Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Tempat Wisata di Metro (Lampung) Yang Menarik Untuk Dikunjungi!!

Sejumlah tempat wisata di Metro (Lampung) berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu kalian ketahui, Metro adalah kota terbesar kedua setelah Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung.

Kota yang berjarak kurang lebih 52 kilometer dari Kota Bandar Lampung ini memang diketahui tidak mempunyai tempat wisata alam yang menarik dikunjungi seperti kota-kota besar pada umumnya di Indonesia.

Walaupun begitu, Kota Metro masih mempunyai sejumlah tempat wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Metro (Lampung) yang menarik untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Metro (Lampung) Yang Menarik Untuk Dikunjungi

#1. Dam Raman

Tempat Wisata di Metro
Dam Raman
Tempat wisata di Metro (Lampung) yang menarik untuk dikunjungi pertama yaitu Dam Raman. Lokasinya di Jalan Dam Raman No.1, Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Lampung.

Dam Raman merupakan salah satu bendungan kuno di Provinsi Lampung. Dimana, berdasar informasi yang beredar dikatakan bahwa bendungan ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan kolonial belanda.

Awalnya, fungsi utama bendungan ini adalah sebagai sumber irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, Bendungan Dam Raman pun dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata yang dikelola oleh pemerintah Kota Metro.

#2. Jembatan Gantung 28

Tempat Wisata di Metro
Jembatan Gantung 28
Tempat wisata di Metro (Lampung) yang menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Jembatan Gantung 28. Jembatan Gantung 28 adalah sebuah jembatan klasik yang terkenal dengan spot fotonya yang menarik.

Lebih menariknya lagi, jembatan yang berada di Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Lampung ini bisa dinikmati secara gratis, karena jembatan ini tidak kelola sebagai tempat wisata.

#3. Jembatan Gantung Pelita

Selain Jembatan Gantung 28, ada satu lagi tempat wisata berupa jembatan yang menarik untuk dikunjungi di Kota Metro, yakni Jembatan Gantung Pelita. Lokasinya berada di Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Lampung.

Berdasarkan informasi yang beredar dikalangan masyarakat, dulunya jembatan ini difungsikan sebagai jalur akses utama yang menghubungkan dua wilayah di Kota Metro, yaitu Metro Selatan dan Metro Kibang.

Namun sekarang, jembatan ini tidak lagi digunakan sebagai jalur akses utama setelah dibangun jembatan yang lebih besar. Walaupun begitu, jembatan ini masih dirawat, sehingga kesan klasiknya masih terjaga dengan baik.

#4. Goa Macan Putih

Pada tahun 90-an, Goa Macan Putih sempat dikelola sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Metro, namun pada tahun 2000-an pengelolaannya tiba-tiba terhenti. Dan sekarang, goa ini dibiarkan tidak terawat.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya berkunjungi ke goa ini untuk belajar sejarah. Pasalnya, goa ini pernah dijadikan sebagai salah satu tempat persembunyian para pejuang lokal ketika melawan penjajahan belanda.

#5. Sawah Bertingkat

Tempat Wisata di Metro
Sawah Bertingkat
Walaupun Kota Metro di Provinsi Lampung dikenal sebagai kota terbesar kedua setelah Kota Bandar Lampung, namun kota yang memiliki moto " Bumi Sai Wawai " ini juga mempunyai sebuah area persawahan yang cukup luas.

Uniknya lagi, area persawahan tersebut disusun secara rapi dan bertingkat-tingkat mengikuti kontur kemiringan tanahnya. Area persawahan ini sangat mirip dengan sawah terasering yang terkenal di Ubud (Bali).

Jika kamu penasaran seperti apa pesona area persawahan yang bertingkat-tingkat ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Kelurahan Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Lampung.

#6. Taman Metro Indah

Tempat Wisata di Metro
Tempat wisata di Metro
Tempat wisata di Metro (Lampung) yang juga menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Taman Metro Indah. Taman Metro Indah adalah sebuah taman bermain dengan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik.

Mulai dari taman edukasi, flying fox, panjat dinding, hingga kolam renang dengan berbagai ukuran ada di taman bermain ini, sehingga taman bermain ini cocok dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

Jika kamu penasaran seperti apa taman bermain yang disebut sebagai Taman Mini Indonesia Indah versi Kota Metro ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Imam Bonjol No.8, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Lampung.

#7. Taman Merdeka

Tempat Wisata di Metro
Taman Merdeka
Taman Merdeka adalah salah satu tempat bersantai di pusat Kota Metro. Disamping itu, di taman ini juga banyak terdapat para penjual makanan dan minuman, serta permainan-permainan yang disewakan.

Sehingga tidak terlalu mengherankan apabila taman yang berada di Jalan AH Nasution, Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Lampung ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

#8. Masjid Taqwa Metro

Tidak begitu jauh dari Taman Merdeka, terdapat sebuah masijd megah yang juga menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya para wisatawan yang beragama islam yakni Masjid Taqwa Metro.

Masjid Taqwa Metro adalah masjid terbesar di Kota Metro, dan sangat dibanggakan oleh masyarakat Kota Metro dan sekitarnya. Pasalnya, masjid ini bisa memberikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjungnya.

#9. Sungai Mesuji Wiralaga

Sebenarnya, tidak ada hal yang unik atau istimewa dari Sungai Mesuji Wiralaga ini. Hanya saja, Sungai Mesuji Wiralaga ini akan terlihat lebih indah dan cantik ketika senja, dimana matahari perlahan mulai tenggelam.

Nah, bagi para pecinta alam di Kota Metro dan sekitarnya yang ingin menikmati suasana matahari tenggelam (sunset), maka Sungai Mesuji Wiralaga adalah salah satu tempat yang bagus untuk kamu jelajahi.

#10. Waterboom Palem Indah

Waterboom Palem Indah merupakan sebuah taman bermain yang menawarkan berbagai wahana air dengan ukuran dan kedalaman kolam yang bervariasi, sehingga cocok dikunjungi hampir semua kalangan.

Disamping itu, tempat wisata yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Ganjar Agung, Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Lampung ini juga terdapat panggung untuk live musik.

#11. Taman Bunga Sakura

Tempat Wisata di Metro
Taman Bunga Sakura
Tempat wisata di Metro (Lampung) yang juga sangat menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Taman Bunga Sakura. Taman Bunga Sakura adalah sebuah taman buatan yang dilengkapi dengan hiasan pohon bunga sakura.

Disamping itu, taman buatan yang berada di Kelurahan Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Lampung ini juga memiliki sebuah jembatan, rumah unik, dan beberapa spot untuk berswafoto atau berfoto selfie.

#12. Samber Park

Tempat Wisata di Metro
Samber Park
Samber Park adalah sebuah lapangan luas yang dijadikan sebagai taman. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menyelenggarakan konser atau live musik di Kota Metro.

Tercatat sudah ada beberapa band papan atas yang pernah menyelenggarakan konser musik di tempat ini seperti Wali, Ungu, Gaisha, D’Masiv, Noah, dan band papan atas lainnya.

Bukan hanya itu saja, disekitar tempat ini juga banyak terdapat para pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai jenis makanan dengan harga yang terjangkau, sehingga tidak heran jika tempat ini selalu ramai dkunjungi.

#13. Taman Palem Indah

Tempat Wisata di Metro
Taman Palem Indah
Selain Taman Metro Indah, dan Waterboom Palem Indah, ada satu lagi taman bermain di Kota Metro dan sekitarnya yang menawarkan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik, yaitu Taman Palem Indah.

Mulai dari kolam renang, beberapa jenis permainan anak, hingga ruang metting ada di taman yang lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Lampung.

#14. Rezeki Jaya Organik

Rezeki Jaya Organik merupakan salah satu agrowisata yaitu aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian di Kota Metro, yang menawarkan buah naga sebagai objek wisata utamanya.

Menariknya, buah naga di tempat wisata yang berada di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Lampung ini ditanam secara organik alias tanpa mengunakan bahan kimia.

#15. Kebun Jeruk Metro

Tempat wisata di Metro (Lampung) yang menarik untuk dikunjungi terakhir yaitu Kebun Jeruk Metro. Kebun Jeruk Metro adalah sebuah kawasan agrowisata yang kelola oleh seorang petani bernama Suhendar.

Lokasi Kebun Jeruk Metro ini berada persis di perbatasan antara Kota Metro dengan Kabupaten Lampung Timur, atau lebih tepatnya lagi di  Desa Margo Toto, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Menariknya, para wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk memasuki area perkebunan jeruk ini. Hanya saja, jika para wisatawan ingin memetik dan membawa pulang buah jeruk harus membayar antara Rp 10.000 - Rp 15.000/kg.

Akhir Kata

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Metro (Lampung) yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 19+ Tempat Wisata di Bandar Lampung Yang Lagi Hits Untuk Dikunjungi!!.