Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits Dikunjungi!

Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan berikut ini sangat wajib diketahui. Seperti diketahui, Purwakarta adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang cukup terkenal dengan beragam tempat wisata alamnya.

Selain itu, Kabupaten Purwakarta juga cukup dekat dengan Ibukota Jakarta, yaitu sekitar 80 km saja. Sehingga, tidak mengherankan apabila beberapa tempat wisata di Purwakarta tidak pernah sepi pengunjung.

Nah, buat kamu yang sedang mencari informasi-informasi tentang rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan sekarang ini, mari kita menyimak ulasannya berikut ini.

Inilah Daftar Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits Dikunjungi Wisatawan

#1. Waduk Jatiluhur

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Waduk Jatiluhur
tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi wisatawan pertama yaitu Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur adalah sebuah bendungan yang memiliki arti tersendiri bagi warga purwakarta dan sekitarnya.

Pasalnya, waduk dengan luas kurang lebih 4.500 kilometer persegi ini dimamfaatkan sebagai sumber energi air untuk PLTA, sumber air minum, irigasi, budidaya perikanan, tempat memancing, dan lain sebagainya.

Dan yang lebih penting lagi, di waduk yang berada di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta ini banyak dikunjungi wisatawan karena banyak terdapat spot yang instagramable.

#2. Bukit Panenjoan

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Bukit Panenjoan
Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Panenjoan. Bukit Panenjoan adalah sebuah tempat wisata kekinian yang menawarkan beberapa gardu pandang yang instagramable.

Istimewanya lagi, selain memiliki beberapa gardu pandang yang instagramable, dari Bukit Panenjoan ini, para pengunjung juga bisa melihat langsung seperti apa pesona alam pedesaan di Kabupaten Purwakarta.

Jika kamu penasaran dengan Bukit Panenjoan ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit, Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 - 17:00 dengan tiket masuk Rp 5.000/orang.

#3. Gunung Lembu

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Gunung Lembu
Kalau kamu ingin melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari sisi yang berbeda! Dakilah Gunung Lembu yang secara administratif berada di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Disamping itu, trek untuk mencapai puncak Gunung Lembu juga tidak terlalu sulit dan mudah dilakukan. Dan pemandangan yang akan didapatkan adalah sesuatu yang pasti bisa membuatmu terkagum-kagum.

Dengan pemandangan alam yang luar biasa di gunung setinggi 792 diatas permukaan air laut ini, sehingga tidak sedikit orang yang menjadi Gunung Lembu sebagai tempat berkemah atau tempat camping.

#4. Gunung Parang

Bagi kamu yang ingin menguji keberaniannya lewat olahraga panjat tebing, maka Gunung Parang di Kampung Cirangking, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta ini wajib kamu dikunjungi.

Dengan mengunakan ferrata, para pendaki bisa merayap di lereng Gunung Parang dengan aman. Bukan hanya itu saja, para pendaki juga akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Untuk melengkapi pengalamanmu di Gunung Parang ini, kamu bisa mempertimbangkan menyewa sebuah kamar di hotel gantung Skylodge Padjajaran Anyar untuk mendapatkan sensasi bermalam di pinggiran tebing batu.

#5. Stasiun Purwakarta

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Stasiun Purwakarta
Seperti yang kita ketahui, kuburan itu identik dengan hal-hal yang menyeramkan, namun sedikit berbeda dengan kuburan gerbong kereta di Kabupaten Purwakarta, yang justru menjadi tempat yang instagramable.

Lokasinya tepat berada di depan ruang tunggu penumpang di Stasiun Kereta Api Purwakarta, atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Jika suatu waktu kamu berkunjung ke Kabupaten Purwakarta dengan mengunakan kereta api di Stasiun Kereta Api Purwakarta, maka tidak salahnya untuk mengunjungi kuburan gerbong kereta yang instagramable ini.

#6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Taman Air Mancur Sri Baduga
Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga. Daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini yaitu pertunjukan air mancur.

Biasanya, pertunjukan air mancur ini dilakukan setiap malam pada hari Jum'at dan Sabtu. Jika kamu penasaran dengan Taman Air Mancur Sri Baduga ini? Kamu bisa mengunjunginya di Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

#7. Kolam Mata Air Cijanun

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Kolam Mata Air Cijanun
Jika kamu sedang mencari kolam renang dengan pemandangan yang asik dan berkesan di Kabupaten Purwakarta? Maka salah satu yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Kolam Mata Air Cijanun.

Kolam renang ini memang tidak terlalu luas, yaitu hanya sekitar 160 meter persegi dengan kedalaman 3 meter. Namun yang menjadi tempat wisata ini menarik adalah arsitektur kolamnya yang semi-infinity.

Selain itu, panorama pepohonan, perkebunan dan persawahan warga di sekitarnya juga menambah daya tarik Kolam Mata Air Cijanun yang berada di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta ini.

#8. Gunung Bongkok

Selain Gunung Lembu, ada satu gunung yang menarik untuk didaki di Purwakarta, yaitu Gunung Bongkok, yang secara administratif lokasinya berada di Desa Cikandang, Kecamatan, Kabupaten Purwakarta,

Hanya saja, untuk mencapai puncak Gunung Bongkok memang diperlukan sedikit usaha yang lebih keras. Karena, jalur menuju puncak gunung setinggi 975 meter diatas permukaan air laut ini cukup terjal.

Namun, semua usaha dalam mencapai puncak Gunung Bongkok ini tidak akan sia-sia, karena pemandangan lanskap Kabupaten Purwakarta, Waduk Jatiluhur, dan Gunung Parang akan menjadi bayarannya.

#9. Sasak Panyawangan

Tempat wisata yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan begitu saja jika sedang liburan di Purwakarta. Pasalnya, dari tempat wisata ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Bongkok dengan cara yang berbeda.

Di Sasak Panyawangan ini terdapat sebuah jembatan bambu yang bisa digunakan oleh para pengunjung berjalan-jalan santai untuk menikmati panorama alam Purwakarta disekitar Gunung Bongkok.

Bukan hanya itu saja, dari tempat wisata yang berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta ini juga bisa menikmati pemandangan indah Waduk Jatiluhur dari sisi yang berbeda.

#10. The Colorville

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
The Colorville
Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu The Colorville. The Colorville adalah sebuah taman bermain dengan beragam wahana permainan yang menarik dicoba.

Mulai dari permainan outbound, kolam air, hingga photobooth, dan lain sebagainya ada di tempat wisata ini. Selain itu, di tempat wisata ini juga tersedia beberapa penginapan, yang ditawarkan dengan harga yang cukup murah.

Jika kamu penasaran dengan The Colorville ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 00:00.

#11. Situ Wanayasa

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Situ Wanayasa
Situ Wanayasa adalah sebuah danau indah di Purwakarta yang terletak tepat di lereng Gunung Burangrang, atau lebih tepatnya berada di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Yang menarik dari Situ Wanayasa ini, yaitu terdapat sebuah pulau kecil di tengah danaunya, dimana di pulau tersebut, terdapat makam RA Suriawinata, yaitu seorang mantan bupati Kabupaten Karawang.

Biasanya, kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, pasti menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam RA Suriawinata ini.

#12. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta berupa resort ekslusif, yang pesonanya tidak kalah jauh dibandingkan dengan resort-resort ekslusif yang banyak ditemukan di Pulau Bali.

Salah satu daya tarik utama di Giri Tirta Kahuripan, yaitu sebuah kolam renang di ruangan terbuka dengan pemandangan perbukitan-perbukitan yang indah. Selain itu, udara di sekitar Giri Tirta Kahuripan juga sejuk, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.

Jika kamu penasaran seperti apa kemegahan kolam renang di Giri Tirta Kahuripan ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Raya Wanayasa RT/RW.04/13, Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

#13. Curug Cipurut

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Curug Cipurut
Kurang lebih sama dengan Situ Wanayasa, Curug Cipurut juga berada tepat di lereng Gunung Burangrang, atau lebih tepatnya berada di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Menariknya, Di Curug Cipurut ini, para pengunjung bisa menemukan tiga air terjun sekaligus dengan ketinggian yang berbeda-beda. Dimana, air terjun utamanya memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter.

Bukan hanya itu saja, di sekitar tempat wisata ini juga terdapat sebuah tempat, yang biasanya dimamfaatkan oleh para pecinta alam untuk camping atau berkemah.

#14. Waduk Cirata

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Waduk Cirata
Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Waduk Cirata. Kurang lebih sama dengan Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata ini juga dimamfaatkan sebagai sumber energi air untuk PLTA.

Namun, waduk yang lokasinya berada di Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Purwakarta ini juga sering dimamfaatkan sebagai tujuan tempat wisata oleh warga Purwakarta dan sekitarnya.

Bahkan, di waduk ini juga banyak terdapat perahu, yang sebagian di antaranya memang untuk disewakan kepada para wisatawan yang ingin mengelilingi Waduk Cirasa ini dengan mengunakan perahu.

#15. Urban Farming Purwakarta

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Urban Farming Purwakarta
Kalau tempat wisata yang satu ini sedikit berbeda dengan beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi lainnya. Pasalnya, tempat wisata ini mengusung konsep ala benua eropa.

Urban Farming Purwakarta adalah sebuah tempat wisata berupa rumah-rumah petani ala eropa lengkap dengan nuansa perkebunannya. Bahkan, para pengunjung bisa membeli bibit bunga, sayur-sayuran, dan buah-buahan di tempat wisata ini.

Urban Farming Purwakarta ini bisa kamu kunjungi di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

#16. Bukit Katumbiri

Dalam bahasa suku sunda, kata " Katumbiri " berarti " Pelangi ", jadi tempat wisata bisa juga disebut " Bukit Pelangi ", yaitu salah satu tempat wisata di Purwakarta yang baru dibuka pada awal tahun 2018 lalu.

Dari atas Bukit Katumbiri ini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah, mulai dari terasering yang unik, hingga perbukitan-perbukitan hijau yang masih alami dengan udara yang sejuk.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata yang sedang hits dikalangan anak muda ini? Kamu bisa mengunjungi Bukit Katumbiri ini di Bukit Katumbiri, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

#17. Tanjakan Cinta

Rempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Tanjakan Cinta. Tempat wisata yang satu ini memang belum terlalu populer dan belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Namun, berkat pemandangan alam yang disuguhkannya bisa menyejukan mata. Sehingga, beberapa waktu terakhir, tempat wisata ini mulai dilirik oleh para wisatawan. Selain itu, tiket masuknya juga terbilang murah, yaitu hanya Rp 5.000/orang.

Selain tiket masuknya yang murah meriah, disekitar tempat wisata yang berada di Kelurahan Wanawali, Cibatu, Purwakarta ini juga terdapat warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga standar pada umumnya.

#18. Curug Tilu

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Curug Tilu
Selain Curug Cipurut, ada satu lagi curug atau air terjun di Purwakarta yang juga sering dikunjungi wisatawan, yaitu Curug Tilu. Keunggulan curug ini adalah masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Keunggulan lain dari air terjun yang berada di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta ini, yaitu airnya sangat jernih dengan warna kehijauan dan dikelilingi batuan-batuan khas pegunungan.

Dan bagi mereka yang tidak bisa berenang, namun tetap masih ingin bermain air di Curug Tilu ini. Jangan khawatir, karena di tempat wisata ini juga sudah tersedia sebuah tempat penyewaan pelampung.

#19. Pasir Langlang Panyawangan

Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits
Pasir Langlang Panyawangan
Pasir Langlang Panyawangan adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan suasana ketenangan, keheningan, dan kesegaran di Purwakarta. Ada beberapa objek wisata di Pasir Langlang Panyawangan ini.

Salah satu objek wisata yang menjadi primadona di tempat wisata ini yaitu hutan pinus yang asri. Selain itu, terdapat juga goa jepang, air terjun, tempat camping, dan beberapa spot foto yang instagramable.

Jika kamu ingin merasakan ketenangan, keheningan, dan kesegaran yang ditawarkan di Pasir Langlang Panyawangan ini? Kamu bisa mengunjunginya di Kelurahan Pasir Muncang, Kiarapedes, Purwakarta.

#20. Desa Sajuta Batu

Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dikunjungi yang terakhir yaitu Desa Sajuta Batu. Seperti diketahui, keindahan alam Purwakarta itu tiada duanya, seperti hutan, pegunungan, dan perbukitan yang indah.

Nah, jika ingin melihat 3 keindahan alam di Purwakarta tersebut, seperti hutan, pegunungan, dan perbukitan. Kunjungilah Desa Sajuta Batu di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Ada kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Desa Sajuta Batu ini, mulai dari trekking, panjat tebing, camping, memancing, flying fox, mendaki gunung, hingga olahraga offroad, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dan wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 12+ Tempat Instagramable di Bekasi Yang Lagi Hits!!.