Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Manggarai Yang Wajib Dicoba!!

Beberapa makanan khas Manggarai di Pulau Flores berikut ini sangat wajib dicoba dan dicicipi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Manggarai adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kabupaten Manggarai terkenal dengan iklimnya yang sejuk, dan keindahan alamnya yang menggagumkan. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan mengunjungi kabupaten dengan ibukota Ruteng ini.

Disamping itu, Kabupaten Manggarai juga mempunyai sejumlah makanan khas yang menarik dicoba dan dicicipi. Lantas, apa saja makanan khas Manggarai yang wajib dicoba dan dicicipi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Manggarai Yang Harus Dicoba

#1. Kompiang

Makanan Khas Manggarai
Kompiang (Kompyang)
Makanan khas Manggarai yang wajib dicoba dan dicicipi pertama yaitu Kompiang atau dikenal juga dengan nama " Kompyang ". Kompiang (Kompyang) adalah sebuah roti yang penampilannya mirip seperti onde-onde karena ditaburi wijen.

Pada awalnya, Roti Kompiang (Kompyang) ini hanya disajikan pada acara-acara tertentu saja seperti acara keluarga dan lainnya. Namun di jaman sekarang, roti ini sangat mudah ditemukan di Kabupaten Manggarai dan sekitarnya.

Hal tersebut tidak lepas dari kepopuleran roti ini dikalangan para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, yang sering menjadikan Roti Kompiang (Kompyang) sebagai oleh oleh khas Manggarai. 

#2. Jagung Catemak

Makanan khas Manggarai yang wajib dicoba dan dicicipi berikutnya yaitu Jagung Catemak. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar jagung dengan kombinasi labu lilin, dan kacang hijau.

Lebih menariknya lagi, dalam pengolahannya, makanan ini juga bisa ditambahkan beberapa jenis sayuran seperti daun pepaya, daun ubi, pucuk labu, dan lainnya. Biasanya, Jagung Catemak disajikan sebagai makanan penutup.

#3. Kopi Flores

Makanan Khas Manggarai
Kopi Flores
Siapa yang tidak tahu dengan kopi khas Pulau Flores ini. Ya! Kopi Flores adalah sejenis Kopi Arabika dengan citarasa yang " sangat " unik, karena memiliki harum bunga, karamel, tembakau, dan kacang-kacangan.

Citarasanya yang " sangat " unik tersebut merupakan hasil dari kopi yang ditanam di Pulau Flores. Dimana, Pulau Flores diketahui mempunyai iklim yang unik dibandingkan tempat manapun di dunia ini.

Dan Kopi Flores yang " cukup " terkenal yaitu Kopi Flores Bajawa dan Kopi Flores Manggarai. Dimana diketahui, Kopi Flores Manggarai mempunyai rasa seperti lemon sehingga cocok dibuat es kopi.

#4. Sopi

Sopi adalah salah satu minuman tradisional Kabupaten Manggarai dan sekitarnya yang dihasilkan dari proses fermentasi gula aren. Hanya saja, minuman ini memiliki kadar alk*h*l yang cukup tinggi dan memabukan.

Salah satu keunikan dari minuman ini yaitu jika diteteskan pada keramik maka akan memunculkan sebuah cahaya. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya proses penguapan dan pembakaran pada udara di sekitarnya.

#5. Sombu Gaplek

Kalau makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar singkong (ubi kayu atau ketela pohon) yang dihaluskan menjadi tepung singkong (ubi kayu atau ketela pohon) dan dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. 

Biasanya, Sombu Gaplek dihidangkan atau disajikan pada acara-acara tertentu saja seperti acara adat, pesta panen, atau acara untuk penyambutan tamu-tamu penting oleh pemerintah setempat.

#6. Kukih Surabe

Selain Sombu Gaplek, ada satu lagi makanan khas Kabupaten Manggarai dan sekitarnya yang mengunakan singkong (ubi kayu atau ketela pohon) sebagai bahan dasar pembuatannya, yaitu Kukih Surabe.

Hanya saja, makanan yang satu ini juga bisa dibuat dari jenis ubi lainnya selain singkong seperti keladi, atau talas. Dan biasanya, Kukih Surabe juga sering disajikan pada acara-acara besar seperti penerimaan tamu penting, peresmian gereja, dan lainnya.

#7. Kolo (Nasi Bakar)

Makanan Khas Manggarai
Kolo (Nasi Bakar)
Makanan khas Manggarai yang wajib dicoba dan dicicipi terakhir yaitu Nasi Bakar atau lebih dikenal dengan nama " Kolo ". Kolo (Nasi Bakar) adalah salah satu makanan tradisional bercitarasa alami di Kabupaten Manggarai dan sekitarnya.

Untuk membuat makanan ini dibutuhkan beras sebagai bahan utamanya dan beberapa bumbu khas Indonesia, serta bambu muda sebagai wadah atau tempat untuk memasak beras tersebut dengan cara dibakar hingga matang.

Biasanya, Kolo (Nasi Bakar) ini hanya disajikan pada Pesta Adat Penti, yaitu sebuah ritual sebagai ungkapan rasa syukur atas panen dan keharmonisan hidup yang sudah dilewati selama satu tahun terakhir.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Manggarai di Pulau Flores yang wajib dicoba dan dicicipi oleh para wisatawan. Baca juga 7+ Makanan Khas Maumere (Flores - NTT) Yang Wajib Dicicipi!!.