Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Bangunan Terkenal di Myanmar Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!

Beberapa bangunan terkenal di Myanmar berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti yang diketahui bersama, Myanmar merupakan salah satu negara di Asia Tenggara.

Negara yang dikenal dengan nama " Burma " di masa lalu ini mempunyai segudang tempat wisata yang pasti menarik untuk dikunjungi para wisatawan, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata sejarah.

Untuk tempat wisata sejarah di Myanmar banyak didominasi oleh bangunan-bangunan seperti kuil, candi, pagoda, dan istana. Lantas, apa saja bangunan terkenal di Myanmar yang direkomendasikan untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

10+ Bangunan Terkenal di Myanmar Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi

#1. Pagoda Shwedagon

Bangunan Terkenal di Myanmar
Pagoda Shwedagon
Bangunan terkenal di Myanmar yang direkomendasikan untuk dikunjungi pertama yaitu Pagoda Shwedagon. Pagoda Shwedagon adalah salah satu bangunan termegah di Myanmar karena pagoda ini dilapisi emas.

Berdasarkan cerita legendanya, Pagoda yang berada di Kota Yangon, atau lebih tepatnya di Puncak Singuttara ini sudah ada sejak 2.600 tahun yang lalu, sehingga pagoda dianggap sebagai pagoda tertua di Myanmar.

Akan tetapi, berdasarkan sejarahnya, pagoda yang dikelilingi oleh banyak stupa khas Myanmar ini dibangun oleh etnis mon antara abad ke-6 hingga abad ke-10. 

BACA JUGA: 10+ Kota Wisata di Thailand Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!!

#2. Pagoda Kyaiktiyo

Bangunan Terkenal di Myanmar
Pagoda Kyaiktiyo
Daftar bangunan terkenal di Myanmar yang direkomendasikan untuk dikunjungi berikutnya yaitu Pagoda Kyaiktiyo. Pagoda Kyaiktiyo adalah sebuah situs perjalanan suci umat budha di Negara Myanmar.

Di tempat ini terdapat sebuah pagoda kecil yang berdiri kokoh diatas sebuah batu granit yang dilapisi oleh kertas emas. Batu berlapiskan kertas emas dan pagoda tersebut seolah-olah melawan hukum gravitasi bumi.

Berdasarkan cerita legendanya, batu berlapiskan kertas emas dan pagoda yang berada di Puncak Gunung Kyaiktiyo ini bisa berdiri kokoh melawan hukum gravitasi bumi karena beralaskan rambut budha.

#3. Candi Mingun

Candi Mingun adalah candi terbesar di Myanmar. Hanya saja, candi yang menyimpan gigi budha ini belum selesai dibangun karena sebuah ramalan yang memyebutkan akan terjadi sebuah malapetaka setelah candi ini selesai dibangun.

Berdasarkan ceritanya, Candi Mingun dibangun karena Raja Bodawpaya berhasil mendapatkan gigi budha, dan memerintahkan untuk membangun sebuah candi yang besar untuk menyimpan gigi budha tersebut.

Hanya saja, ada sebuah ramalan yang menyebutkan bahwa kerajaannya akan runtuh ketika candi tersebut selesai dibangun. Oleh karena itulah, proyek pembanguan Candi Mingun ini dihentikan.

#4. Pagoda Kakakku

Myanmar terkenal dengan julukan " Negeri Seribu Pagoda ", karena negara ini mempunyai banyak sekali bangunan berupa pagoda-pagoda yang sangat indah seperti Pagoda Shwedagon, dan Pagoda Kyaiktiyo.

Selain Pagoda Shwedagon, dan Pagoda Kyaiktiyo, ada satu lagi bangunan pagoda di Myanmar yang juga sangat indah, yaitu Pagoda Kakakku. Bedanya, Pagoda Kakakku masih sepi pengunjung, sehingga lebih tenang.

#5. Istana Mandalay

Bangunan Terkenal di Myanmar
Istana Mandalay
Istana Mandalay merupakan sebuah bangunan peninggalan kerajaan burma dari dinasti terakhir yakni dinasti konbaung sebelum seluruh wilayah Myanmar jatuh ke tangan Negara Inggris pada tahun 1885 masehi.

Bangunan istana yang ada sekarang merupakan hasil rekonstruksi dari bangunan aslinya, karena berdasarkan catatan sejarahnya, istana ini pernah terbakar pada masa pendudukan Negara Inggris di Myanmar.

#6. Candi Ananda

Berdasarkan catatan sejarah, Candi Ananda dibangun pada tahun 1105 masehi pada pemerintahan Raja Kyanzittha dari Dinasti Pagan. Sedangkan nama " Candi Ananda " tersendiri terinsipirasi dari nama sepupu tertua budha yaitu Yang Ariya Ananda.

Candi Ananda ini tidak hanya mempunyai gaya arsitektur yang megah perpaduan antara arsitektur khas Myanmar dan arsitektur khas India, tapi juga memiliki puncak pagoda berupa stupa yang berlapiskan emas.

#7. Pagoda Kuthodaw

Bangunan Terkenal di Myanmar
Pagoda Kuthodaw
Daftar bangunan terkenal di Myanmar yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pagoda Kuthodaw. Pagoda Kuthodaw adalah sebuah stupa budha di Kaki Gunung Mandalay.

Berdasarkan catatan sejarah, bangunan kuno ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Mindon yang berkuasa antara tahun 1853 hingga tahun 1878 masehi.

Disamping mempunyai gaya arsitektur yang sangat megah, di Pagoda Kuthodaw ini juga terdapat kisah-kisah dari kitab Tripitaka yang tersirat dibagian dinding stupa kecilnya yang berjumlah total 729 buah.

#8. Reruntuhan Mrauk U

Reruntuhan Mrauk U merupakan sebuah situs beradaban kuno bekas Kerajaan Rakhine di Myanmar yang menawarkan sebuah pemandangan eksotis yang pasti bisa memukau siapa saja yang melihatnya langsung.

Para wisatawan bisa melihat hamparan kurang lebih 700 bangunan berupa kuil dan pagoda yang berdiri harmonis dengan alam disekitarnya, dan para penduduk setempat yang tinggal di sekitar Reruntuhan Mrauk U ini.

Berdasarkan ceritanya, dulunya terdapat kurang lebih 6.000 bangunan berupa kuil dan pagoda di tempat ini. Namun karena kejatuhan Kerajaan Rakhine dan kondisi alam, membuat bangunan-bangunan di tempat ini tidak terawat lagi. 

#9. Pagoda Hsinbyume

Bangunan Terkenal di Myanmar
Pagoda Hsinbyume
Pagoda Shwedagon, Pagoda Kyaiktiyo, Pagoda Kakakku, dan Pagoda Kuthodaw, ada satu lagi bangunan berupa pagoda di Myanmar yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu Pagoda Hsinbyume.

Berdasarkan catatan sejarah, Pagoda Hsinbyume dibangun pada tahun 1816 masehi dan didedikasikan khusus untuk mengenang seorang permaisuri bernama Putri Hsinbyume yang meninggal ketika melahirkan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Pagoda Hsinbyume adalah sebuah bentuk cinta atau lambang cinta yang dibuat oleh seorang raja untuk permaisurinya.

#10. Atumashi Monastery

Bangunan Terkenal di Myanmar
Atumashi Monastery
Bangunan terkenal di Myanmar yang direkomendasikan untuk dikunjungi terakhir yaitu Atumashi Monastery. Atumashi Monastery adalah sebuah biara budha yang dibangun pada tahun 1857 masehi oleh Raja Mindon.

Uniknya, bangunan utamanya dibangun dengan mengunakan kayu jati yang dilapisi dengan plester dibagian luarnya. Disamping itu, bentuk atapnya juga cukup unik dengan hiasan ornamen-ornamen khas budha.

Sayangnya, biara budha ini pernah terbakar pada tahun 1890 beserta dengan seluruh peninggalan di dalamnya. Pada tahun 1996 masehi barulah bangunan kuno ini berhasil direkonstruksi ulang.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar bangunan terkenal di Myanmar yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 10+ Tempat Wisata di Phnom Penh (Kamboja) Yang Bagus Dikunjungi!!.