Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia Yang Wajib Dibawa Pulang!!

Beberapa oleh oleh khas Jogja selain Bakpia berikut ini " sangat " wajib dipertimbangkan dibeli untuk dibawa pulang. Seperti diketahui, hampir semua orang yang pergi ke Jogja pasti menyempatkan diri untuk membeli bakpia sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Namun bukan hanya bakpia saja yang menarik dibeli di Jogja untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Masih banyak barang, makanan, dan jajanan khas Jogja lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh.

Mulai dari kain atau baju batik khas Jogja, hingga cokelat khas Jogja, dan masih banyak lagi lainnya. Lantas, apa saja oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia Yang Wajib Dibawa Pulang

#1. Geplak

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Geplak
Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang pertama yaitu Geplak. Geplak adalah salah satu jajanan tradisional khas Jogja berupa kue manis, yang berasal dari Kabupaten Bantul.

Jajanan berbentuk bulat berwarna-warni ini dibuat dari parutan kepala dan gula jawa atau gula pasir. Selain itu, jajanan ini sangat mudah ditemukan, karena banyak dijual di toko oleh oleh khas Jogja di Yogyakarta.

#2. Yangko

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Yangko
Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang berikutnya yaitu Yangko. Yangko juga merupakan jajanan manis, yang terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang cincang dan bertekstur kenyal mirip seperti kue moci khas Jepang.

Biasanya, Yangko dibuat dengan bentuk kotak. Dan untuk sekarang ini, warna jajanan yang satu ini cukup beragam dengan menyesuaikan rasa-rasa baru seperti strowberry, melon, durian, dan lain sebagainya.

#3. Baju Batik (Kain Batik)

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Baju Batik (Kain Batik)
Sebagai salah satu kota penghasil batik terbaik di Indonesia, tentunya baju batik atau kain batik khas Jogja akan menjadi salah satu buruan para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh selain makanan seperti bakpia.

Umumnya, para wisatawan pergi ke Pasar Beringharjo untuk berburu baju batik khas Jogja atau kain batik khas Jogja yang sudah jadi. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

#4. Blangkon

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Blangkon
Kalau kamu membeli baju batik khas Jogja untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang, kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak membeli blangkon, yaitu penutup kepala berbahan dasar kain batik.

Disamping itu, blangkon ini juga cukup mudah ditemukan di kawasan Jogja dan sekitarnya, karena biasanya banyak dijual di toko-toko souvenir khas Jogja disekitar tempat wisatanya, atau di sepanjang Jalan Malioboro.

#5. Perak Khas Jogja

Tempat lain di Indonesia yang juga terkenal dengan penghasil kerajinan perak selain Pulau Bali adalah Yogyakarta, atau lebih tepatnya lagi di Kotagede, yang lokasinya berada di sebelah tenggara wilayah Kota Jogja.

Berbagai bentuk kerajinan perak tersebut sangat mudah sekali ditemukan di Kotagede, karena di jalan utama Kotagede banyak berjejer toko-toko yang menjual berbagai bentuk kerajinan perak khas Jogja tersebut.

Saking terkenalnya, Bahkan banyak orang berkunjung kesana untuk mencari cincin kawin yang terbuat dari perak. Selain itu, kerajinan perak khas Jogja ini juga sudah menembus pasar mancanegara. Woow…

#6. Cokelat Khas Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Cokelat Monggo
Tidak hanya terkenal dengan oleh oleh tradisionalnya, Jogja juga cukup dikenal sebagai salah satu produsen cokelat lokal di Indonesia, yang rasanya tidak kalah dibandingkan dengan cokelat-cokelat impor.

Selain itu, rasa cokelat khas Jogja ini juga cukup bervariasi, mulai dari yang klasik hingga ke rasa buah-buahan. Biasanya, Monggo dan Ndalem adalah dua merk cokelat khas Jogja yang banyak dicari oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

#7. Salak Pondoh

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Salak Pondoh
Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang berikutnya yaitu Salah Pondoh. Salak Pondoh adalah salah satu jenis salak, yang banyak dibudidayakan di lereng Gunung Merapi kawasan Sleman, Yogyakarta.

Salak Pondoh ini terkenal dengan cita rasa manisnya yang natural, dan tidak terlalu asam. Selain itu, buah salak ini sangat mudah ditemukan, karena banyak dijual di kios-kios buah di sepanjang jalan Kota Sleman, Yogyakarta.

#8. Gerabah Kasongan

Desa Kasongan di Kabupaten Bantul, memang terkenal sebagai pusat industri gerabah di Yogyakarta. Di tempat ini, kamu bisa menemukan beberapa toko, yang menjual berbagai kerajinan gerabah khas Jogja.

Lebih menariknya lagi, Gerabah Kasongan ini juga bisa kamu beli secara online. Namun, jika membelinya langsung ke Desa Kasongan, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih murah.

#9. Surjan

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Surjan
Kalau kamu sudah membeli blangkon khas Jogja sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang, kamu juga wajib mempertimbangkan membeli Surjan, yaitu pakaian laki-laki khas Jogja dari kebudayaan Jawa Surjan.

Ada beberapa motif pakaian surjan seperti garis-garis, batik, polos, dan lain sebagainya. Namun, motif yang paling populer dan sering dicari oleh para wisatawan adalah pakaian surjan yang bermotif garis-garis.

#10. Kaos Dagadu

Kalau Bali terkenal dengan " Joger ", maka Jogja terkenal dengan " Dagadu " yaitu sebuah merk kaos gaul khas Jogja, yang terkenal dengan beragam tulisan-tulisannya yang unik, lucu, dan terkadang sarkasme.

Kaos Dagadu ini sangat legendaris, karena sudah ada lebih dari 20 tahunan di Jogja, dan sudah dianggap sebagai salah satu oleh oleh khas Jogja yang wajib dibeli oleh para wisatawan untuk dibawa pulang.

Selain kaos, Dagadu juga memproduksi beragam souvenir lainnya seperti tas, gantungan kunci, mug, dan lainnya. Untuk mendapatkan produk Dagadu asli, kamu bisa membelinya di gerai resminya di Gedongkuning, Lower Ground Malioboro Mall, dan dekat Alun-Alun Utara.

#11. Patung Loro Blonyo

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Patung Loro Blonyo
Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang berikutnya yaitu Patung Loro Blonyo. Patung Loro Blonyo merupakan sepasang patung pengantin yang mengunakan pakaian khas Jogja.

Konon katanya, Patung Loro Blonyo bisa membawa kebahagiaan bagi mereka yang sudah menikah. Jadi, tidak heran apabila patung ini banyak dijadikan sebagai kado untuk pengantin baru, atau hadiah untuk orang yang sudah menikah.

Lebih menariknya lagi, sekarang ini, Patung Loro Blonyo tidak hanya dibuat mengunakan baju pengantin saja, tapi juga ada Patung Loro Blonyo yang dibuat mengunakan pakaian surjan, kebaya, dan pakaian lainnya.

#12. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

Tahu Susu Bakso atau lebih dikenal dengan nama " Tasuba " adalah salah satu oleh oleh khas Jogja berupa makanan yang cukup laris manis. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas dari Jogja.

Pasalnya, walaupun tidak mengunakan bahan pengawet apapun, namun makanan ini bisa tahan hingga 6 bulan. Untuk membelinya, kamu bisa berkunjung ke gerai-gerai resminya, salah satunya di Jalan Laksda Adisucipto KM.7,6, Sleman, Yogyakarta.

#13. Mamahke Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Mamahke Jogja
Kalau yang satu ini sedang menjadi tren dikalangan wisatawan asing maupun penduduk lokal, yaitu Mamahke Jogja. Mamahke Jogja adalah oleh oleh khas Jogja berbentuk kue dengan beragam jenis rasa yang unik.

Toko Mamahke Jogja ini dimiliki oleh pasangan artis ibukota, yaitu Hanung Bramantyo dan Saskia Adya Mecca. Kalau penasaran dengan kue cake ini, kamu bisa membelinya di Kawasan Taman Sari, Yogyakarta.

#14. Gudeg Kaleng

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Gudeg Kaleng
Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang terkenal dengan kelezatannya di kalangan wisatawan. Hanya saja, Gudeg adalah makanan bersifat basah, sehingga sulit sekali jika dijadikan sebagai oleh oleh.

Namun jangan khawatir, karena sekarang ini, sudah ada Gudeg dalam bentuk kalengan dengan citarasa yang kurang lebih sama dengan gudeg asli. Gudeg Kalengan ini bisa tahan lama untuk dibawa bepergian jauh.

#15. Peyek Tumpuk

Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang terakhir yaitu Peyek Tumpuk. Peyek Tumpuk adalah cemilan berupa gorengan tepung beras, yang ditaburi dengan kacang, atau ikan teri.

Dinamakan Peyek Tumpuk, karena bentuknya yang bertumpuk-tumpuk satu sama lainnya, sehingga membuatnya tidak setipis peyek pada umumnya. Dan yang lebih penting, cemilan khas Jogja yang satu ini sangat ramah dikantong.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang. Namun, sebelum meninggalkan artikel ini, baca dulu 4+ Tempat Nongkrong di Wonosari (Gunung Kidul - Yogyakarta).