Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Sungai Terdalam di Dunia Yang Wajib Diketahui!!

Daftar sungai terdalam di dunia berikut ini sangat wajib dan sangat harus untuk diketahui oleh siapapun di dunia ini. Pasalnya, sungai merupakan salah satu unsur paling penting yang ada di dunia ini.

Karena sungai memiliki peranan yang sangat penting bagi makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan disekitar sungai tersebut. Selain itu, setiap sungai juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, selain memiliki bentuk yang panjang dan berliku-liku, sungai juga ada yang memiliki kedalaman yang " cukup " dalam. Lantas, apa saja sungai terdalam di dunia tersebut? Berikut ulasannya.

10+ Sungai Terdalam di Dunia Yang Wajib Diketahui

#1. Sungai Kongo di Republik Demokratik Kongo - 250 Meter

Sungai Terdalam di Dunia
Sungai Kongo
Daftar sungai terdalam di dunia yang wajib untuk diketahui pertama yaitu Sungai Kongo. Sungai yang lokasinya berada di Republik Demokratik Kongo ini diketahui mempunyai kedalaman kurang lebih 250 meter.

Selain itu, sungai yang dulunya bernama " Sungai Zaire " ini termasuk salah satu sungai terpanjang di dunia. Dimana diketahui, sungai yang bermuara di Samudera Atlantik ini memiliki panjang sekitar 4.700 kilometer.

BACA JUGA: 14+ Danau Terdalam di Dunia (Dua Diantaranya Ada di Indonesia)

#2. Sungai Yangtze di China - 200 Meter

Sungai Terdalam di Dunia
Sungai Yangtze
Daftar sungai terdalam di dunia yang wajib untuk diketahui berikutnya yaitu Sungai Yangtze dengan kedalaman sekitar 200 meter. Disamping itu, sungai ini juga tercatat sebagai sungai terpanjang di benua china dan asia.

Lebih menariknya lagi, Sungai Yangtze sangat dijaga kelestariannya oleh pemerintah China. Pasalnya, sungai ini diperdayakan sebagai pusat pariwisata, pembangkit listrik, perlindungan banjir, dan konservasi air.

#3. Sungai Danube di Eropa - 178 Meter

Sungai Danube merupakan sungai terpanjang ke-2 di benua eropa setelah Sungai Volga. Dimana, sungai ini tercatat mempunyai panjang sekitar 2.860 kilometer dengan kedalaman kurang lebih 178 meter.

Lebih uniknya lagi, sungai yang bermuara di laut hitam ini melewati 10 negara sekaligus, yakni Rumania, Hungaria, Serbia, Austria, Jerman, Bulgaria, Slowakia, Kroasia, Ukraina, dan Moldova.

#4. Sungai Zambezi di Afrika - 116 Meter

Sungai yang mengalir di 4 negara yaitu negara Zambia, Angola, Zimbabwe dan Mozambik ini merupakan sungai terpanjang keempat di benua afrika dengan kedalaman mencapai kurang lebih 116 meter.

Lebih menariknya lagi, salah satu air terjun paling terkenal di dunia, yaitu Air Terjun Victoria berada di sungai ini. Bukan hanya itu saja, Sungai Zambezi juga merupakan rumah bagi beragam jenis hewan khas afrika.

#5. Sungai Mekong di Asia Tenggara - 100 Meter

Sungai Terdalam di Dunia
Sungai Mekong
Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, sekaligus sungai terpanjang ke-7 di benua asia, serta sungai terpanjang di asia tenggara. Dimana diketahui, sungai ini memiliki panjang kurang lebih 4.350 kilometer.

Disamping itu, sungai yang diketahui mempunyai kedalam kurang lebih 100 meter ini mengalir di lima negara sekaligus yakni negara Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Provinsi Yunnan (China).

#6. Sungai Amazon di Amerika Selatan - 91 Meter

Sungai Terdalam di Dunia
Sungai Amazon
Sungai Amazon di Amerika Selatan ini adalah sungai terpanjang ke-2 di dunia setelah Sungai Nil di benua afrika. Dimana diketahui, Sungai Amazon diketahui memiliki panjang kurang lebih 6.575 kilometer.

Disamping itu, sungai yang melewati hutan amazon diketahui bersumber dari Pegunungan Andes di Peru, terus mengalir ke Brasil, dan bermuara di Samudera Atlantik dengan kedalaman kurang lebih 91 meter.

#7. Sungai Kuning di China - 80 Meter

Selain Sungai Yangtze, ada satu lagi daftar sungai terdalam di dunia yang berada di negara china, yaitu Sungai Kuning. Dimana diketahui, sungai yang dikenal juga dengan nama " Huang He " ini memiliki kedalam sekitar 80 meter.

Bukan hanya itu saja, sungai yang disebut-sebut sebagai " tempat lahirnya peradaban china " ini juga merupakan sungai terpanjang ke-6 di dunia. Dimana diketahui, sungai ini memiliki panjang sekitar 5.464 kilometer.

#8. Sungai Hudson di Amerika Serikat - 66 Meter

Sungai Terdalam di Dunia
Sungai Hudson
Sungai Hudson adalah sebuah sungai di negara Amerika Serikat. Dimana diketahui, sungai yang bersumber dari Danau Henderson ini mempunyai panjang sekitar 507 kilometer dan kedalaman sekitar 66 meter.

Perlu diketahui juga, nama sungai yang membentuk batas antara wilayah Kota New York dengan New Jersey di Amerika Serikat ini diambil dari nama " Henry Hudson " yaitu seorang yang pernah menjelajahi sungai ini pada tahun 1609 silam.

#9. Sungai Saint Lawrence di Amerika Utara - 65 Meter

Sungai Saint Lawrence adalah salah satu sungai utama di Amerika Utara, khususnya bagi Provinsi Quebec dan Provinsi Ontario di Kanada, dan sebagian wilayah Kota New York di Amerika Serikat.

Dimana diketahui, sungai yang menjadi batas internasional antara negara Kanada dan negara Amerika Serikat ini mempunyai panjang kurang lebih 1.197 kilomenter dengan kedalaman kurang lebih 65 meter.

#10. Sungai Mississippi di Amerika Serikat - 62 Meter

Sungai Terdalam di Dunia
Sungai Mississippi
Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang ke-4 di dunia, sekaligus sungai terpanjang ke-2 di Amerika Serikat setelah Sungai Missouri. Dimana diketahui, sungai ini mempunyai panjang sekitar 3.778 kilometer.

Disamping itu, sungai yang berada di 31 negara bagian di Amerika Serikat, dan 2 provinsi di Kanada ini memiliki kedalaman kurang lebih 62 meter dengan kecepatan aliran air rata-rata 3 mil/jam.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar sungai terdalam di dunia yang sangat wajib dan sangat harus diketahui oleh siapapun di dunia ini. Semoga artikel dari blog ini bisa memberikan mamfaat dan baca juga daftar sungai terpanjang di Benua Amerika.