Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Tempat Wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) berikut ini sangat direkomendasikan dikunjungi karena objek wisatanya banyak yang menarik. Seperti diketahui, Bangkinang adalah ibukota Kabupaten Kampar di Provinsi Riau.

Kabupaten yang berjuluk " Bumi Sarimadu " ini diketahui mempunyai sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, mulai dari objek wisata alam hingga objek wisata kekinian, dan lainnya.

Dan beberapa diantara objek wisatanya tersebut berada di Kota Bangkinang dan sekitarnya. Lantas, apa saja tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Bukit Naang Bangkinang

Tempat Wisata di Bangkinang
Bukit Naang Bangkinang
Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Bukit Naang Bangkinang. Lokasinya berada di  Desa Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi kalian yang suka dengan petualangan. Pasalnya, objek wisata ini mempunyai beberapa aktraksi yang bisa memacu andrenalin seperti Flying Fox dengan tinggi kurang lebih 22 meter.

Disamping itu, objek wisata ini juga mempunyai fasilitas pendukung yang cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, tempat istirahat, toilet, hingga kantin sudah tersedia disekitar objek wisata ini.

#2. Puncak Pukatan

Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Puncak Pukatan. Objek wisata yang satu ini sangat diminati oleh wisatawan, khususnya para wisatawan muda.

Pasalnya, objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Disamping itu, di objek wisata ini juga terdapat sebuah gardu pandang yang terbuat dari anyaman bambu yang bisa digunakan untuk berfoto selfie.

Hanya saja, untuk menuju ke objek wisata ini dibutuhkan " sedikit " perjuangan yang cukup melelahkan, karena Puncak Pukatan ini berada di Jalan Bangkinang - Payakumbuh, Desa Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

#3. Puncak Mahligai Indah

Puncak Mahligai Indah, atau sering juga disebut " Mahligai Indah " saja adalah salah satu objek wisata baru di Kabupaten Kampar. Objek wisata ini cocok dikunjungi bagi wisatawan yang suka berfoto selfie atau berswafoto.

Pasalnya, objek wisata ini mempunyai beberapa gardu pandang sederhana dengan background beberapa pulau cantik. Disamping itu, di objek wisata ini juga terdapat sebuah rumah pohon dengan background hutan dan danau.

Jika kamu penasaran dengan pesona dan keindahan Puncak Mahligai Indah ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

#4. Ulu Kasok

Tempat Wisata di Bangkinang
Ulu Kasok
Ulu Kasok adalah salah satu objek wisata yang paling hits dikunjungi wisatawan di Kabupaten Kampar. Pasalnya, objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang mirip seperti Raja Ampat di Papua Barat.

Bahkan, tidak sedikit para wisatawan yang menyebut objek wisata yang berada di Pulau Gadang, Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini sebagai " Raja Ampat ala Kampar "

Ada tiga objek wisata utama yang ditawarkan oleh Ulu Kasok, yakni Puncak Ulu Kasok, Air Terjun Ulu Kasok, dan Pulau yang bisa dikelilingi dengan mengunakan speedboat yaitu perahu yang mempunyai mesin.

#5. Puncak Kompe

Tempat Wisata di Bangkinang
Puncak Kompe
Puncak Kompe ini cukup dekat dengan Ulu Kasok. Disamping itu, pemandangan yang ditawarkannya juga mirip dengan pemandangan di Ulu Kasok, yaitu hamparan pulau kecil yang mirip seperti di Raja Ampat.

Bukan hanya itu saja, objek wisata yang berada di Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini juga mempunyai beberapa dek sederhana dan ayunan langit yang bisa dijadikan spot berfoto selfie.

#6. Sungai Hijau

Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang juga menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Sungai Hijau. Sungai Hijau adalah salah satu objek wisata alam yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, khususnya di akhir pekan (weekend).

Dinamakan " Sungai Hijau " karena air di sungai ini sangat bening, dan memantulkan bias cahaya dari pohon-pohon hijau disekitar sungai tersebut, sehingga menghasilkan warna air sungai yang seolah-olah berwarna hijau.

Lokasinya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan mengunakan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum atau lebih tepatnya berada di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau.

#7. Gren Canyon Gulamo

Tempat Wisata di Bangkinang
Gren Canyon Gulamo
Dinamakan " Gren Canyon Gulamo " karena objek wisata ini berada di Sungai Gulamo dan mirip seperti Grand Canyon di Sungai Colorado, yaitu salah satu tempat wisata alam terbaik di Amerika Serikat.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di objek wisata yang berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini, salah satu di antaranya adalah body rafting.

#8. Candi Muara Takus

Tempat Wisata di Bangkinang
Candi Muara Taku
Kabupaten Kampar di Riau juga mempunyai beberapa tempat wisata sejarah, salah satu yang paling terkenal di Indonesia adalah Candi Muara Takus. Candi Muara Takus adalah sebuah komplek candi di Pulau Sumatera.

Komplek candi yang berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kebupaten Kampar, Riau ini merupakan salah satu kumpulan candi-candi peninggalan kerajaan sriwijaya di Pulau Sumatera.

Ada beberapa candi yang terdapat di dalam komplek candi berukuran luas sekitar 74 meter persegi ini, di antaranya adalah Candi Bungsu, Candi Tua, Candi Palangkan, Stupa Mahligai, dan lain sebagainya.

#9. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina adalah salah satu tempat wisata terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pasalnya, desa yang berada di Kecamatan Siak Hulu ini dikenal sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Kampar.

Ada banyak objek wisata di desa ini di antaranya adalah beberapa danau unik yang bisa dikelilingi dengan mengunakan perahu, tempat pemancingan, dan beberapa penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Bukan hanya itu saja, di desa wisata ini juga terdapat sebuah hutan alami yang masih sangat asri lengkap dengan flora dan faunanya yang bisa dijadikan sebagai bahan edukasi dan objek fotografi.

#10. Pantai Cinta Teluk Jering

Tempat Wisata di Bangkinang
Pantai Cinta Teluk Jering
Dinamakan " Pantai Cinta Teluk Jering " karena lokasi objek wisata ini berada di pinggiran Sungai Kampar di Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. 

Walaupun objek wisata pantai ini berada di pinggiran sungai bukan di pinggiran laut, namun pesona yang ditawarkannya tidak kalah indah jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada di pinggiran laut.

#11. Jembatan Water Front City Bangkinang

Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang juga cukup menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Jembatan Water Front City Bangkinang yang membentang megah di atas Sungai Kampar.

Jembatan yang menghubungkan Kota Bangkinang dengan Kampung Godang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau ini didesain dengan konsep yang unik dan menarik.

Sehingga tidak terlalu mengherankan jika jembatan ini tidak hanya dimamfaatkan sebagai alat penghubung saja, tapi juga sering dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Kota Bangkinang.

#12. Lubang Kolam

Walaupun terkesan sederhana dan terlihat kumuh, namun terowongan yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Disamping itu, beberapa ratus meter dari terowongan yang tidak dilewati kendaraan lagi karena ditutup untuk mengalihan lokasi ini terdapat juga sebuah bendungan PLTA Koto Panjang yang sangat instagramable.

Jika kamu penasaran dengan Lubang Kolam ini? Kamu bisa mengunjungi objek wisata ini di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

#13. Air Terjun Batang Kapas

Tempat Wisata di Bangkinang
Air Terjun Batang Kapas
Kabupaten Kampar juga mempunyai beberapa objek wisata air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Batang Kapas. Lokasinya berada di Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Walaupun air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi yakni sekitar 150 meter, namun debit airnya tidak terlalu besar, sehingga cukup banyak wisatawan yang berani bermain air di kolam jatuhannya.

Disamping itu, para wisatawan juga bisa camping atau berkemah di sekitar air terjun tersebut untuk menunggu dan menyaksikan pemandangan matahari terbit (sunset) pada dini hari.

#14. Suaka Margasatwa Rimbang Baling

Tempat Wisata di Bangkinang
Suaka Margasatwa Rimbang Baling
Sesuai dengan namanya, Suaka Margasatwa Rimbang Baling adalah sebuah kawasan suaka margasatwa (kawasan hutan yang mempunyai ciri khas keanekaragaman jenis satwa yang membutuhkan perlindungan khusus) di Riau.

Pesona alam yang ditawarkan oleh Suaka Margasatwa Rimbang Baling ini tidak kalah indah dengan beberapa objek wisata alam terkenal lainnya di Indonesia.

Sehingga tidak heran jika objek wisata yang berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Provinsi Riau dan sekitarnya.

#15. Stanum Bangkinang

Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Stanum Bangkinang. Stanum Bangkinang adalah sebuah taman rekreasi yang cukup dikenal di Kabupaten Kampar.

Taman ini mempunyai beberapa fasilitas yang cukup menarik, mulai dari tempat bermain skate board, kolam renang, taman bunga, restoran, gedung pertemuan, hingga penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Disamping itu, tempat wisata yang berada di  Desa Langgini, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau ini merupakan salah satu tempat wisata legend di Kabupaten Kampar, karena sudah ada sejak tahun 90-an.

#16. Air Terjun Panisan

Tempat Wisata di Bangkinang
Air Terjun Panisan
Selain Air Terjun Batang Kapas, ada satu lagi objek wisata air terjun di Kabupaten Kampar yang juga menarik dikunjungi yaitu Air Terjun Panisan. Lokasinya berada di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Salah satu keunikan dari air terjun ini yaitu mempunyai tiga tingkatan. Dimana, tingkat pertamanya setinggi kurang lebih 30 meter, untuk tingkat keduanya setinggi kurang lebih 25 meter, dan tingkat ketiganya memiliki tinggi sekitar 7 meter.

#17. Kolam Eceng Gondok

Jika kamu ingin menyaksikan padang bunga yang indah, berkunjung saja ke Taman Bunga Encek Gondok di Jalan Raya Pekanbaru - Bangkinang, Desa Rimba Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Bunga Eceng Gondok yang tumbuh di tempat ini diakibatkan oleh lembabnya bekas lahan tambang yang kemudian dijadikan taman. Sekilas, bunga Eceng Gondok yang berwarna ungu keputihan ini mirip seperti Taman Bunga Keukenhoff di Belanda.

#18. Masjid Jami' Air Tiris

Kabupaten Kampar di Riau juga mempunyai sebuah tempat wisata religi sekaligus tempat wisata sejarah, yaitu sebuah masjid yang berada di Desa Air Tiris, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Dimana diketahui, Masjid Jami' Air Tiris adalah salah satu masjid tertua di Sumatera yang dibangun pada tahun 1901 masehi, dan sudah ditetapkan sebagai salah satu benda cagar budaya pada tahun 2004 silam.

#19. Museum Kandil Kemilau Emas

Tempat Wisata di Bangkinang
Museum Kandil Kemilau Emas
Museum Kandil Kemilau Emas merupakan rumah berbentuk adat lima kota kampar yang dibangun pada tahun 1900 masehi oleh Haji Hamid, dan pada tanggal 22 mei 1988 silam diresmikan sebagai museum.

Museum yang berada di Desa Wisata Pulau Belimbing, Kecamatan Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar, Riau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengetahui kebudayaan Kabupaten Kampar.

Pasalnya, disamping mempunyai bentuk dan desain yang unik, di Museum Kandil Kemilau Emas ini juga tersimpan ratusan jenis barang antik dan benda pusaka yang merupakan koleksi warisan turun temurun.

#20. Taman Wisata Agro Nadiin

Tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang juga menarik dikunjungi terakhir yaitu Taman Wisata Agro Nadiin. Lokasinya berada di Desa Kuapan, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Taman Wisata Agro Nadiin ini mempunyai beberapa objek wisata kekinian yang banyak digandrungi wisatawan, khususnya wisatawan muda seperti rumah terbalik, rumah kurcaci, rumah pohon, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Bangkinang (Kampar - Riau) yang menarik dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Baca juga 20+ Tempat Wisata di Lampung Yang Kekinian dan Hits!!.