Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21+ Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits Dikunjungi Wisatawan!!

Tempat wisata di Medan yang lagi hits berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Medan adalah kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Kota Jakarta dan Kota Surabaya.

Dan sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, tentunya ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kota Medan. Salah satunya adalah menjelajahi beragam tempat wisatanya yang sekarang ini sedang hits dikunjungi oleh para wisatawan.

Mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata yang instagramable, hingga tempat wisata yang sudah terkenal sejak dulu, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits Dikunjungi Wisatawan

#1. Upside Down World

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Upside Down World
Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi wisatawan yang pertama yaitu Upside Down World. Sesuai dengan namanya, Upside Down World adalah sebuah tempat wisata yang mengusung dunia terbalik.

Semuanya serba terbalik, mulai kamar tidur, ruangan makan, dapur, toilet, dan ruangan-ruangan lainnya. Bahkan, sebuah warung durian yang merupakan salah satu ikon Kota Medan dibuat terbalik di tempat wisata ini.

Jika kamu penasaran dengan Upside Down World ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan K.H. Wahid Hasyim No.29, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 11:00 hingga pukul 20:00.

BACA JUGA: 8+ Tempat Wisata di Pangururan (Samosir) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Kampung Keling

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Kampung Keling
Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi para wisatawan berikutnya yaitu Kampung Keling atau dikenal juga dengan nama " Kampung Madras ", atau dikenal juga dengan julukan " The Little India ".

Seperti yang diketahui, Medan dikenal sebagai salah satu kota multi entis di Indonesia. Dimana, kota ini ditinggali oleh beberapa etnis, dan salah satunya adalah etnis India yang tinggal di Kampung Keling ini.

Salah satu daya tarik utama dari Kampung Keling yang berada di Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan ini terletak pada bangunan-bangunan bersejarahnya. Selain itu, kuliner khas India juga banyak dijajakan di kampung ini.

#3. Merdeka Walk

Merdeka Walk adalah salah satu pusat kuliner di Medan. Bukan hanya makanan khas Medan saja, di pusat kuliner ini juga tersedia berbagai jenis makanan dari negara barat, dan makanan dari negara asia lainnya.

Selain itu, di Merdeka Walk juga terdapat beberapa spot keren yang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda di Medan. Dan salah satu spot nongkrong keren di Merdeka Walk adalah Center Piece.

Biasanya, salah satu pusat kuliner yang berada di Jalan Balaikota, Desa Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, khususnya dari sore hari hingga malam hari.

#4. Merci Barn

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Merci Barn
Merci Barn adalah sebuah kincir angin khas Belanda di Medan. Kincir angin setinggi 22 meter ini terdiri dari 2 lantai, dimana di lantai pertama para pengunjung akan disuguhkan berbagai pernak-pernik khas Belanda.

Sedangkan di lantai dua adalah sebuah ruangan seribu cermin, dimana di dinding ruangannya dipenuhi dengan banyak sekali cermin, sehingga menghasilkan pantulan-pantulan bayangan dari para pengunjungnya.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata yang dijuluki " Negeri Kincir Angin Medan " ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Karya Jaya, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

#5. Istana Maimun

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Istana Maimun
Istana Maimun adalah sebuah istana megah, yang memadukan beberapa unsur kebudayaan di dalam bangunan istananya tersebut, mulai dari kebudayaan Melayu, Timur Tengah, India, Italia, hingga Spanyol.

Istana megah yang berada di Jalan Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan ini adalah salah satu bukti kejayaan kerajaan deli di Sumatera Utara di masa lalu.

Istana Maimun ini terkenal dengan pemandangan eksterior dan interior yang luar biasa indah. Sehingga, tidak terlalu mengherankan apabila istana ini dianggap sebagai istana paling indah di Indonesia saat ini.

#6. Taman Cadika Pramuka

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Taman Cadika Pramuka, atau dikenal juga sebagai salah satu bumi perkemahan pramuka di Kota Medan (Sumatera Utara).

Taman yang lokasinya berada di Jalan Karya Wisata, Kelurahan Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan ini difungsikan sebagai ruang hijau terbuka, sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga.

Bukan hanya itu saja, di Taman Cadika Pramuka ini juga terdapat beberapa titik yang memiliki nuansa dan suasana yang sangat romantis, salah satunya adalah di sekitar danau di Taman Cadika Pramuka.

#7. Masjid Raya Kota Medan

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Masjid Raya Kota Medan
Masjid Al Mahsun atau lebih populer dikenal dengan nama " Masjid Raya Kota Medan " adalah salah satu masjid termegah di Sumatera Utara. Konon kabarnya, masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1906 silam.

Kemegahan masjid yang berada di Jalan Sisingamangaraja No.61, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan ini bisa dilihat dari gaya arsitekturnya, yang merupakan perpaduan antara gaya Timur Tengah, Spanyol, dan India.

Bukan hanya itu saja, setiap bulan Ramadhan datang, di kawasan masjid ini juga sering diselenggarakan acara Ramadhan Fair yang akan banyak dipenuhi dengan pernak-pernik khas bulan Ramadhan.

#8. Graha Santa Maria Velangkanni

Jika dilihat secara sekilas, bangunan Graha Santa Maria Velangkanni ini mirip sekali seperti kuil umat agama hindu. Namun demikian, bangunan khas yang megah ini sebenarnya adalah sebuah gereja katolik.

Kemegahan bangunan gereja katolik yang berada di Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan ini tidak hanya bisa menarik minat para jemaat-nya untuk selalu rajin beribadah.

Namun juga banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke gereja ini. Salah satu hal yang paling menarik dari bangunan gereja katolik ini adalah ornamen dan perwarnaan dindingnya dikerjakan langsung mengunakan tangan.

#9. Gedung Bank Indonesia Medan

Mungkin ada sebagian orang yang bertanya, kenapa bangunan sebuah bank bisa menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi? Jangan salah dulu, Gedung Bank Indonesia Medan ini bukanlah bangunan biasa.

Gedung Bank Indonesia Medan adalah sebuah bangunan megah bergaya arsitektur khas eropa. Bahkan saat ini, bangunan yang berada di Jalan Balaikota No.4, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan ini sudah menjadi salah satu tempat wisata heritage di Kota Medan.

#10. Vihara Gunung Timur

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Vihara Gunung Timur
Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Vihara Gunung Timur. Vihara yang mempunyai luas kurang lebih 5.000 meter persegi ini diketahui sudah ada sejak tahun 1960 silam.

Selama itu jugalah vihara yang terletak di Jalan Hang Tuah No.16, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan ini berhasil membuat banyak orang yang mengunjungi kagum dengan kemegahannya.

#11. Desa Desa Resto

Desa Desa Resto adalah salah satu tempat wisata kuliner di Kota Medan, yang konsepnya menerapkan nuansa dan suasana yang mirip sekali seperti pedesaan-pedesaan yang ada di Pulau Bali.

Selain itu, tempat wisata kuliner yang berada di Jalan Setia Budi No.190/12, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan ini sangat romantis, sehingga cocok dikunjungi bersama pasangan.

Apalagi ketika malam hari, karena ketika menjelang malam hari, suasana Desa Desa Resto akan berubah menjadi lebih temaram dengan lampu-lampu dan lilin yang mulai dinyalakan di setiap sudutnya.

#12. Tjong A Fie Mansion

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion adalah sebuah bangunan berbentuk mansion (rumah besar) yang didirikan pada tahun 1895 oleh seorang saudagar Tionghoa dari Suku Hakka yang terkemuka pada masanya bernama Tjong A Fie.

Sekarang, mansion yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan ini sudah dialihfungsikan menjadi museum yang bisa dikunjungi oleh siapapun.

#13. Gedung London Sumatera

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Gedung London Sumatera, yang terletak di Jalan Ahmad Yani No.2, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Gedung London Sumatera atau dikenal juga dengan nama " Gedung Lonsum " adalah salah satu bangunan megah peninggalan Kolonial Belanda di Medan, yang masih terawat, dan masih digunakan hingga sekarang ini.

Awalnya, gedung ini didirikan oleh sebuah perusahaan asal Inggris pada tahun 1906, kemudian diambilalih oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Namun setelah Indonesia mereka, otomatis gedung ini dimiliki oleh Indonesia.

#14. Masjid Al-Oshmani

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Masjid Al-Oshmani
Selain Masjid Al Mahsun, atau lebih populer dikenal dengan nama Masjid Raya Kota Medan, ada satu lagi tempat wisata di Medan berupa masjid yang juga cukup menarik dikunjungi, yaitu Masjid Al-Oshmani.

Pasalnya, masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Labuhan oleh masyarakat setempat ini, memiliki bangunan bergaya arsitektur yang memadukan unsur kebudayaan Melayu, India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Spanyol.

Jika kamu penasaran seperti apa kemegahan Masjid Al-Oshmani ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.

#15. The Le Hu Garden

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
The Le Hu Garden
Kalau tempat wisata yang satu ini tidak persis berada di kawasan Kota Medan, melainkan berada di Kabupaten Deli Serdang, atau lebih tepatnya berada di Jalan Pendidikan, Kelurahan Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua.

Namun dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dan mudah dijangkau dari Kota Medan, sehingga salah satu tempat wisata di Deli Serdang ini sangat populer dikalangan pemuda-pemudi di Kota Medan dan sekitarnya.

The Le Hu Garden adalah sebuah tempat wisata berupa taman yang menawarkan keindahan kebun bunga yang ditata dengan rapi, kolam ikan, dan beberapa pondok cantik yang bisa digunakan untuk nongkrong.

#16. Sosmed Cafe

Sosmed Cafe yang berada di Abdullah Lubis No.8, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan ini memang cukup sering dikunjungi wisatawan, khususnya dari kalangan wisatawan muda.

Pasalnya, kafe ini mempunyai interior kekinian yang banyak digemari anak muda. Dan sesuai dengan namanya, interior di kafe ini kebanyakan dihiasi dengan berbagai jenis ornamen-ornamen khas sosial media.

Para pengunjung juga diperbolehkan berfoto dengan latarbelakang ornamen-ornamen khas sosial media tersebut. Disamping itu, menu hidangan kekinian yang ditawarkan di Sosmed Cafe ini juga enak dan lezat.

#17. Menara Air Tirtanadi

Selain Gedung Bank Indonesia Medan, dan Gedung London Sumatera, ada satu lagi bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang cukup menarik untuk dikunjungi di Medan, yaitu Menara Air Tirtanadi.

Dulunya, Menara Air Tirtanadi adalah dipergunakan sebagai tempat penampungan air bersih bagi kalangan menengah atas. Kini, bangunan ini dimiliki oleh PDAM Tirtanadi untuk pengolahan air bersih yang bisa langsung diminum.

Jika kamu penasaran seperti apa keunikan dari Menara Air Tirtanadi ini? Kamu bisa melihatnya langsung di Jalan Sisingamangaraja No.1, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

#18. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Penangkaran Buaya Asam Kumbang
Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan kumpulan buaya dengan berbagai ukuran.

Penangkaran buaya yang berada di Jalan Bunga Raya II, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan ini tercatat memiliki kurang lebih 2.000 ekor buaya yang sengaja dikembangbiakan dan dikelompokan berdasarkan usianya.

Jika kamu ingin melihat secara langsung bagaimana proses memberi makan buaya-buaya di Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini? Kunjungilah tempat ini sore hari, atau lebih tepatnya pada pukul 16:30.

#19. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Tempat Wisata di Medan Yang Lagi Hits
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah salah satu museum unik di Kota Medan. Pasalnya, museum ini menawarkan beragam koleksi binatang-binatang hasil buruan yang sudah diawetkan.

Binatang-binatang yang sudah tidak bernyawa di museum ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja, namun juga ada beberapa di antaranya yang diperoleh dari belahan bumi lainnya seperti di Asia, Afrika, dan Amerika.

Jumlah binatang yang sudah diawetkan di museum yang berada di Jalan S. Parman No.309, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan ini mencapai kurang lebih 2.000 ekor, yang dipajang secara artistik di dalam sebuah ruangan bersuhu dingin.

#20. Wonders Water World

Wonders Water World adalah sebuah taman bermain air berskala internasional di Medan, yang menawarkan berbagai macam wahana air seperti Super Loop, Tunnel Twister, Pipe Line, dan lain sebagainya.

Jika kamu penasaran seperti apa keseruan bermain air di Wonders Water World ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Padang Golf CBD Polonia, Kelurahan Suka Damai, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.

#21. Pasar Belawan

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi yang terakhir yaitu Pasar Belawan. Tempat ini sangat direkomendasikan dikunjungi buat mereka yang sedang mencari barang-barang antik untuk dijadikan oleh-oleh.

Pasar yang berada di pusat Kota Medan, atau lebih tepatnya berada di Jalan Sumatera, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan ini banyak menawarkan beragam jenis kerajinan keramik.

Selain itu, kerajinan keramik di Pasar Belawan ini dikenal berkualitas unggul dan tidak mudah pecah. Dan yang lebih terpenting lagi, harga kerajinan keramik dipasar ini sangat ramah dikantong alias murah meriah.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Medan yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan sekarang ini. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Berastagi (Sumatera Utara) Yang Lagi Hits!!.