Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Wisata Pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) Yang Wajib Dikunjungi!!

Beberapa wisata pantai di Wakatobi berikut ini sangat wajib dikunjungi jika sedang jalan-jalan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Seperti diketahui, Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara (Sulteng) ini sangat terkenal dengan Taman Nasional Wakatobi, yaitu salah satu taman nasional terbaik yang dimiliki oleh Negara Republik Indonesia.

Disamping itu, kabupaten dengan ibukota Wangi-Wangi ini juga mempunyai beberapa pantai yang menarik dikunjungi. Lantas, apa saja wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Wisata Pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) Yang Wajib Dikunjungi

#1. Pantai Moli'i Sahatu

Pantai di Wakatobi
Pantai Moli'i Sahatu
Wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang wajib dikunjungi pertama yaitu Pantai Moli'i Sahatu. Pantai Moli'i Sahatu merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Taman Nasional Wakatobi.

Pantai Moli'i Sahatu hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Wangi-Wangi, atau lebih tepatnya berada di Desa Patuno, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Nama " Moli'i Sahatu " sendiri memiliki arti " seratus mata air ". Penamaannya tersebut sangat sesuai karena di Pantai Moli'i Sahatu ini terdapat ratusan mata air tawar yang muncul dari dasar lautnya.

#2. Pantai Sausu

Pantai di Wakatobi
Pantai Sausu
Wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Sausu. Lokasinya berada di Desa Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini di antaranya adalah berjemur sinar matahari, berenang, menyelam (snorkeling atau diving) untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang sangat menggagumkan.

#3. Pantai Hoga

Pantai Hoga adalah sebuah pantai di Pulau Kaledupa, yaitu salah satu pulau yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi. Pantai Hoga sangat terkenal dengan hamparan pasirnya yang putih dan bersih.

Disamping itu, Pantai Hoga juga mempunyai panorama bawah laut yang " sangat " menggagumkan dengan beragam terumbu karang, berbagai jenis ikan berwarna-warni, dan beberapa jenis biota laut lainnya.

Bukan hanya itu saja, di pantai ini juga terdapat beberapa cottage yang bisa disewa oleh para wisatawan dengan harga terjangkau. Cottage-cottage tersebut merupakan milik masyarakat Pulau Kaledupa yang dikelola oleh Operation Wallace.

#4. Pantai Sombano

Pantai di Wakatobi
Pantai Sombano
Dari banyaknya wisata pantai yang ada di Kabupaten Wakatobi, pantai yang berada di Desa Sombano, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini termasuk salah satu pantai yang jarang dikunjungi wisatawan.

Walaupun begitu, garis pantainya yang " cukup " panjang, pasirnya yang halus dan lembut, serta pemandangan sunset (matahari terbenam) yang mempesona pasti bisa membuat siapa saja ingin pergi ke pantai ini.

#5. Pantai Peropa

Pantai di Wakatobi
Pantai Peropa
Pantai ini hanya berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan mengunakan kendaraan dari pusat Kota Wangi-Wangi, atau lebih tepatnya berada di Desa Peropa, Kecamatan Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Pantai Peropa dikenal dengan hamparan pasirnya yang putih bersih, dan pemandangan sunset (matahari terbenam) yang mempesona. Disamping itu, pantai ini juga merupakan lokasi tambatan para nelayan setempat.

Makanya apabila kamu berkunjung pada pagi hari ke pantai ini, kamu akan melihat aktivitas para nelayan setempat yang baru pulang melaut. Dan kamu juga bisa membeli ikan segar milik para nelayan tersebut dengan harga terjangkau. 

#6. Pantai Waha

Seperti kebanyakan pantai pada umumnya, pantai yang berada di Desa Waha, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini banyak ditumbuhi oleh pepohonan seperti cemara, dan lainnya.

Makanya oleh masyarakat di Kabupaten Wakatobi dan sekitarnya, Pantai yang hanya berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Wakatobi ini lebih dikenal dengan nama " Pantai Cemara ".

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan para wisatawan di pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan bersih ini di antaranya adalah menyelam (snorkeling dan diving), menikmati sunset (matahari terbenam) dan lainnya.

#7. Pantai Huntete

Wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang juga wajib dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Huntete. Lokasinya berada di Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kurang lebih sama dengan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Wakatobi, Pantai Huntete juga mempunyai hamparan pasir putih yang bersih, dan banyak ditumbuhi pepohonan di sepanjang garis pantainya.

Disamping itu, di pantai dengan bentuk melengkung ini juga terdapat sebuah lapangan luas yang ditumbuhi rerumputan. Dimana, lapangan luas tersebut sering dijadikan sebagai lokasi untuk membakar ikan massal oleh wisatawan.

#8. Pantai Palahidu

Pantai di Wakatobi
Pantai Palahidu
Pantai yang lokasinya berada di Pulau Binongko (salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi di Kabupaten Wakatobi) ini juga mempunyai hamparan pasir putih dan bersih yang " cukup " luas.

Disamping itu, para wisatawan juga bisa menikmati sunset (matahari terbenam) yang sangat eksotis di pantai ini. Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa mengunjungi Benteng Palahidu (salah satu peninggalan sejarah di Kabupaten Wakatobi) di pantai ini.

#9. Pantai Pasir Panjang

Selain Pantai Palahidu, ada satu lagi pantai yang juga harus dikunjungi wisatawan di Pulau Binongko (salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi di Kabupaten Wakatobi), yaitu Pantai Pasir Panjang. 

Selain bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih, dan menikmati sunset (matahari terbenam), para wisatawan juga bisa mengunjungi hutan mangrove yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Pasir Panjang ini.

#10. Pantai Onemobaa

Wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang juga wajib dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pantai Onemobaa. Lokasinya berada di Desa Lamanggau, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Onemobaa di antaranya adalah hamparan pasir putih bersih lengkap dengan pohon-pohon rimbun di sepanjang garis pantainya, dan panorama bawah laut yang mempesona.

Disamping itu, di Pantai Onemobaa juga terdapat Wakatobi Dive Resort (sebuah resort bertaraf internasional) yang bisa disewa oleh para wisatawan.

#11. Pantai Bella

Wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang wajib dikunjungi terakhir yaitu Pantai Bella. Pantai ini hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Pelabuhan Rukuwa di Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara..

Kurang lebih sama dengan pantai lainnya di Kabupaten Wakatobi, Pantai Bella juga menyuguhkan hamparan pasir putih bersih lengkap dengan pepohonan seperti kelapa, kelapa, pandan, dan lainnya di sepanjang garis pantainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa wisata pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 25+ Tempat Wisata di Tomohon Yang Paling Populer Dikunjungi!!.