Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Oleh Oleh Khas Pekalongan Selain Batik Yang Wajib Dibeli!!

Beberapa Oleh oleh khas Pekalongan selain batik berikut ini wajib dipertimbangkan dibeli untuk dibawa pulang. Seperti diketahui, Pekalongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebagai salah satu penghasil batik terbaik di Indonesia.

Sehingga tidak terlalu mengherankan, apabila banyak toko oleh oleh di Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya yang menjadikan batik khas Pekalongan sebagai produk andalannya.

Padahal, ada beberapa produk khas Pekalongan selain batik yang juga menarik dijadikan sebagai oleh oleh. Lantas, apa saja oleh oleh khas Pekalongan selain batik yang wajib dibeli tersebut? Berikut ulasannya.

Oleh Oleh Khas Pekalongan Selain Batik Yang Wajib Dipertimbangkan Untuk Dibeli

#1. Batik Khas Pekalongan

Oleh Oleh Khas Pekalongan Selain Batik
Batik Khas Pekalongan
Batik khas Pekalongan adalah salah satu buah tangan khas Pekalongan yang banyak dijual di toko oleh oleh di Pekalongan. Hal ini tidak terlalu mengherankan, karena Pekalongan memang dikenal sebagai salah satu penghasil batik terbaik di Indonesia.

Batik khas Pekalongan terkenal dengan dengan kelenturan dan sangat dinamis. Tidak jarang, ada beberapa pengunjung dari luar daerah yang sengaja datang ke Pekalongan hanya untuk membeli batik khas Pekalongan ini.

BACA JUGA: 7+ Oleh Oleh Khas Kudus (Jawa Tengah) Selain Jenang!!

#2. Capret

Oleh Oleh Khas Pekalongan Selain Batik
Capret
Oleh oleh khas Pekalongan selain batik berikutnya yaitu Capret. Capret adalah salah satu makanan ringan khas Pekalongan sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung kanji, atau tepung pati dengan bumbu khusus.

Bentuknya bulat pipih tidak beraturan, dan disajikan dengan cara digoreng kering. Saat ini, makanan ringan khas Pekalongan ini sudah tersedia beberapa varian rasa, seperti jagung bakar, balado, pedas, asin, barbeku, dan lainnya.

Salah satu produk capret yang cukup terkenal di Pekalongan adalah Capret Cap Raden. Biasanya, Capret Cap Raden ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko oleh oleh di Kabupaten Pekalongan.

#3. Ogak Jahe

Ogah Jahe merupakan salah satu makanan ringan khas Pekalongan yang terbuat dari bahan dasar jahe dicampur dengan kelapa, dan gula. Makanan ringan yang satu ini mempunyai rasa jahe yang begitu kuat.

Walaupun rasa jahenya begitu kuat, namun tidak begitu pedas dilidah, karena diimbangi dengan rasa manis dari gula. Biasanya, makaman ringan ini banyak dijual di toko oleh oleh di Kabupaten Pekalongan.

#4. Limun Oriental

Oleh Oleh Khas Pekalongan Selain Batik
Limun Oriental
Selain batik, dan makanan, oleh oleh khas lain dari Pekalongan yang juga bagus dibawa pulang adalah Limun Oriental. Limun Oriental adalah Soft drink khas Pekalongan yang sudah diproduksi sejak tahun 1923 silam.

Dan sampai sekarang, proses pembuatan Limun Oriental tersebut masih menggunakan cara lama yaitu cara tradisional. Hal ini dilakukan tentunya untuk selalu menjaga keaslian citarasa dari minuman itu sendiri.

Lebih menariknya lagi, minuman khas Pekalongan yang satu ini mempunyai beberapa varian rasa untuk dipilih, mulai dari rasa moca, jeruk, nanas, sirsak, lemon, hingga framboze, dan lain sebagainya.

#5. Kerupuk Gendar Atau Kerupuk Nasi

Kerupuk Gendar atau Kerupuk Nasi adalah salah satu cemilan atau makanan ringan khas Pekalongan berupa kerupuk yang dibuat dari adonan nasi yang sebelumnya sudah diberi bumbu, penyedap rasa, dan tepung tapioka.

Biasanya, kerupuk ini sangat mudah sekali ditemukan di Pekalongan seperti di warung-warung pinggir jalan, pasar tradisional, hingga di toko oleh oleh dengan harga antara Rp 3.000 hingga Rp 15.000/bungkus.

#6. Tauco

Oleh Oleh Khas Pekalongan Selain Batik
Tauco
Tauco adalah bumbu rahasia kelezatan dalam masakan Soto Tauto, yaitu salah satu makanan khas Kabupaten Pekalongan (Jawa Tengah) berupa soto, yang kelezatannya sudah terkenal dikalangan para wisatawan.

Kabar baiknya, bumbu Tauco ini bisa dijadikan sebagai buah tangan dari Pekalongan. Pasalnya, ada toko Tauco legendaris di Pekalongan yang menjual bumbu ini dalam bentuk kemasan, yaitu Toko " Pulau Djawa ".

#7. Kopi Tjanting

Kopi Tjanting adalah kopi khas Pekalongan yang terbuat dari biji kopi asli dari Desa Jolotigo, yaitu salah satu daerah penghasil biji kopi legendaris di Kabupaten Pekalongan yang sudah terkenal sejak jaman belanda.

Jadi, kalau kamu adalah seorang pecinta kopi, kamu wajib membeli kopi ini ketika berkunjung ke Pekalongan ini. Apalagi sekarang, Kopi Tjanting sudah tersedia dalam beberapa varian, yaitu Robusta, Arabika, dan Excelsa.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Pekalongan selain batik. Jadi, kamu kalau sedang melancong ke Pekalongan, jangan lupa membeli oleh-oleh diatas. Baca juga 13+ Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng Yang Paling Hits!!.