Endog Lewo ", karena bentuknya yang bulat mirip seperti telur. Dimana telur dalam bahasa sunda disebut " endog ", sehingga " Endog Lewo " bermakna " telur yang dibuat dari kampung lewo ".

#6. Moring Garutan

Sebenarnya, nama Moring diambil dari singkatan " cimol kering ". Dan sesuai dengan namanya tersebut, Moring adalah sebuah cemilan berupa keripik yang dibuat dari cimol yang berbahan dasar tepung kanji.

Hingga sekarang, jajanan yang satu ini sudah banyak dijual dalam berbagai varian rasa, di antaranya adalah rasa pedas, rasa keju, hingga rasa BBQ dan lain sebagainya.

#7. Es Goyobod

Jajanan Khas Garut
Es Goyobod
Kalau jajanan yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan bagitu saja, apalagi ketika sedang menjelajahi Kabupaten Garut di siang hari yang panas. Pasalnya, jajanan yang satu ini bisa membuatmu segar kembali.

Sesuai dengan namanya, Es Goyobod adalah salah satu minuman khas Garut yang menyegarkan. Es Goyobod ini mirip seperti es campur pada umumnya, yang membedakan Es Goyobod ditambahkan dengan tepung kanji.

#8. Angleng

Sebenarnya, Angleng ini kurang lebih sama dengan dodol, dimana bahan dasar pembuatannya sama-sama dari campuran antara beras ketan, gula merah. Bahkan, proses pembuatannya pun kurang lebih sama dengan dodol.

Yang membedakannya adalah Angleng dibuat dalam bentuk karamel. Angleng merupakan salah satu jajanan khas Garut (Jawa Barat) yang cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk bawa pulang ke rumah.

#9. Ceprus

Cara pembuatan jajanan ini sangat sederhana sekali, dimana Ceprus dibuat dari singkong bakar yang dicelupkan ke dalam kinca, yaitu adonan gula merah panas. Hanya saja, jajanan ini sudah sangat langka.

Oleh karena itu, jarang ada toko oleh-oleh yang menjual jajanan yang satu ini. Salah satu tempat yang yang memungkinkanmu bisa mencicipi Ceprus adalah di pusat gula merah dari pohon kawung atau pohon aren di Garut.

#10. Kue Balok Maranti

Jajanan Khas Garut
Kue Balok Maranti
Kue Balok Maranti adalah salah satu kue basah tradisional khas Garut yang sekilas mirip dengan kue pukis. Namun, antara Kue Balok Maranti dan kue pukis memiliki rasa dan isian yang berbeda satu sama lain.

Jika kue pukis bertekstur empuk dan lembut, sedangkan Kue Balok Maranti bertekstur sedikit lebih padat dan keras. Biasanya, kue ini sering dijadikan sebagai menu penganti sarapan oleh sebagian masyarakat Garut.

#11. Burayot

Jajanan Khas Garut
Burayot
Mungkin sebagian orang yang baru pertama kali mendengar nama jajanan yang satu ini akan merasa lucu, geli, dan lain sebagainya. Pasalnya, Burayot dalam bahasa sunda berarti " bergayut " atau " bergantung ".

Namun dibalik namanya yang mengelikan tersebut, Burayot merupakan salah satu jajanan khas Garut yang terkenal dengan kelezatannya. Dimana, jajanan bercitarasa manis ini terbuat dari tepung beras, gula aren, dan garam.

#12. Rangginang

Jajanan khas Garut (Jawa Barat) yang terkenal lezat terakhir yaitu Rangginang. Rangginang adalah sebuah cemilan garing yang terbuat dari beras ketan, dan beberapa bumbu lainnya. Namun dalam perkembangannya, Rangginang sudah mempunyai beberapa varian rasa dengan warna-warni.

Proses pembuatan cemilan yang satu ini cukup unik, dimana beras ketan dikukus, kemudian diberi bumbu, setelah itu dibentuk bulat, dan dijemur beberapa hari hingga kering. Setelah itu barulah digoreng hingga garing.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jajanan khas Garut (Jawa Barat) yang terkenal lezat. Bagaimana? Sudah pernah mencicipinya? Baca juga 11+ Makanan Khas Sunda Dari Singkong Yang Terkenal Lezat!!.