Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Air Terjun di Bangli (Bali) Yang Lagi Hits Dikunjungi!!

Beberapa air terjun di Bangli berikut ini sangat wajib pertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Karena, wisata air terjun berikut ini lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan di Bali, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Perlu diketahui, Bangli adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Bali yang tidak mempunyai garis pantai. Walaupun begitu, kabupaten dengan moto " Bhukti Mukti Bhakti " ini mempunyai banyak sekali objek alam selain pantai.

Salah satu objek wisata alam yang banyak terdapat di Kabupaten Bangli adalah air terjun. Lantas, apa saja air terjun di Bangli (Bali) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Wisata Air Terjun di Bangli (Bali) Yang Lagi Hits Dikunjungi

#1. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Tukad Cepung
Wisata air terjun di Bangli (Bali) yang lagi hits dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Tukad Cepung. Lokasinya berada di Dusun Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

Air terjun setinggi kurang lebih 15 meter ini sering dijuluki sebagai " air terjun dari langit " oleh sebagian wisatawan. Hal ini dikarenakan jika diperhatikan sekilas air terjun ini seperti jatuh dari langit.

Hanya saja, akses menuju ke lokasi Air Terjun Tukad Cepung ini cukup sulit yaitu harus menyusuri jalan berundak, menyusuri pinggiran sungai, menuruni tebing, dan menyusuri jalan sempit diantara tebing.

#2. Air Terjun Pengibul

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Pengibul
Wisata air terjun di Bangli (Bali) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Air Terjun Pengibul. Lokasi air terjun ini berada di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

Air terjun ini mempunyai dua tingkatan, dimana tingkatan pertamanya memiliki tinggi kurang lebih 15 meter dan memiliki kolam dibagian bawahnya yang bisa digunakan untuk bermain air seperti berendam dan lainnya.

#3. Air Terjun Tibumana

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Tibumana
Air terjun yang lokasinya berada di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali ini mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan wisata air terjun pada umumnya di Indonesia. 

Pasalnya, air terjun ini terkadang mengalirkan dua air terjun sekaligus secara berdampingan. Makanya, terkadang air terjun ini disebut " air terjun kembar ". Uniknya lagi, dibelakang air terjun ini juga terdapat sebuah gua.

Disamping itu, tebing yang dilapisi oleh lumut-lumut hijau, air terjun berwarna jernih, dan kolam jatuhan air terjun yang berwarna biru adalah kombinasi pemandangan yang akan didapatkan jika berkunjung ke air terjun ini.

#4. Air Terjun Tangkub

Air Terjun Tangkub juga sering disebut dengan nama " Air Terjun Slau ". Karena air terjun yang berada di Desa Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali ini mengalir di Sungai (Tukad) Slau.

Hanya saja, akses jalan menuju ke lokasi air terjun setinggi kurang lebih 25 meter ini belum beraspal, dan para wisatawan harus melewati hamparan sawah milik penduduk setempat sejauh kurang lebih 1,5 kilometer.

#5. Air Terjun Kuning

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Kuning
Untuk menuju ke Air Terjun Kuning yang berada di Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali ini, para wisatawan diharuskan melewati hamparan kebun cengkeh milik penduduk setempat.

Disamping itu, para wisatawan juga harus berhati-hati untuk menuju ke lokasi air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini, karena harus melewati tebing yang curam dengan puluhan anak tangga yang masih alami.

Walaupun begitu, keindahan alam yang ditawarkan oleh air terjun yang tidak pernah kering meskipun pada musim kemarau ini akan menjadi imbalan yang setimpal dengan kesulitan-kesulitan yang harus dilewati tersebut.

#6. Air Terjun Dedari Jelekungkang

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Dedari Jelekungkang
Air Terjun Dedari Jelekungkang adalah salah satu objek wisata air terjun baru di Kabupaten Bangli. Lokasinya berada di Dusun Banjar Jelekungkang, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini para wisatawan diharuskan melakukan tracking (jalan kaki) melewati perkebunan-perkebunan milik penduduk setempat dengan hawa udara yang sejuk dan menyegarkan.

#7. Air Terjun Kutuh

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Kutuh
Wisata air terjun di Bangli (Bali) yang juga lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Air Terjun Kutuh. Lokasinya berada di Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Air Terjun Kutuh adalah sebuah air terjun bertingkat dua dengan total ketinggian sekitar 40 meter. Lebih uniknya lagi, air terjun ini mempunyai sumber air panas, sehingga air di air terjun ini bersuhu panas.

#8. Air Terjun Bunutin

Air Terjun Bunutin adalah salah satu air terjun yang lokasinya sangat tersembunyi di Kabupaten Bangli. Dimana, untuk menuju ke lokasi air terjun ini, para wisatawan diharuskan melewati medan jalan yang " cukup " ekstrim.

Walaupun begitu, perjalanan yang cukup berat tersebut akan langsung terbayar dengan pesona yang disuguhkan oleh air terjun yang berada di Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini.

#9. Air Terjun Sangsang

Selain Air Terjun Kuning, dan Air Terjun Dedari Jelekungkang, ada satu lagi objek air terjun yang lokasinya berada di Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, yakni Air Terjun Sangsang.

Air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini termasuk salah satu air terjun yang jarang dikunjungi wisatawan, sehingga suasana yang ditawarkan lebih tenang dan nyaman dibandingkan objek wisata terkenal di Kabupaten Bangli.

#10. Air Terjun Tirta Payuk

Air Terjun di Bangli
Air Terjun Tirta Payuk
Air Terjun Tirta Payuk merupakan salah satu air terjun di Bangli yang tidak begitu tinggi, dan pada musim kemarau airnya tidak begitu deras, namun pada musim penghujan air di air terjun ini lumayan deras.

Air Terjun Tirta Payuk ini diapit oleh dua tebing yang " sedikit " menjorok ke dalam. Diantara tebing tersebut terdapat pohon-pohon hijau, dan dibagian bawahnya terdapat sebuah kolam air yang cukup jernih.

Apabila kamu penasaran dengan keindahan Air Terjun Tirta Payuk ini? Kamu dapat mengunjunginya langsung di Dusun Banjar Bangun Lemah, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa wisata air terjun di Bangli (Bali) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Baca juga 20+ Tempat Wisata di Ubud Yang Lagi Hits Dikunjungi Wisatawan!!.