Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Lagu Daerah Dari Kalimantan Selatan (Kalsel) Yang Wajib Diketahui!!

Lagu Daerah Dari Kalimantan Selantan

Lagu daerah dari Kalimantan Selatan berikut ini wajib diketahui, terutama bagi kalian yang ingin mengenal tentang provinsi beribukota Banjarmasin ini. Seperti diketahui, Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia.

Provinsi yang terbentuk pada tahun 1950 silam ini sangat terkenal dengan kekayaan alamnya seperti batubara, dan lain sebagainya. Disamping itu, Provinsi Kalimantan Selatan juga sangat kaya akan budaya.

Dan salah satu budaya yang populer di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu lagu daerahnya. Lantas, apa saja lagu daerah dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang wajib diketahui tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Daftar Lagu Daerah Dari Kalimantan Selantan (Kalsel) Yang Wajib Diketahui

#1. Lagu " Ampar Ampar Pisang "

Lagu " Ampar Ampar Pisang " adalah salah satu lagu daerah dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang sangat terkenal di Indonesia. Dan lagu ini sering diperdengarkan dan dinyanyikan ketika anak-anak sedang bermain.

Lagu yang diciptakan oleh Hamiedhan AC ini bercerita tentang buah pisang yang diolah dengan cara diamparkan (dijemur) sampai menjadi sebuah makanan khas Kalimantan Selatan berbahan dasar buah pisang.

#2. Lagu " Paris Berantai "

Daftar lagu daerah dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang wajib diketahui berikutnya yaitu Lagu " Paris Berantai ". Lagu yang diciptakan oleh Anang Ardiansyah ini mempunyai lirik yang amat sangat sedih sekali.

Pasalnya, lagu yang mengunakan bahasa banjar ini menceritakan tentang kerinduan seseorang terhadap kekasihnya. Selain itu, lagu ini juga bercerita tentang suasana kampung halaman yang sudah lama ditinggalkan.

#3. Lagu " Anak Pipit "

Selain Lagu " Ampar Ampar Pisang ", ada satu lagi lagu daerah yang cukup populer dikalangan masyarakat Kalimantan Selatan dan sekitarnya hasil karya Hamiedan AC, yaitu Lagu " Anak Pipit ".

Lagu ini mempunyai lirik yang sangat sedih, karena menceritakan tentang seekor anak burung pipit yang malang. Disamping itu, lagu ini juga mengajak para pendengarnya untuk lebih menyayangi binatang.

#4. Lagu " Saputangan Babuncu Ampat "

Lagu " Saputangan Babuncu Ampat " adalah salah satu daerah yang sering diperdengarkan pada acara-acara tertentu di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. Pasalnya, lagu ini mempunyai lirik yang sangat menginspirasi.

Lagu daerah yang mengunakan bahasa banjar ini menyiratkan pesan bahwa sesama manusia harus saling memaafkan, dan membuang rasa sakit hati, supaya tidak menjadi beban hidup dalam kehidupan kita.

#5. Lagu " Japin Rantauan "

Lagu " Japin Rantauan " adalah salah satu lagu daerah yang sering dibawakan bersama dengan Tarian Japin Rantauan di Kalimantan Selatan. Lagu ini memiliki lirik yang sangat mendalam tentang nilai-nilai agama islam.

Lagu yang mengunakan bahasa banjar ini menceritakan tentang para ulama yang menyebarkan ajaran-ajaran agama islam di kawasan Provinsi Kalimantan Selatan dan sekitarnya. 

#6. Lagu " Ampat Lima "

Selain Lagu " Paris Berantai ", ada satu lagi lagu daerah yang lumayan populer dikalangan masyarakat Kalimantan Selatan dan sekitarnya hasil karya Anang Ardiansyah, yaitu Lagu " Ampat Lima ".

Lagu " Ampat Lima " ini menyiratkan pesan bahwa kita semua harus selalu percaya dan yakin terhadap takdir tuhan, khususnya mengenai tentang jodoh. Jika dia sudah ditakdirkan hidup denganmu, maka dia pasti akan bersamamu nanti.

#7. Lagu " Banua Banjar "

Daftar lagu daerah dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga wajib diketahui terakhir yaitu Lagu " Banua Banjar ". Biasanya, lagu ini dinyanyikan untuk tamu-tamu istimewa seperti tokoh-tokoh negara, dan lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar lagu daerah dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang wajib diketahui, khususnya bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh provinsi beribukota Banjarmasin ini. Baca juga 9+ Tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah) Yang Menarik Dikunjungi!!.