Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Bangunan Terkenal di Laos Yang Sering Dikunjungi Wisatawan!!

Bangunan terkenal di Laos berikut ini sangat wajib untuk diketahui karena bangunan-bangunan ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti diketahui, Laos merupakan sebuah negara di Asia Tenggara.

Walaupun tidak mempunyai pantai, namun negara yang beribukota di Kota Vientiane ini cukup banyak memiliki tempat wisata alam seperti Taman Nasional  Vientiane, Kuang Si Falls, Mount Phousi, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, negara yang dijuluki " The Land Locked Country " ini juga memiliki segudang bangunan megah yang sering dikunjungi wisatawan. Lantas, apa saja bangunan terkenal di Laos yang sering dikunjungi wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Bangunan Terkenal di Laos Yang Sering Dikunjungi Wisatawan

#1. Pha That Luang

Bangunan Terkenal di Laos
Pha That Luang
Bangunan terkenal di Laos yang sering dikunjungi oleh wisatawan pertama yaitu Pha That Luang. Pha That Luang adalah sebuah kuil budha di Laos yang mempunyai stupa berlapiskan 500 kilogram emas murni.

Stupa-stupa berlapiskan emas yang mengelilingi bangunan ini mirip sekali seperti stupa-stupa yang ada di Candi Borobudur, yaitu salah satu candi budha terbesar yang ada di Indonesia.

Sebenarnya, bangunan suci umat budha yang menjadi salah satu simbol negara Laos ini terdiri dari beberapa komplek kuil dan pagoda. Hanya saja, sebagian kecil saja yang bisa dijelajahi oleh para wisatawan.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Ho Chi Minh City (Vietnam) Yang Wajib Dikunjungi!!

#2. Wat Xieng Thong

Bangunan Terkenal di Laos
Wat Xieng Thong
Bangunan terkenal di Laos yang sering dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Wat Xieng Thong. Wat Xieng Thong adalah sebuah candi budha kuno sekaligus tempat suci paling penting di Laos.

Uniknya, candi yang diketahui dibangun pada tahun 1559 masehi ini sangat berbeda dengan candi-candi yang banyak ditemukan di Indonesia. Pasalnya, bangunan candi ini lebih mirip dengan bangunan kuil.

Dan sekarang, candi yang dibangun oleh Raja Setthatirath di Semenanjung Luang Prabang ini sudah dijadikan sebagai salah satu monumen, simbol keagamaan, dan simbol kesenian tradisional di Laos. 

#3. Buddha Park

Buddha Park atau di Laos lebih dikenal dengan nama " Wat Xieng Khuan " adalah sebuah kawasan yang wajib dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata oleh para wisatawan di Kota Vientiane (ibukota Negara Laos).

Pasalnya, di kawasan ini terdapat kurang lebih 200 patung budha dan hindu dengan ornamen khas abad ke-17 dan abad ke-18 seperti patung budha tidur (sleepng budha) dengan tinggi kurang lebih 50 meter.

Atau patung Giant Pumkin dengan ukiran-ukiran yang menggambarkan neraka, bumi, dan surga sebagai salah satu bagian dari alam semesta, dan masih banyak patung-patung budha dan hindu lainnya.

#4. Wat Si Saket

Wat Si Saket merupakan salah satu candi megah di Laos, yang diprediksi dibangun pada tahun 1818 masehi. Konon kabarnya, pembangunan candi ini diperintahkan langsung oleh Raja Anouvong (Setthatirath V).

Para wisatawan akan menemukan 7.000 patung budha yang berdiri tepat di depan Wat Si Saket ini. Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga akan menemukan sebuah museum di dalam kawasan candi ini

#5. Haw Phra Kaew

Bangunan Terkenal di Laos
Haw Phra Kaew
Haw Phra Kaew adalah sebuah bekas kuil yang dibangun pertama kali pada tahun 1565 masehi. Namun seiring berjalannya waktu, bangunan kuil ini sudah beberapa kali mengalami pembangunan kembali (pemugaran).

Dan sekarang, bangunan kuil yang berada tepat di pusat Kota Vientiane ini sudah dijadikan sebagai salah satu museum di Loas untuk menyimpan berbagai peninggalan keagamaan seperti patung, perunggu, dan lainnya.

#6. Vat Phou

Bangunan terkenal di Laos yang juga cukup sering dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Vat Phou atau dikenal juga dengan nama " Wat Phou ". Vat Phou (Wat Phou) adalah sebuah komplek candi.

Komplek candi yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-5 ini sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2001 silam yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Hanya saja, di dalam komplek candi yang berada di Gunung Pho Kao ini, para wisatawan tidak diperbolehkan bertingkah sembarangan. Pasalnya, komplek candi ini masih difungsikan sebagai tempat peribadahan.

#7. Patuxai

Bangunan Terkenal di Laos
Patuxai
Bangunan terkenal di Laos yang sering dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Patuxai atau dikenal juga dengan nama " Victory Gate (Gerbang Triumph) ". Patuxai (Victory Gate (Gerbang Triumph) adalah sebuah monumen perang.

Monumen yang dulunya bernama " Anosavari Monument " ini dibangun antara tahun 1957 hingga tahun 1968, dan didedikasikan untuk mereka yang berjuang dalam perjuangan kemerdekaan Laos dari jajahan Perancis.

Selain itu, monumen ini juga dijuluki sebagai " Arc de Triomphe dari Veiantiane " yang terinspirasi dari nama " Arc de Triomphe " di Prancis yang juga sama-sama sebagai monumen untuk memperingati kemerdekaan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa bangunan terkenal di Laos yang sering dijadikan tujuan wisata oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Baca juga 10+ Kota Wisata di Thailand Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!!.