Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12+ Tempat Wisata di Batusangkar (Sumatera Barat) Yang Lagi Hits!!

Tempat wisata di Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar - Sumatera Barat) berikut ini lagi hits dikunjungi wisatawan. Perlu diketahui, Batusangkar adalah ibukota Kabupaten Tanah Datar di Provinsi Sumatera Barat.

Kota Batusangkar dan sekitarnya diketahui mempunyai beragam tempat wisata yang lagi hits dikunjungi oleh wisatawan, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, dan tempat wisata lainnya.

Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, berikut adalah sejumlah tempat wisata di Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar - Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

12+ Tempat Wisata di Batusangkar (Sumatera Barat) Yang Lagi Hits

#1. Istana Pagaruyung

Tempat Wisata di Batusangkar
Istana Pagaruyung
Tempat wisata di Batusangkar (Sumatera Barat) yang lagi hits pertama yaitu Istana Pagaruyung atau dikenal juga dengan nama " Istano Basa ". Lokasinya berada di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Istana Pagaruyung (Istano Basa) adalah sebuah replika istana yang pernah terbakar habis akibat kerusuhan pada tahun 1804 silam diatas Bukit Batu Patah.

Disamping bisa menikmati kemegahan arsitektur istananya, para wisatawan juga bisa melihat benda-benda peninggalan Kerajaan Pagaruyung, yang bernilai sejarah tinggi di Istana Pagaruyung (Istano Basa) ini.

#2. Cagar Budaya Batu Batikam

Tempat Wisata di Batusangkar
Cagar Budaya Batu Batikam
Tempat wisata di Batusangkar (Sumatera Barat) yang lagi hits berikutnya yaitu Cagar Budaya Batu Batikam. Cagar Budaya Batu Batikam adalah sebuah cagar budaya seluas kurang lebih 1.800 meter persegi.

Cagar Budaya Batu Batikam ini dulunya merupakan sebuah tempat yang berfungsi sebagai tempat untuk bermusyawarah para kepala suku. Konon katanya, tusukan di tengah batu di tempat ini adalah bekas tusukan keris milik Datuak Parpatiah Nan Sabatang.

Bekas tusukan di tengah batu tersebut merupakan lambang atau simbol perdamaian masyarakat Minangkabau. Dan cagar budaya ini merupakan salah satu bukti keberadaan Kerajaan Minangkabau pada jaman neolitikum.

Jika kamu penasaran dengan Cagar Budaya Batu Batikam ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Jenderal Sudirman No.160, Dusun Tuo, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

#3. Benteng Van Der Capellen

Tempat Wisata di Batusangkar
Benteng Van Der Capellen
Benteng Van Der Capellen merupakan sebuah benteng peninggalan belanda di Kota Batusangkar, atau lebih tepatnya lagi di Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Keberadaan Benteng Van Der Capellen ini erat sekali hubungannya dengan Perang Padri di Kabupaten Tanah Datar, yaitu perang antara kaum padri (kaum agama) dengan kaum adat yang terjadi pada tahun 1821 silam.

Buat kamu yang suka dengan sejarah bangsa Indonesia, kamu wajib mengunjungi Benteng Van Der Capellen ini. Pasalnya, selain bisa berfoto-foto, kamu juga bisa mempelajari tentang sejarah di benteng ini.

#4. Gedung Indo Jolito

Selain Benteng Van Der Capellen, ada satu bangunan peninggalan belanda di Kota Batusangkar yang menarik dikunjungi yaitu Gedung Indo Jolito. Lokasinya berada di Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Bangunan bernilai seni " sangat " tinggi ini dibangun pada tahun 1822 hingga tahun 1824 silam. Dan kini, Gedung Indo Jolito sudah ditetapkan sebagai salah satu benda cagar budaya di Provinsi Sumatera Barat.

#5. Air Terjun Lembah Anai

Tempat Wisata di Batusangkar
Air Terjun Lembah Anai
Diantara banyaknya tempat wisata di Kabupaten Tanah Datar, Air Terjun Lembah Anai adalah yang paling terkenal. Bahkan, air terjun setinggi kurang lebih 35 meter ini dijadikan sebagai salah satu maskot pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

Menariknya, di tempat wisata yang berada di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini terdapat 3 buah air terjun dengan pemandangan alam yang mempesona.

Salah satunya adalah yang terletak di pinggir jalan dengan nama " Air Terjun Lembah Anai ". Sedangkan dua air terjun lainnya berada di dalam hutan sehingga belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

#6. Danau Singkarak

Tempat Wisata di Batusangkar
Danau Singkarak
Tempat wisata di Batusangkar (Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Danau Singkarak. Danau Singkarak berada di dua kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Danau seluas kurang lebih 107,8 kilometer persegi ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Disamping itu, di danau dengan pemandangan alam yang " super " indah ini juga terdapat 19 jenis ikan.

#7. Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah mempunyai pemandangan yang indah, khususnya ketika cuaca sedang cerah. Dan di tempat wisata ini juga terdapat dua buah danau yang cantik yakni Danau Aie Taganang dan Danau Pakih.

Panorama Tabek Patah terletak di lereng Gunung Berapi diantara Kota Bukittinggi dan Kota Batusangkar, atau lebih tepatnya di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

#8. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Tempat Wisata di Batusangkar
Rumah Gadang Kampai Nan Panjang
Rumah Gadang Kampai Nan Panjang adalah sebuah rumah berarsitektur khas Minang dengan atap bergonjong empat terbuat dari ijuk. Lokasinya di Nagari Belimbing, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Konon katanya, rumah yang diketahui dibangun oleh Datuk Penghulu Basa dari Suku Kampai Nan Panjang ini sudah berumur kurang lebih 300 tahun. Sehingga tidak heran jika rumah ini dianggap sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Tanah Datar. 

#9. Ngalau Pangian

Tempat Wisata di Batusangkar
Ngalau Pangian
Kabupaten Tanah Datar di Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai sebuah tempat wisata alam berupa gua, yaitu Ngalau Pangian. Lokasinya berada di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Di dalam gua ini terdapat air yang konon katanya terus mengalir disepanjang musim, baik itu pada musim penghujan maupun pada musim kemarau. Selain itu, stalaktit dan juga stalakmit juga cukup indah.

#10. Puncak Pato

Tempat wisata di Batusangkar (Sumatera Barat) yang juga lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Puncak Pato. Lokasinya berada di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan sebuah tempat wisata yang nyaman, lengkap dengan pemandangan persawahan yang hijau, pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, dan udara yang begitu sejuk.

Disamping itu, Puncak Pato juga merupakan saksi bisu dari peristiwa bersejarah yang menjadi puncak kesepakatan antara kaum agama dan kaum adat yang disebut " Sumpah Satiah Bukit Marapalam ".

#11. Batu Basurek

Tempat Wisata di Batusangkar
Batu Basurek
Batu Basurek adalah sebuah objek wisata berupa batu bertuliskan bahasa jawa kuno dan sansekerta. Lokasinya berada di Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Batu ini diperkirakan merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar. Dan batu yang mempunyai lebar sekitar 25 cm, tinggi 8 cm, tebal 10 cm, dan berat 50 kg ini diperkirakan sudah berusia kurang lebih 6 abad.

#12. Batu Ampek Angkek

Batu Ampek Angkek atau lebih dikenal dengan nama " Batu Angkek-Angkek " adalah sebuah batu unik di Kabupaten Tanah Datar. Dikatakan " unik ", karena konon katanya berat batu ini bisa berubah-ubah bila diangkat berulang kali.

Selain itu, sebagian masyarakat di Kabupaten Tanah Datar juga percaya bahwa jika ada orang yang bisa mengangkat dan meletakan batu ini dipangkuannya, maka semua cita-cita dan keinginannya akan terkabul.

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba mengangkat dan meletakan batu ini dipangkuanmu? Kamu bisa mengunjunginya di Nagari Tanjuang, Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Batusangkar (Tanah Datar - Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 20+ Tempat Wisata di Solok (Sumatera Barat) Yang Lagi Hits!!.