Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Makanan Khas Muna Yang Harus Disantap!!

Makanan khas Muna berikut ini harus kamu santap jika sedang jalan-jalan atau menghabiskan waktu liburan di kabupaten dengan ibukota raha ini. Seperti diketahui, Muna adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Muna diketahui mempunyai beberapa jenis makanan khas yang enak dan lezat. Walaupun sebenarnya kuliner khas Kabupaten Muna ini mempunyai beberapa kesamaan dengan sejumlah makanan khas dari daerah lainnya di Sulawesi Tenggara.

Namun tetap saja ada beberapa ciri yang " sedikit " membedakannya dengan makanan khas daerah lainnya di Sulawesi Tenggara. Lantas, apa saja makanan khas Muna yang harus disantap tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Muna Yang Harus Disantap

#1. Kabuto

Makanan Khas Muna
Kabuto
Makanan khas Muna yang harus disantap pertama yaitu Kabuto. Kabuto merupakan salah satu penganan tradisional khas Kabupaten Muna yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau ubi kayu (singkong).

Biasanya, penganan tradisional ini sering dicampur dengan parutan kelapa ketika dikomsumsi. Disamping itu, sebagian masyarakat di Kabupaten Muna juga gemar memakan Kabuto dengan ikan asin.

#2. Kambuse

Makanan khas Muna yang harus disantap berikutnya yaitu Kambuse. Kambuse merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Kabupaten Muna yang terbuat dari bahan dasar jagung putih (jagung biasa).

Kambuse juga bisa dicampur dengan kacang merah secukupnya supaya lebih sedap dan bergizi tinggi. Dan makanan yang sering disebut " nasi jagung " ini akan lebih nikmat lagi jika disantap bersama sayur bening dan ikan asin.

#3. Katumbu

Makanan Khas Muna
Katumbu
Katumbu adalah salah satu penganan tradisional yang " cukup " terkenal di Kabupaten Muna. Bahan dasar pembuatannya adalah jagung tua dicampur dengan gula putih atau gula merah, dan garam secukupnya.

Cara pengolahannya cukup sederhana, namun soal rasa sangat disukai oleh masyarakat Kabupaten Muna dan sekitarnya. Biasanya, ada dua varian rasa, yaitu Katumbu rasa original dan Katumbu rasa gula merah yang sering disebut " Katumbu Gola "

#4. Kambewe

Selain Kambuse, dan Katumbu, ada satu lagi makanan tradisional di Kabupaten Muna yang terbuat dari bahan dasar jagung yaitu Kambewe. Kambewe sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Kambewe Gola dan Kambewe Kapute.

Citarasa kedua jenis Kambewe ini kurang lebih sama, yang membedakannya hanyalah bahan campurannya saja. Dimana, Kambewe Kapute hanya dibuat dari jagung muda saja, sedangkan Kambewe Gola dibuat dengan campuran gula merah.

#5. Kasoami

Makanan Khas Muna
Kasoami
Diantara semua makanan tradisional yang ada di Kabupaten Muna, mungkin Kasoami inilah yang paling terkenal di Sulawesi Tenggara. Dimana, bahan dasar pembuatannya adalah ketela pohon atau ubi kayu (singkong). 

Selain di Kabupaten Muna, makanan tradisional berbentuk tumpeng (kerucut) ini juga bisa ditemukan di beberapa kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara seperti Kabupaten Buton, dan Kabupaten Wakatobi.

#6. Kadada Katembe

Bagi suku muna di Pulau Muna, Kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi " sangat " primadona dalam dunia masakan berbahan dasar sayur-sayuran. Salah satu contohnya adalah Kadada Katembe.

Ya! Kadada Katembe adalah sayur bening khas Pulau Muna yang diolah dari bahan dasar daun kelor. Dimana, nama " Kadada Katembe " berasal dari bahasa suku muna di Pulau Muna yang artinya " sayur bening ".

#7. Tunuha

Selain Kabuto, dan Kasoami, ada satu lagi makanan tradisional Kabupaten Muna dan sekitarnya yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau ubi kayu (singkong), yaitu Tunuha.

Cara pengolahannya pun masih sangat sederhana dengan dicampur gula merah atau parutan kelapa. Setelah itu dimasukan ke dalam bambu atau tempurung kelapa. Kemudian dibakar di dalam tanah hingga panas.

#8. Kaparende

Makanan khas Muna yang juga harus disantap berikutnya yaitu Kaparende. Kaparende adalah salah satu makanan favorit masyarakat di Kabupaten Muna dan sekitarnya yang dibuat dari bahan dasar ikan atau ayam.

Uniknya, makanan yang satu ini hanya dimasak dengan bumbu dapur yang sederhana saja, seperti ikan atau daging ayam, garam secukupnya, cabai, penyedap rasa, dan yang paling utama adalah daun kedondong.

#9. Cucur

Makanan Khas Muna
Cucur
Cucur adalah salah satu kue tradisional Kabupaten Muna. Disamping itu, kue yang dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan dikombinasi dengan gula merah dan santan ini juga bisa ditemukan di Kabupaten Buton dan sekitarnya.

Hanya saja, tidak semua orang bisa membuat makanan ini, terutama untuk membentuk bulat dan berkelut dibagian tengahnya. Biasanya, kue ini sering disajikan pada acara-acara penting seperti acara syukuran, pernikahan, dan lainnya.

#10. Lapa-Lapa

Makanan khas Muna yang harus disantap terakhir yaitu Lapa-Lapa. Lapa-Lapa merupakan salah satu makanan tradisional di Kabupaten Muna dan sekitarnya yang terbuat dari bahan dasar beras ketan.

Bentuknya " sedikit " mirip dengan ketupat. Hanya saja, cara pengolahan dan bumbu-bumbu yang digunakan " agak " berbeda dengan ketupat. Dimana, citarasa makanan yang satu ini lebih terasa ketika dimakan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Muna yang harus disantap ketika sedang menghabiskan waktu liburan di Pulau Muna dan sekitarnya. Baca juga 6+ Makanan Khas Buton Yang Nikmatnya Tidak Main-Main!!.