Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Tempat Wisata di Pulau Lembeh (Bitung) Yang Menarik Dikunjungi!!

Sejumlah tempat wisata di Pulau Lembeh (Bitung) berikut ini sangat menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu diketahui, Pulau Lembeh adalah sebuah pulau yang secara administrasi masuk ke dalam wilayah Kota Bitung di Sulawesi Utara.

Secara administratif, wilayah Pulau Lembeh terbagi menjadi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Lembeh Utara, dan Kecamatan Lembeh Selatan. Pulau ini terkenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik di Sulawesi Utara selain di Bunaken.

Namun, selain spot menyelam, ternyata Pulau Lembeh juga mempunyai sejumlah tempat wisata yang juga menarik dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Pulau Lembeh (Bitung) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Pulau Lembeh (Bitung) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Tugu Trikora

Tempat Wisata di Pulau Lembeh
Tugu Trikora di Pulau Lembeh
Tempat wisata di Pulau Lembeh (Bitung) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Tugu Trikora. Tugu Trikora ini dibangun sebagai salah satu bentuk untuk mengenang peristiwa heroik trikora (tri komando rakyat).

Tugu Trikora ini dibangun atas inisiatif pemerintah pada tahun 80-an untuk mengenang peristiwa bersejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut wilayah Irian Barat dari tangan Penjajahan Belanda.

Buat kamu yang lagi mencari spot-spot foto yang keren di sekitar Kota Bitung, maka Tugu Trikora di Pulau Lembeh ini wajib kamu kunjungi. Pasalnya, di Tugu Trikora ini banyak terdapat spot-spot foto yang instagramable.

#2. Pantai Kahona

Tempat Wisata di Pulau Lembeh
Pantai Kahona
Tempat wisata di Pulau Lembeh (Bitung) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Kahona. Pantai yang berada di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Lembeh Selatan ini memiliki keunikan tersendiri, yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Indonesia.


Umumnya, pantai itu identik dengan pasirnya yang halus, namun di Pantai Kahona ini pasirnya adalah pecahan-pecahan batu karang kecil. Oleh karena itu, sangat disarankan mengunakan alas kaki ketika berkunjung ke pantai ini.

#3. Ekowisata Mangrove 

Selain Tugu Trikora, dan Pantai Kahona, ada satu lagi tempat wisata di Pulau Lembeh yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Ekowisata Mangrove, yang berada di Desa Pintu Kota, Kecamatan Lembeh Utara.

Di dalam kawasan Ekowisata Mangrove ini, para pengunjung bisa bersantai di beberapa gazebo atau berfoto dengan latarbelakang pohon-pohon mangrove. Bukan hanya itu saja, masuk lebih ke dalam lagi, pengunjung bisa melihat laut yang diapit oleh 2 bukit.

Selain itu, Ekowisata Mangrove ini juga termasuk salah satu tempat yang bagus untuk mengabadikan kenangan. Bahkan kabarnya, sudah ada beberapa pasangan yang mengunakan tempat ini sebagai lokasi foto prewedding.

#4. Selat Lembeh

Selat Lembeh adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat berbagai habitat laut di Sulawesi Utara selain di Bunaken. Mulai dari habitat laut yang unik, hingga habitat laut yang langka ada di Selat Lembeh ini.

Disamping itu, perairan Selat Lembeh juga mempunyai peran yang multifungsi seperti sebagai pelabuhan, jalur transportasi, kegiatan industri, pariwisata, hingga sebagai basis keamanan laut, dan lain sebagainya. 

#5. Patung Tuhan Yesus Memberkati

Tempat Wisata di Pulau Lembeh
Patung Tuhan Yesus Memberkati di Pulau Lembeh
Tempat wisata di Pulau Lembeh (Bitung) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Patung Tuhan Yesus Memberkati. Patung Yesus setinggi 35 meter ini bisa kamu kunjungi di Desa Dorbolaang, Kecamatan Lembeh Selatan.

Selain bisa menikmati kemegahan patung Yesus, dari tempat ini, para pengunjung juga bisa melihat pemandangan birunya lautan luas. Sementara itu, disamping kiri dan kanannya terhampar hutan kelapa yang rindang.

Akhir Kata

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Pulau Lembeh (Bitung) yang menarik dikunjungi. Bagaimana? Tertarik berkunjung kesana? Tapi sebelum pergi, baca juga 25+ Tempat Wisata di Tomohon Yang Paling Populer Dikunjungi!!.