Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Sambas (Kalimantan Barat) Yang Harus Dicicipi!!

Beberapa makanan khas Sambas yang direkomendasikan berikut ini harus dipertimbangkan untuk dicicipi oleh wisatawan yang sekarang ini sedang berwisata di Provinsi Kalimantan Barat dan sekitarnya.

Seperti diketahui, Sambas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, yang dikenal mempunyai beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi wisatawan, khususnya tempat wisata alam.

Selain tempat wisata alam, beberapa makanan khasnya juga harus dipertimbangkan untuk dicicipi. Lantas, apa saja makanan khas Sambas (Kalimantan Barat) yang harus dicicipi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Sambas (Kalimantan Barat) Yang Harus Dicicipi Wisatawan

#1. Bubur Paddas

Makanan Khas Sambas
Bubur Paddas
Makanan khas Sambas (Kalimantan Barat) yang harus dicicipi oleh wisatawan pertama yaitu Bubur Paddas. Bubur beraroma gurih dan mengugah selera ini dibuat dari bahan dasar beras yang dihaluskan dan di sangrai.

Bubur khas sambas ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis sayuran seperti pakis, kangkung, kesum, kacang goreng, dan ikan teri, serta dilengkapi dengan kuah yang mengunakan bumbu-bumbu khas Indonesia.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Sambas (Kalbar) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Bubur Ambok

Makanan Khas Sambas
Bubur Ambok
Selain Bubur Paddas, ada satu lagi bubur khas Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat yang bercitarasa gurih dan mengugah selera, yaitu Bubur Ambok. Bubur Ambok merupakan bubur nasi yang dicampur dengan santan.

Kurang lebih sama dengan Bubur Paddas, Bubur Ambok juga dilengkapi dengan beberapa jenis sayur-sayuran seperti pakis, kangkung, dan lain sebagainya. Dan lebih nikmat lagi disantap dengan kerupuk ikan.

#3. Lempok Durian

Makanan Khas Sambas
Lempok Durian
Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar buah durian. Dilihat secara sekilas, makanan ini mirip sekali seperti dodol yaitu salah satu makanan di Kabupaten Garut (Jawa Barat).

Disamping itu, Lempok Durian termasuk salah satu makanan yang cukup populer di Kabupaten Sambas, dan banyak toko yang menjualnya, sehingga makanan ini sangat mudah sekali ditemukan di Kabupaten Sambas dan sekitarnya.

#4. Serabi Putih

Bukan hanya di Pulau Jawa saja yang mempunyai kuliner bernama " Serabi ", Pulau Kalimantan juga mempunyai kuliner bernama " Serabi ", lebih tepatnya di Kabupaten Sambas (Kalimantan Barat) yakni Serabi Putih.

Serabi khas Sambas ini kurang lebih sama dengan serabi-serabi pada umumnya, dimana serabi khas Sambas ini juga disiram dengan kuah gula merah, atau bisa juga dengan kuah santan yang kental dan manis.

#5. Sup Daging Gerinang

Sup Daging Gerinang ini mirip seperti sup daging bening pada umumnya di Indonesia. Namun kalau di Jakarta dan sekitarnya, sup khas Kabupaten Sambas ini lebih menyerupai seperti Sayur Asem-Asem Iga. 

Dimana, di dalamnya sup ini terdapat potongan-potongan daging, irisan tomat hijau, dan cabai rawit yang dibiarkan utuh, serta ditambah dengan irisan belimbing wuluh untuk menambah citarasa kesegarannya.

#6. Brongkong Ubi

Brongkong Ubi adalah salah satu makanan bercitarasa manis yang bisa dinikmati sebagai cemilan di Kabupaten Sambas dan sekitarnya. Cemilan bercitarasa manis ini terbuat dari bahan dasar Ubi Kuning (Ubi Jalar).

Ubi Kuning (Ubi Jalar) tersebut dikukus terlebih dahulu hingga setengah matang. Kemudian dicampur dengan santai, gula merah, garam, telur, dan tepung beras. Semua adonan tersebut dikukus kembali hingga matang.

#7. Bingka Asin

Makanan khas Sambas (Kalimantan Barat) yang harus dicicipi terakhir yaitu Bingka Asin. Seperti diketahui, Bingka adalah salah satu kue khas banjarmasin dan sekitarnya yang bercitarasa manis seperti keju, susu, dan pisang.

Namun di Kabupaten Sambas terdapat satu lagi varian kue bingka bercitarasa asin, yaitu Bingka Asin. Disamping itu, kue bingka khas Kabupaten Sambas ini juga ditambahkan dengan adonan yang dicampur daging.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa makanan khas Sambas (Kalimantan Barat) yang harus dicicipi para wisatawan. Baca juga ulasan tentang 12+ Tempat Wisata di Sintang (Kalbar) Yang Lagi Hits Dikunjungi!!.