Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Deli Serdang berikut ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Deli Serdang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumaera Utara (Sumut).

Kabupaten Deli Serdang ini dikenal mempunyai bentang alam yang luas, dan menyimpan cukup banyak tempat-tempat yang indah. Sehingga tidak heran jika Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu surga wisata di Indonesia.

Disamping itu, perkembangan dunia wisata di Kabupaten Deli Serdang juga didukung dengan adanya sebuah bandara internasional, yaitu Bandara Internasional Kualanamu. Lantas, apa saja tempat wisata di Deli Serdang yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Menarik Dikunjungi

#1. Danau Linting

Tempat Wisata di Deli Serdang
Danau Linting
Tempat wisata di Deli Serdang yang menarik dikunjungi pertama yaitu Danau Linting. Danau Linting adalah sebuah danau kecil yang memiliki pemandangan indah dengan air danaunya yang berwarna hijau tosca.

Selain itu, air danau ini juga hangat, karena banyak mengandung belerang. Danau yang berada di Desa Sibunga-Bunga, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

#2. Air Terjun Sempuran Putih

Tempat Wisata di Deli Serdang
Air Terjun Sempuran Putih
Tempat wisata di Deli Serdang yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Sempuran Putih atau dikenal juga dengan sebutan " Air Terjun Putih " saja. Lokasinya berada di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Walaupun hanya setinggi 3 meter saja, namun air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki tujuh tingkatan air, dan ketujuh tingkatan air tersebut, hanya satu tingkatan air yang terlihat jelas keberadaannya.

#3. Air Terjun Pelangi Indah

Tempat Wisata di Deli Serdang
Air Terjun Pelangi Indah
Air Terjun Pelangi Indah adalah sebuah air terjun indah, yang menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Deli Serdang. Lokasinya berada di Desa Tanjung Timur, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Disamping itu, lokasi wisata air terjun yang dibuka secara resmi oleh pemerintah pada tahun 2012 silam ini berdekatan dengan objek wisata Danau Linting, yaitu hanya berjarak kurang lebih 30 menitan perjalanan.

#4. Pemandian Alam Sembahe

Pemandian Alam Sembahe adalah sebuah tempat wisata alam berupa tempat pemandian alami dengan air yang sangat sejuk. Lokasinya berada di Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Menariknya, tidak jauh dari tempat pemandian alami ini, terdapat juga beberapa objek wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi, yaitu Situs Batu Umang, dan Goa Batu Kemang, yang hanya berjarak sekitar 250 meter.

#5. Taman Buah Lubuk Pakam

Tempat Wisata di Deli Serdang
Taman Buah Lubuk Pakam
Taman Buah Lubuk Pakam adalah sebuah taman berupa kebun buah-buahan yang berada di komplek perkantoran pemerintahan Deli Serdang, atau lebih tepatnya terletak di Desa Sumbul, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Taman Buah Lubuk Pakam dikelola langsung oleh dinas pertanian, dan dijadikan sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Deli Serdang, sekaligus sebagai salah satu tempat wisata keluarga bagi semua warga di Deli Serdang.

Keunikan dari Taman Buah Lubuk Pakam ini, yaitu setelah mendapatkan izin dari pihak pengelola taman, para pengunjung bisa memakan buah-buah yang sudah matang disini tanpa perlu bayar alias gratis.

Ada beragam pohon buah di taman seluas 4 hektar ini, mulai dari pohon mangga, pohon jambu, pohon sawo, pohon manggis, pohon durian, pohon rambutan, pohon duku, pohon durian, dan masih banyak lagi lainnya.

#6. Air Terjun Tarunggang 

Tempat Wisata di Deli Serdang
Air Terjun Tarunggang
Berikunya ada Air Terjun Tarunggang di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Lokasinya berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Medan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Air Terjun Tarunggang ini memiliki gua dibelakang aliran air terjunnya, memiliki pasir putih diantara air terjunnya, dan memiliki sebuah kolam yang cukup luas. Selain itu, air terjun ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk memancing di Deli Serdang.

#7. Pantai Salju

Tempat Wisata di Deli Serdang
Pantai Salju
Tempat wisata di Deli Serdang yang juga menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Pantai Salju. Lokasinya berada di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Walaupun namanya ada unsur " pantai ", namun tempat wisata yang satu ini bukanlah pantai seperti pada umumnya, melainkan sebuah tempat wisata yang menawarkan sebuah aliran sungai sebagai objek wisata utamanya.

Dinamakan sebagai " Pantai Salju " karena riak air di aliran sungainya sepintas terlihat mirip seperti salju. Selain bisa bermain dengan air sepuasnya, para pengunjung juga bisa mencoba arum jeram di tempat ini.

#8. Kampung Ladang Outbound

Kampung Ladang Outbound adalah sebuah pusat rekreasi dan pusat outbond yang terletak di Jalan Lapangan Golf Tuntungan 2, Desa Namorih, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tempat ini menyediakan beragam peralatan dan wahana yang menyenangkan. Selain itu, di tempat ini juga ada sebuah telaga dengan suasana yang tenang, nyaman, dan menyenangkan, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Disamping itu, suasana di Kampung Ladang Outbound juga dikenal " cukup " romantis, sehingga tidak heran kalau tempat ini sering dijadikan sebagai salah satu lokasi pemotretan prewedding di Deli Serdang.

#9. Lembah Loknya

Lembah Loknya adalah sebuah tempat wisata berupa air terjun di Kabupaten Deli Serdang yang disekelilingnya banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon hijau dengan pemandangan alam yang cukup indah.

Hanya saja, lokasi tempat wisata ini cukup jauh, dan membutuhkan persiapan yang matang untuk bisa menginjakan kakimu disini. Lokasinya berada di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

#10. Pulau Siba

Tempat Wisata di Deli Serdang
Pulau Siba
Pulau Siba adalah sebuah pulau kecil di muara Sungai Baharu. Secara administratif, pulau ini masuk ke dalam wilayah Desa Sai Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Dulunya, Pulau Siba merupakan pulau tidak berpenghuni yang banyak ditumbuhi pohon-pohon bakau. Namun, setelah dikembangkan menjadi objek wisata oleh pemerintah setempat, pulau ini menjelma menjadi pulau yang indah.

Dan salah satu daya tarik utama di Pulau Siba adalah pantainya yang menguguhkan pemandangan laut dengan nuansa hutan bakau yang indah.

#11. Green Hill City

Tempat wisata di Deli Serdang yang juga menarik dikunjungi berikutnya yaitu Green Hill City. Green Hill City adalah sebuah komplek perumahan elit di Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Komplek perumah elit ini sudah dilengkapi taman hiburan mirip seperti Dufan. Ada beragam wahana di taman hiburan ini, mulai dari Roller Coaster, Kincir Raksasa, hingga Bioskop 4D, dan masih banyak lagi lainnya. 

#12. The Le Hu Garden

Tempat Wisata di Deli Serdang
The Le Hu Garden
The Le Hu Garden adalah sebuah taman yang " sangat " instagramable di Kabupaten Deli Serdang, atau lebih tepatnya di Jalan Pendidikan, Kelurahan Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Taman ini sangat bagus dikunjungi oleh wisatawan yang suka berswafoto atau berfoto selfie. Pasalnya, di taman ini terdapat berbagai jenis taman bunga lengkap dengan sebuah danau dan pondok dibagian tengah danau.

#13. Maha Vihara Maitreya

Tempat Wisata di Deli Serdang
Maha Vihara Maitreya
Maha Vihara Maitreya adalah salah satu vihara terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Cemara Asri Boulevard Raya No.Utara, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Walaupun Maha Vihara Maitreya berstatus sebagai tempat ibadah, namun para wisatawan diperbolehkan mengunjungi vihara yang menjadi bukti keharmonisan religi dan budaya di Sumatera Utara ini.

14. Taman Pramuka Sibolangit

Tempat wisata di Deli Serdang yang juga menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Taman Pramuka Sibolangit. Taman Pramuka Sibolangit adalah sebuah bumi perkemahan di Kabupaten Deli Serdang.

Disamping itu, bumi perkemahan yang berada di Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk olahraga outbond karena lokasinya yang " cukup " luas.

Perlu diketahui, Taman Pramuka Sibolangit pernah digunakan sebagai lokasi " Jambore Nasional Gerakan Pramuka Indonesia  " pada tahun 1997 silam.

#15. Bagan Percut

Tempat wisata di Deli Serdang yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Bagan Percut. Bagan Percut adalah sebuah resto seafood terapung di Desa Bagan Percut Ujung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Resto di tempat ini cukup unik, dikatakan " unik " karena para wisatawan yang ingin makan di resto tersebut harus menyusuri Sungai Percut terlebih dahulu dengan kapal sambil menikmati hijaunya hutan bakau.

Lebih menariknya lagi, para wisatawan juga bisa membeli sendiri bermacam jenis seafood yang ingin dinikmatinya di resto ini, dan pihak resto akan membantu para wisatawan dalam proses pemasakannya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Deli Serdang yang menarik dikunjung. Jadi, kapan berkunjung ke Deli Serdang? Tapi sebelum itu baca juga 15+ Tempat Wisata di Berastagi (Sumatera Utara) Yang Lagi Hits!!.