Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Tempat Instagramable di Jogja (Yogyakarta) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) berikut ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan di Indonesia. Seperti diketahui, Jogja adalah salah satu daerah istimewa yang setingkat dengan provinsi di Indonesia.

Jogja juga terkenal mempunyai beragam tempat wisata yang menarik dikunjungi, mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata edukasi, tempat wisata sejarah, hingga tempat wisata kekinian, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, beberapa tempat wisata di Jogja juga ada yang sangat instagramable. Lantas, dimana saja tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Daftar Tempat Instagramable di Jogja (Yogyakarta) Yang Menarik Dikunjungi

#1. The Lost World Castle

Tempat Instagramable di Jogja
The Lost World Castle
Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi pertama yaitu The Lost World Castle. Tempat ini memiliki beragam spot foto dengan latarbelakang menarik seperti sebuah benteng, replika fosil dinosaurus, taman bunga, dan lainnya.

The Lost World Castle ini berada di lereng Gunung Merapi, atau lebih tepatnya di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Biasanya, tempat ini buka setiap hari, dari pukul 06:00 - 18:00 untuk akhir pekan, dan 07:00 - 18:00 untuk hari biasa.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits Dikunjungi!!

#2. Curug Kuncung Mas

Tempat Instagramable di Jogja
Curug Kuncung Mas
Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Curug Kuncung Mas atau Air Terjun Kuncung Mas. Air terjun ini terkenal dengan warna airnya yang berwarna biru tosca.

Jika kamu penasaran dengan air terjun ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Jalan Sermo - Girimulyo, Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

#3. Merapi Park

Tempat Instagramable di Jogja
Merapi Park

Daerah Istimewa Yogyakarta juga mempunyai sebuah tempat wisata yang bisa membuat para pengunjungnya seolah-olah sedang mengelilingi dunia dalam sekejap mata. Nama tempat wisata tersebut adalah Merapi Park.

Pasalnya, di tempat wisata yang satu ini banyak terdapat replika landmark terkenal di dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Kincir Angin khas Negara Belanda, dan masih banyak objek wisata menarik lainnya.

Jika kamu tidak percaya! Kamu bisa membuktikannya dengan mengunjungi tempat wisata ini di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:30 - 17:00 untuk akhir pekan, dan 09:00 - 16:30 untuk hari biasa.

#4. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun ini mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan sejak beberapa tahun silam. Sekarang, Air Terjun Kedung Pedut sudah dianggap sebagai salah satu ikon pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Kurang lebih sama dengan Curug Kuncung Mas di Kabupaten Sleman, Air terjun yang berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta ini juga terkenal dengan warna airnya yang berwarna biru tosca.

#5. Bukit Paralayang Parang Endog

Tempat Instagramable di Jogja
Bukit Paralayang Parang Endog
Bukit Paralayang Parang Endog atau sering juga disebut dengan nama " Bukit Paralayang Watu Gupit " merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Parang Endog dari ketinggian.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang secara administratif berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini sering dijadikan sebagai landasan olahraga paralayang.

#6. Bukit Lintang Sewu

Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Lintang Sewu. Tempat ini dikenal banyak memiliki spot foto dengan latarbelakang pemandangan alam yang hijau.

Bukan hanya itu saja, Bukit Lintang Sewu yang berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise (matahari terbit) di Yogyakarta.

#7. Taman Bunga Matahari

Tempat Instagramable di Jogja
Taman Bunga Matahari
Selain Bukit Lintang Sewu, ada satu lagi tempat wisata instagramable yang cukup menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Bantul, yaitu Taman Bunga Matahari di Desa Srigading, Kecamatan Sanden.

Sesuai dengan namanya, Taman Bunga Matahari adalah sebuah kebun bunga matahari yang sangat luas. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00 dengan tiket masuk Rp 5.000/orang.

#8. Teras Kaca Pantai Nguluran

Kalau tempat yang satu ini hanya cocok dikunjungi buat mereka yang tidak takut dengan ketinggian. Pasalnya, untuk menikmatinya, para pengunjung diharuskan berdiri di sebuah teras yang terbuat dari kaca di sebuah tebing.

Teras Kaca Pantai Nguluran adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan laut yang sangat instagramable. Hanya saja, agar bisa menikmatinya, kamu harus berani berdiri di sebuah teras yang terbuat dari kaca di sebuah tebing.

Jika kamu ingin menguji keberanianmu di Teras Kaca Pantai Nguluran ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

#9. Bukit Klangon

Buat kamu yang sedang mencari tempat camping di Jogja, kamu bisa mempertimbangkan Bukit Klangon yang berada di kaki Gunung Merapi atau lebih tepatnya berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini.

Pasalnya, Bukit Klangon terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat epik. Selain itu, di bukit ini juga terdapat beberapa spot foto yang sangat instagramable dengan latarbelakang pemandangan alam yang indah.

#10. Watu Giring

Tempat Instagramable di Jogja
Watu Giring

Sebenarnya, tempat yang satu ini tercipta akibat dari penambangan batu alam di masa lalu. Setelah penambangan batu alam tersebut dihentikan, terciptalah sebuah tempat yang mirip seperti situs-situs reruntuhan suku maya.

Kini, bekas lokasi penambangan yang berada di Dusun Jelok Pacarejo, Desa Sambirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal, maupun wisatawan dari luar Yogyakarta.

#11. Curug Luweng Sampang

Selain Curug Kuncung Mas, dan Air Terjun Kedung Pedut, ada satu lagi tempat instagramable di Jogja berupa air terjun yang juga cukup ramai dikunjungi sekarang ini, yaitu Curug Luweng Sampang, atau Air Terjun Luweng Sampang.

Air terjun yang berada di Jalan Juminahan, Dusun Mongkrong, Desa Sampang, Kecamatan Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah.

#12. Tebing Breksi

Tempat Instagramable di Jogja
Tebing Breksi
Kurang lebih sama dengan Watu Giring, Tebing Breksi dulunya juga merupakan sebuah penambangan batu alam. Penambangan tersebut dilakukan oleh warga di sekitarnya, hingga ditutup pada tahun 2014 silam.

Kini, bekas penambangan batu alam di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sedang hits dikunjungi saat ini.

#13. Jembatan Cinta di Pantai Gesing

Pantai Gesing yang terletak di Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini tidak hanya menawarkan objek wisata berupa pantai yang sangat indah saja.

Namun juga terdapat sebuah jembatan yang lagi ramai dikunjungi wisatawan saat ini, yaitu Jembatan Cinta. Jembatan Cinta di Pantai Gesing ini sangat cocok dijadikan tempat sebagai menghabiskan waktu bersama pasangan.

#14. Jembatan Pulau Kalong

Tempat Instagramable di Jogja
Jembatan Pulau Kalong
Kalau jembatan yang satu ini hanya cocok dilewati buat mereka yang berjiwa pemberani saja. Pasalnya, tepat dibawah jembatan tersebut terdapat ombak-ombak besar dari Laut Selatan yang terkenal dengan keganasannya.

Jika kamu ingin menguji keberanianmu di Jembatan Pulau Kalong ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

#15. Hutan Pinus Pengger

Tempat Instagramable di Jogja
Hutan Pinus Pengger
Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan berikutnya yaitu Hutan Pinus Pengger. Hutan Pinus Pengger ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 2017 lalu.

Hingga sekarang, tempat wisata yang tepat berada di Jalan Dlingo - Patuk, Dusun Pantirejo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini masih ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Hal tidak lepas dari banyaknya spot-spot foto instagramable dengan latarbelakang ciamik yang ditawarkan di tempat wisata ini. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 06:30 hingga pukul 23:00.

#16. Air terjun Kedung Kandang

Selain pantai, ternyata Kabupaten Gunung Kidul juga memiliki beberapa tempat wisata air terjun, dan salah satu tempat wisata air terjun yang instagramable di Kabupaten Gunung Kidul adalah Air terjun Kedung Kandang.

Keunikan dari air terjun yang berada di Dusun Nglanggeran Kulon, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini, adalah memiliki 6 tingkatan air terjun yang mengalir ke persawahan yang hijau.

#17. Pintu Langit Dahromo

Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang juga menarik dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Pintu Langit Dahromo. Pintu Langit Dahromo adalah sebuah tempat wisata sederhana namun kreatif.

Salah satu hal paling menarik yang ditawarkan oleh tempat wisata yang berada di Jalan Dahromo, Dusun Karang Asem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini adalah berfoto sambil menunggu matahari terbit (sunrise).

#18. Telaga Biru Semin

Tempat Instagramable di Jogja
Telaga Biru Semin
Diperbatasan antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ada sebuah telaga yang sangat instagramable, yaitu Telaga Biru Semin.

Kini, telaga yang terbentuk dari bekas penambangan batu kapur ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Sesuai dengan namanya, Telaga Biru Semin ini mempunyai air yang berwarna biru tosca.

#19. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat Instagramable di Jogja
Gumuk Pasir Parangkusumo
Yogyakarta juga memiliki sebuah padang pasir, yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Walaupun tidak seluas Gurun Sahara, namun padang pasir di Yogyakarta ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Jika kamu penasaran dengan keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 hingga pukul 18:00.

#20. Watu Payung

Tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi oleh wisatawan terakhir yaitu Watu Payung. Watu Payung adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset (matahari terbenam) di Yogyakarta.

Selain memiliki pemandangan matahari terbenam (sunset) yang indah, tempat wisata yang berada di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat instagramable di Jogja (Yogyakarta) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan saat ini. Baca juga 4+ Tempat Nongkrong di Wonosari (Gunung Kidul - Yogyakarta).