Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10+ Sungai Terpanjang di Myanmar (Mulai Dari Sungai Mekong Hingga Sungai Moei)

Sungai terpanjang di Myanmar berikut ini sangat wajib diketahui, khususnya bagian kalian yang ada rencana pergi berkunjung ke negara ini. Seperti diketahui, kondisi geografis negara Myanmar itu hampir mirip dengan kondisi geografis negara Indonesia. 

Dimana, negara Myanmar dan negara Indonesia sama-sama mempunyai banyak sekali sungai-sungai. Bahkan, Sungai Mekong di Myanmar masuk sebagai sungai terpanjang di asia tenggara. 

Disamping itu, sungai mekong di Myanmar juga termasuk sungai terpanjang ketiga di benua asia. Lantas, apa saja sungai terpanjang di Myanmar tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

10+ Sungai Terpanjang di Myanmar (Mulai Dari Sungai Mekong Hingga Sungai Moei)

#1. Sungai Mekong (4.350 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Myanmar
Sungai Mekong
Sungai terpanjang di Myanmar yang pertama yaitu Sungai Mekong dengan panjang kurang lebih 4.350 kilometer. Disamping itu, Sungai Mekong juga dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Sungai yang menjadi habitat bagi beberapa jenis ikan raksasa seperti Catfish Mekong Raksasa ini melewati beberapa negara asia sekaligus, yaitu China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

Sungai Mekong bersumber dari Gunung Jifu di Zaduo (Tibet), mengalir ke daerah Yunan (China), kemudian mengalir ke Negara Myanmar, Thailand, Loas, Kamboja, hingga sampai ke Negara Vietnam.

BACA JUGA: 10+ Bangunan Terkenal di Myanmar Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!

#2. Sungai Salween (2.815 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Myanmar
Sungai Salween
Sungai terpanjang di Myanmar berikutnya yaitu Sungai Salween, atau kadang disebut juga dengan nama " Sungai Thanlwin ". Sungai Salween (Sungai Thanlwin) memiliki panjang sekitar 2.815 kilometer.

Sungai yang mengalir di tiga negara sekaligus, yaitu China, Myanmar, dan Thailand, ini merupakan salah satu tempat mata pencaharian bagian 6 juta orang, yang hidup dan tinggal di pinggiran sungai tersebut.

Bukan hanya itu saja, sungai yang bersumber dari kawasan Plato (Tibet) ini juga merupakan rumah (habitat asli) bagi sekitar 7.000 tanaman hidup, 143 jenis ikan, 92 jenis ampibi, dan 15 jenis kura-kura.

#3. Sungai Irrawaddy (2.210 Kilometer)

Sungai Irrawaddy adalah salah satu sungai terpenting di Myanmar. Pasalnya, sungai yang mempunyai nama asli " Sungai Ayeyarwady " ini merupakan salah satu jalur perdagangan utama bagi Negara Myanmar.

Disamping itu, Sungai Irrawaddy juga dimamfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan lain sebagainya oleh masyarakat yang hidup dan tinggal di pinggiran sungai tersebut.

Bukan hanya itu saja, sungai ini juga dijadikan sebagai salah satu jalur transportasi air di Myanmar, sumber irigasi untuk sawah penduduk disekitar pinggiran sungai, dan sumber pariwisata yang baik bagi negara Myanmar.

#4. Sungai Chindwin (1.207 km)

Sungai Chindwin atau oleh penduduk setempat lebih sering disebut dengan nama " Sungai Ning-Thi " adalah salah satu anak sungai di Sungai Irrawaddy. Sungai Chindwin (Sungai Ning-Thi) memiliki panjang sekitar 1.207 kilometer.

Sungai Chindwin atau Sungai Ning-Thi bersumber di Lembah Hukawng di Kachin, yaitu salah satu negara bagian Myanmar, yang berbatasan langsung dengan negara China bagian utara.

Kawasan Kachin ini memang dikenal sebagai salah satu tempat bertemunya beberapa anak sungai seperti Sungai Tawan, Sungai Taron (Sungai Turong/Sungai Towang), Sungai Tabye, Sungai Tanai, dan lainnya.

#5. Sungai Shweli (610 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Myanmar
Sungai Shweli
Kurang lebih sama dengan Sungai Chindwin atau Sungai Ning-Thi, Sungai Shweli juga merupakan salah satu anak sungai di Sungai Irrawaddy. Sungai Shweli ini memiliki panjang kurang lebih 610 kilometer.

Sungai Shweli, atau dikenal juga dengan nama " Sungai Nam Mao " ini bersumber di Pegunungan Shan (perbatasan antara Myanmar dengan Provinsi Yunan di China), dan bermuara di Sungai Irrawaddy.

#6. Sungai N'Mai (480 Kilometer)

Kurang lebih sama dengan Sungai Chindwin (Sungai Ning-Thi), dan Sungai Shweli (Sungai Nam Mao), Sungai N'Mai ini juga merupakan salah satu anak sungai yang juga bermuara di Sungai Irrawaddy.

Sungai N'Mai atau dikenal juga dengan nama " Sungai N'Mai Hka " adalah salah satu sungai yang lokasinya berada di Myanmar Utara. Sungai N'Mai (Sungai N'Mai Hka ) ini memiliki panjang kurang lebih 480 kilometer.

#7. Sungai Kaladan (450 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Myanmar
Sungai Kaladan
Sungai terpanjang di Myanmar selanjutnya yaitu Sungai Kaladan. Sungai yang memiliki panjang kurang lebih 450 kilometer ini berada di tiga negara sekaligus, yaitu India (Mizoram), China, dan Myanmar (Rakhine).

Sungai Kaladan atau kalau di India disebut dengan nama " Sungai Chhimtuipui " ini bersumber dari Zinghmuh, yaitu salah satu pegunungan di Myanmar, dan bermuara di Teluk Benggala dikawasan India.

#8. Sungai Sittaung (420 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Myanmar
Sungai Sittaung
Sungai Sittaung adalah sebuah sungai yang terpusat di Bago, yaitu salah satu negara bagian Myanmar, yang lokasinya berada di selatan Myanmar. Panjang sungai ini mencapai kurang lebih 420 kilometer.

Sungai Sittaung ini bersumber di Pegunungan Shan (di tenggara Kota Mandalay), dan bermuara di daerah selatan Myanmar atau lebih tepatnya bermuara di Teluk Martaban atau Teluk Mottama (Laut Andaman).

#9. Sungai Ruak (327 Kilometer)

Sungai Ruak adalah salah satu anak sungai di Sungai Mekong dengan panjang kurang lebih 327 kilometer. Sungai ini bersumber di perbatasan antara Negara Thailand, dan Myanmar tepat diseberang Laos.

Kawasan yang menjadi tempat sumber sungai ini dulunya lebih dikenal dengan nama " Segitiga Emas ", yaitu salah satu bekas jalur perdagangan opi*m, yang sekarang menjadi sebuah kawasan wisata populer.

#10. Sungai Moei (327 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Myanmar
Sungai Moei
Sungai terpanjang di Myanmar yang terakhir yaitu Sungai Moei. Sungai Moei merupakan salah satu anak sungai di Sungai Salween (Sungai Thanlwin) dengan panjang kurang lebih 327 kilometer.

Sungai yang mengalir dari utara ke arah barat laut ini bersumber dari Thanon Thong Chai Range, yaitu salah satu pegunungan di utara negara Thailand, dan bermuara di Sungai Sungai Salween (Sungai Thanlwin).

Akhir Kata

Nah, itulah daftar lengkap 10 sungai terpanjang di Myanmar, mulai dari Sungai Mekong hingga Sungai Moei. Baca juga 10+ Kota Wisata di Thailand Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!!.