Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Souvenir Khas Jogja (Yogyakarta) Yang Bagus Dijadikan Oleh-Oleh!!

Beberapa souvenir khas Jogja (Yogyakarta) berikut ini sangat bagus dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Seperti diketahui, hampir semua orang yang pergi berwisata, pasti menyempatkan diri untuk membeli oleh oleh sebagai cinderamata.

Membeli cinderamata, baik itu untuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau dijadikan sebagai kenang-kenangan adalah salah satu peraturan wajib yang tidak tertulis dalam berwisata bagi sebagian wisatawan.

Nah, jika kamu sedang berwisata ke Jogja, ada beberapa souvenir yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli. Lantas, apa saja souvenir khas Jogja (Yogyakarta) yang bagus dijadikan oleh-oleh tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Souvenir Khas Jogja (Yogyakarta) Yang Bagus Dijadikan Oleh Oleh

#1. Kaos Dagadu

Souvenir Khas Jogja
Kaos Dagadu
Souvenir khas Jogja (Yogyakarta) yang bagus dijadikan sebagai oleh-oleh pertama yaitu Kaos Dagadu. Dagadu adalah salah satu brand kaos legendaris di Jogja, yang terkenal dengan tulisan-tulisannya yang unik, lucu, dan sarkasme.

Karena saking legendarisnya, sehingga Kaos Dagadu bukan hanya terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli oleh para wisatawan, tapi juga sudah menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Jogja.

Untuk mendapatkan Kaos Dagadu asli, kamu bisa membelinya di beberapa gerai resminya di Dagadu Jogja City Mall, Dagadu Alun-Alun Utara, Dagadu Transmart, Dagadu Malioboro Mall, dan Yogyatorium.

#2. Kerajinan Perak

Souvenir khas Jogja (Yogyakarta) yang bagus dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang selanjutnya yakni kerajinan perak khas Jogja. Salah satu pusat kerajinan perak khas Jogja adalah Kecamatan Kotagede, Yogyakarta.

Bukan hanya terkenal di Indonesia, kerajinan perak khas Jogja ini juga sudah terkenal hingga ke mancanegara. Makanya, souvenir yang satu ini wajib kamu beli ketika pergi berwisata ke Provinsi Yogyakarta.

#3. Kerajinan Kulit

Souvenir Khas Jogja
Kerajinan Kulit Khas Jogja
Kamu suka dengan produk kerajinan dari kulit seperti tas, sepatu, dan lainnya? Kalau iya! berarti kamu wajib berkunjung ke salah satu pusat industri kerajinan kulit khas Jogja di Desa Wisata Manding.

Para pengrajin kulit di Desa Manding ini sudah membuat kerajinan kulit khas Jogja sejak tahun 1957. Di desa wisata ini, kamu bisa menemukan beragam jenis produk kerajinan dari kulit, seperti sepatu kulit, sandal kulit, tas kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

#4. Tas Dowa

Souvenir Khas Jogja
Tas Dowa
Kalau kamu sedang mencari oleh-oleh khas Jogja untuk diberikan kepada wanita? Maka salah satu oleh-oleh khas Jogja yang sangat direkomendasikan untuk dibeli buat wanita adalah Tas Dowa. 

Tas Dowa adalah salah satu souvenir khas Yogyakarta berupa tas rajut. Tas rajut ini pastinya digemari oleh kaum wanita. Disamping itu, Tas Dowa juga tersedia dalam beberapa warna, ukuran, dan harga.

#5. Wayang Kulit

Souvenir Khas Jogja
Wayang Kulit
Wayang adalah salah satu seni pertunjukan asli Indonesia, yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan sekitarnya, termasuk juga di Yogyakarta. Dan Wayang Kulit adalah sejenis boneka yang digunakan dalam pertunjukan Wayang tersebut.

Dan Wayang Kulit di setiap daerah di Pulau Jawa memiliki ciri khasnya masing-masing. Nah, Wayang Kulit khas Jogja ini bagus juga dijadikan sebagai cinderamata khas Jogja untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

#6. Blangkon

Souvenir Khas Jogja
Blangkon
Souvenir khas Jogja (Yogyakarta) yang bagus dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang berikutnya yaitu Blangkon. Blangkon adalah sebuah pelindung atau penutup kepala khas Jogja yang terbuat dari kain batik.

Konon katanya, Blangkon ini erat sekali hubungan dengan filosofi masyarakat Jawa, yaitu bisa menyimpan rahasia, dan tidak membuka aib orang lain. Blangkon sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk ayah, kakak laki-laki, atau teman laki-laki.

#7. Aksesoris Khas Jogja

Buat kamu yang ingin membelikan oleh-oleh untuk banyak orang sekaligus seperti tetangga, teman sekolah, teman kampus, dan lainnya, maka pilihan yang bagus adalah aksesoris seperti kalung, gelang, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Jogja, dan ingin membeli aksesoris khas Jogja sebagai oleh-oleh untuk banyak orang sekaligus, silahkan kunjungi Jalan Malioboro, disana banyak toko yang menjual aksesoris khas Jogja dengan harga yang cukup terjangkau.

#8. Batik

Souvenir Khas Jogja
Batik
Kurang lengkap rasanya kalau pergi berwisata ke Jogja, tapi tidak membeli kain batik atau baju batik. Ada beberapa pusat perbelanjaan untuk membeli kain batik atau baju batik khas Jogja, salah satunya adalah Pasar Beringharjo.

Bukan hanya kain batik dan baju batik khas Jogja saja, di Pasar Beringharjo ini, kamu juga bisa membeli beragam barang produk batik khas Jogja lainnya, mulai dari tas, jarik, hingga sepatu, dan lain sebagainya.

#9. Gerabah Tanah Liat

Siapa yang tidak tahu souvenir khas Jogja berupa gerabah tanah liat ini? Di Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ada sebuah pusat pembuatan kerajinan gerabah tanah liat yang sangat terkenal dikalangan wisatawan.

Di Desa Kasongan tersebut, kamu bisa berburu gerabah tanah liat yang unik seperti guci, pot bunga, patung, dan lain sebagainya. Lebih menariknya, gerabah tanah liat dari Desa Kasongan ini bisa dibeli secara online tapi dengan harga yang sedikit lebih mahal.

#10. Kerajinan Kayu Batik

Batik tidak hanya bisa dilukiskan diatas sebuah kain saja, Di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kamu bisa menemukan beragam barang kerajinan kayu yang dilukiskan batik.

Beberapa kerajinan kayu batik ini bisa berupa patung kayu, topeng, kotak perhiasan, gantungan kunci, dan lain sebagainya. Hebatnya lagi, kerajinan kayu batik khas Jogja ini sudah menembus pasar mancanegara.

#11. Surjan

Souvenir Khas Jogja
Surjan
Selain kain batik atau baju batik dan Blangkon, ada satu lagi pakaian tradisional khas Yogyakarta yang wajib kamu pertimbangkan dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah, yaitu Surjan.

Surjan adalah pakaian tradisional khas Jogja untuk laki-laki dari kebudayaan Jawa Surjan. Baju Surjan memiliki beberapa motif, namun yang paling populer adalah baju Surjan bermotif garis vertikal berwarna cokelat.

#12. Patung Loro Blonyo

Souvenir Khas Jogja
Patung Loro Blonyo
Souvenir khas Jogja (Yogyakarta) yang bagus dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang terakhir yaitu Patung Loro Blonyo. Patung Loro Blonyo adalah sepasang patung pengantin, yang mengenakan pakaian khas Yogyakarta.

Konon katanya, sepasang patung pengantin ini bisa memberikan kebahagiaan kepada mereka yang sudah menikah. Makanya, Patung Loro Blonyo ini sering dijadikan sebagai kado untuk para pengantin baru.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa souvenir khas Jogja (Yogyakarta) yang bagus dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Baca juga 10+ Air Terjun di Tuban (Jawa Timur) Yang Pesonanya Tiada Duanya!!.